Amazon to Buy Middle East E-Commerce Site Souq.com

241310-amazon-souq-836295-large-1490688869
Source: CairoScene.com

Temen-temen di Indonesia pasti sudah hafal dengan situs belanja online macam Lazada, OLX, BliBli, dsb. Di Timur Tengah pun ada situs seperti itu, namanya Souq.Com.

Souq.Com berbasis di UAE (United Arab Emirat). Didirikan pada tahun 2005 oleh seorang pengusaha berkebangsaan Syria, Ronaldo Mouchawar. Saat ini Souq.com beroperasi di 7 negara, yakni United Arab Emirates, Saudi Arabia, Kuwait, Egypt, Bahrain, Oman, and Qatar. Dengan area seluas itu, dalam 1 bulan situs Souq.com dikunjungi oleh 24 juta unik pengunjung, atau 800,000 pengunjung setiap hari.  Pasar dalam 7 negara ini dicover lewat pengiriman barang dari United Arab Emirates, Saudi Arabia, Kuwait, dan Egypt.

Hari ini saya baru tahu kalau ternyata situs jual beli Amazon.Com mengakuisisi Souq.Com. Sebuah keputusan yang sudah diprediksi sejak lama. Pendapatan perusahaan Souq.com tiap tahun selalu meningkat. Dengan akuisisi ini, tentu saja ikut mendorong pendapatan dari Amazon sebagai salah satu raksasa situs jual beli. Di sisi lain, Amazon akan membantu Souq.com meningkatkan pelayanannya.

FYI aja. Layanan di Souq.com kalau boleh dibilang, masih kalah jauh lah dibanding Lazada, atau OLX, atau bahkan Blibli. Marketplace di Indonesia jauh lebih maju, user interface-nya lebih enak dilihat, pelayanannya cepat, mendukung berbagai macam bentuk pembayaran, mulai dari internet banking, sms banking, transfer bank, dll. Kelengkapan barang-barang yang dijual di Souq.com masih sangat terbatas, waktu pengiriman barang relatif lama, harga di website cenderung lebih mahal, dll. Dengan akuisisi ini semoga layanan Souq.com bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply