new istanbul airport

Airport di Istanbul

Airport di Istanbul ada dua (3): Sabiha Gokcen Airport (Airport Code SAW) – di sisi benua Asia, Mustafa Kemal Attaturk Airport di sisi selatan kota Istanbul, dan New Istanbul Airport (Airport Code ISL) – di sisi barat laut kota Istanbul. New Istanbul Airport adalah bandara atau airport di Istanbul yang baru dibangun dan pada tahun 2019 ini rencananya akan dibuka.

Dari kabar yang saya baca, dalam waktu 10 tahun ke depan, New Istanbul Airport akan menjadi airport terbesar yang mampu menampung hingga 200 juta penumpang per tahun. Sebagai perbandingan, bandara Soekarno Hatta di Jakarta melayani penumpang sebanyak 60 juta penumpang pada tahun 2017. Diprediksi akan meningkat menjadi 100 juta penumpang pada tahun 2025 (Sumber: Rencana pembangunan runway 3 terminal 4 di Bandara Soetta ). Bandara Kualalumpur International Airport (KLIA) pada tahun 2017 melayani sekitar 58 juta penumpang.

New Istanbul Airport dipersiapkan untuk mengantisipasi tingginya penumpang yang naik setiap tahun. Hal ini memang biasa terjadi di negara atau kota yang banyak didatangi wisatawan atau turis. Ini juga terjadi di Yogyakarta, bandara Adisucipto dipindahkan ke daerah di Kulonprogo, karena wisatawan yang datang ke Yogya meningkat setiap tahunnya.

turkish airline
Ilustrasi Turkish Airline

New Istanbul Airport juga nantinya akan menjadi hub alias tempat transit bagi maskapai Turkish Airlines. Bandara transit khusus tentunya akan memberikan peluang bagi Turkish Airlines supaya bisa membuka penerbangan ke kota-kota dan negara-negara lain di dunia. Mungkin bisa menyaingi Dubai, Qatar, atau Abu Dhabi. Garuda Indonesia harusnya bisa mencontoh ini ya, misalnya membuka bandara hub khusus di Sumatra Utara. Di Sumatra Utara sendiri sudah ada bandara Kualanamu yang mana menjadi salah satu bandara terbaik di dunia.

Ketika kita terbang dari Asia ke Eropa atau ke Amerika Serikat, atau dari Eropa ke Asia atau Afrika, Turkish Airlines bisa menjadi alternatif terbaik.

Mengapa?

Karena kamu bisa ambil long transit, misalnya 2 atau 3 hari, lalu jalan-jalan keliling kota Istanbul. Tidak perlu berlama-lama, namanya juga transit. Nah, kamu bisa mengunjungi banyak tempat bersejarah yang ada. Tempat penginapan juga ada banyak sekali di Istanbul, tinggal pilih saja sesuai budget yang ada. Kamu pasti tidak percaya bahwa saya waktu ke Istanbul kemarin hanya menghabiskan 50 USD untuk menginap selama 4 hari 5 malam. Kamu bisa membacanya di link di bawah ini.

Traveling Murah ke Turki dengan Budget 500 USD, termasuk tiket

Airport di Istanbul
Peta Lokasi Airport di Istanbul

Di bawah ini adalah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang airport di Istanbul.

New Istanbul International Airport

Istanbul Airport berada di sisi barat laut dari kota Istanbul. Ada 6 runway yang ada dan menempati 9,000 hektar, airport ini akan menjadi salah satu airport terbesar di dunia. Menyaingi Hartsfield-Jackson International Airport di kota Atlanta, Amerika Serikat.

Website : http://www.igairport.com

Jarak ke pusat kota Istanbul (Taksim) : 50 km
Jarak ke pusat kota Istanbul (Taksim) : 31 mil

Bagaimana cara menuju pusat kota Istanbul dari New Istanbul Airport?

Shuttle bus   : Berangkat setiap 30 menit. Biayanya sekitar 5 Euro.
Taksi               : Tersedia di terminal kedatangan. Biayanya sekitar 25 Euro.
Taksi privat    : Harganya sekitar 45 Euro, tergantung tawar menawarnya. Bisa juga pakai aplikasi Uber.

Sabiha Gokcen International Airport

Sabiha Gokcen International Airport (SAW) dibuka pada tahun 2001. Airport ini berada di kota Istanbul sisi benua Asia. Biasanya dipakai untuk maskapai Low Cost Carrier (LCC). Airport ini melayani 10.300.000 penumpang untuk penerbangan internasional dan 21.000.000 untuk penerbangan domestik pada tahun 2017. Sabiha Gokcen sendiri adalah nama pilot militer wanita pertama di dunia.

Website : https://www.sabihagokcen.aero

Jarak ke pusat kota Istanbul (Taksim) : 44 km
Jarak ke pusat kota Istanbul (Taksim) : 28 mil

Bagaimana cara menuju pusat kota Istanbul dari Sabiha Gökcen Airport?

Shuttle bus   : Berangkat setiap 30 menit. Biayanya sekitar 5 Euro.
Taksi              : Tersedia di terminal kedatangan. Biayanya sekitar 25 Euro.
Taksi privat  : Harganya sekitar 45 Euro, tergantung tawar menawarnya. Bisa juga pakai aplikasi Uber.

Leave a Reply