vala afshar blog

17 Hal Penting Dalam Hidup yang Singkat ini

Ada banyak hal penting dalam hidup ini. Meskipun bagi sebagian orang prioritas kepentingan tersebut bisa berbeda-beda, tapi bisa digeneralisir ke-17 hal penting dalam hidup tersebut. Menurut Vala Afshar, salah seorang influencer di twitter, ada 17 hal penting dalam hidup yang singkat ini. Hal-hal tersebut merupakan standar moralitas yang paling dasar. Tidak peduli kamu dari berasal bangsa dan suku apa, semuanya akan sama.

1. Family first

Keluarga adalah hal paling penting dalam hidup. Dari kecil kita hidup dalam keluarga, entah itu keluarga kandung ataupun keluarga angkat. Kita bekerja, mencari uang, semuanya untuk keluarga. Bagi saya sendiri, keluarga adalah nomor satu. Tidak ada yang namanya kompromi.

Ketika kita sakit atau meninggal, perusahaan bisa dengan mudah mencari pengganti kita. Tapi yang namanya keluarga, merekalah yang pertama kali akan merasa kehilangan. Jadi utamakan keluarga di atas pekerjaan.

2. Show gratitude

Rasa terima kasih perlu ditunjukan kepada orang lain sebagai bentuk rasa penghargaan apa yang sudah ia berikan pada kita. Sekecil apa pun pemberian dari orang, perlu kita hargai. Kita anggap itu sederhana, namun itu sangat penting.

Kita tentu akan merasa bahagia apabila kita mendapatkan rasa terima kasih dari orang lain. Kita akan merasa bahwa hal yang kita lakukan diapresiasi olehnya.

3. Share happiness

Orang bilang kebahagiaan bisa menular. Hal penting inilah yang menjadi dasar untuk selalu berbagi kebahagiaan pada orang lain. Ceritakan hal indahmu pada orang terdekatmu. Orang yang kamu percayai. Tentu mereka akan senang mendengar ceritamu.

4. Be honest

Bersikap jujur, bukan hanya jujur terhadap orang lain namun juga jujur terhadap diri sendiri. Jujur kepada orang lain mungkin mudah, namun jujur terhadap diri sendiri akan sedikit lebih sulit. Sebagai contoh ketika orang lain meminta bantuan, kita mungkin akan merasa sungkan untuk menolak. Padahal di saat yang sama kita sedang disibukkan dengan urusan lain. Menolak adalah salah satu cara untuk bersikap jujur terhadap diri sendiri.

5. Good manners

Bersikap sopan santun mutlak dilakukan apalagi di jaman yang serba instan ini. Kita tentu sering meminta bantuan ini itu kepada orang lain. Sopan santun akan menjadi jembatan supaya orang lain tidak merasa tersinggung. Pikiran dan mood seseorang tidak bisa kita tebak, menjaga diri dengan bersikap sopan santun adalah langkah pertama supaya kita tetap bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Sikap sopan santun perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita. Jaman dahulu kita sering melihat anak kecil ketika berjalan di depan orang yang lebih tua atau orang yang lebih dihormati, ia akan membungkukan badan. Hal-hal kecil seperti ini perlu kita budayakan lagi, terutama di lingkungan perkotaan.

6. Choose kindness

Kebaikan adalah jalan supaya dunia ini bisa berjalan dengan damai. Jangan pernah sekali-kali berpikir untuk berbuat jahat sedikitpun. Jangan.

7. Share your story

Bagikan ceritamu supaya orang lain tahu apa yang sedang kamu tekuni. Bersikap terbukan akan membuat orang lain senang. Sebaliknya, bersikap tertutup akan membuat orang lain menjadi bertanya. Apakah si Joni baik-baik saja. Padahal dulu begini, mengapa sekarang jadi begitu.

8. Give without expecting a get

Memberi tanpa harus berharap kembali. Kalau berbuat baik ya sudah, tidak usah berharap orang lain membalas kebaikan kita. Bagai sang surya menyinari dunia.

9. Stay humble

Bersikap rendah hati akan membuat orang lain betah berada di dekat kita. Sebaliknya, apabila ada sedikit saja nilai kecongkakan dalam hati, sedikit akan terlihat dalam keseharian kita. Jaga

10. Dare to dream

Beranilah untuk bermimpi. Kalau mimpi itu kamu rasa penting untuk diwujudkan, maka ia memang layak untuk diperjuangkan.

11. Learn to learn

Belajar untuk belajar. Artinya kita harus selalu menempatkan diri sebagai seorang pembelajar. Meskipun kita sudah menjadi seorang boss, atau seorang guru sekalipun, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari bawahan atau murid kita. Seorang murid adalah guru bagi kita. Itu adalah kata mutiara.

12. Tip well

Memberikan tip ketika seseorang memberikan servis yang baik kepada kita. Di restoran, di pom bensin, bengkel, atau tempat-tempat lainnya. Berikan uang lebih untuk pelayanan mereka yang baik.

13. Know when to leave

Tahu kapan saatnya keluar. Keluar dalam hal ini ialah kita paham kapan harus maju dan kapan harus mundur untuk menarik diri. Entah itu dalam hal pekerjaan atau pergaulan. Karena semua hal memang tidak selamanya akan mulus.

14. Lift up others

Intinya adalah kita harus selalu menjunjung tinggi kebaikan orang lain. Jangan pernah mencari kesalahannya apalagi membuka aibnya di depan orang lain. Bicarakanlah tentang kebaikan-kebaikannya.

15. Be optimistic

Bersikap optimis mutlak diperlukan di segala cuaca. Seperti halnya lagunya Chrisye, yang namanya badai pasti akan berlalu. Tidak perlu risau karena semua akan indah pada waktunya.

Bersikap optimis juga merupakan ibadah. Maksudnya? Iya, optimis artinya kita percaya bahwa Tuhan telah menciptakan segala hal dengan sempurna. Maka, berbaik sangkalah.

16. Stay connected with friends

Jaga komunikasi dengan teman-teman lama dari masa SD hingga teman mantan rekan kerja. Menjaga komunikasi itu sangat mudah, kalau ada waktu ya telpon atau chat lewat WA. Kalau tidak sempat ya cukup dengan ketikkan komen di kolom postingan status IG atau FB. Kalau masih tidak sempat juga, cukup klik tombol Like. Bagi teman lama, itu sudah cukup berarti. Artinya kita masih peduli dengan mereka dan kita memberikan apresiasi atas apa yang sudah dia unggah di sosial media.

17. Live a recommendable life

Jalanilah hidup yang didambakan banyak orang. Hidup yang baik akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Nilai kebaikan akan menjadi warisan terbaik untuk anak cucu kita kelak.

Itulah 17 hal penting dalam hidup yang singkat ini. Teman-teman bisa membaca tuitan bijak dari Vala Afshar di akun twitter-nya. Hidup yang sementara akan berarti apabila kita memberikan nilai tambah terhadap kemanusiaan. Perjalanannya memang singkat, tapi kalau bisa mewariskan hal baik, mengapa tidak?

Leave a Reply