Amazon to buy Souq.com

Amazon to Buy Middle East E-Commerce Site Souq.com

Amazon to Buy Middle East E-Commerce Site Souq.com. Teman-teman di Indonesia pasti sudah hafal dengan situs belanja online macam Lazada, OLX, BliBli, dan sebagainya. Di Timur Tengah pun ada situs seperti itu, namanya Souq.Com.

Souq.Com berbasis di UAE (United Arab Emirat). Didirikan pada tahun 2005 oleh seorang pengusaha berkebangsaan Syria, Ronaldo Mouchawar. Saat ini Souq.com beroperasi di 7 negara, yakni United Arab Emirates, Saudi Arabia, Kuwait, Egypt, Bahrain, Oman, and Qatar.

Baca juga:

Souq.com join to Amazon
Souq.com join to Amazon

Dengan pasar seluas itu, dalam 1 bulan situs Souq.com dikunjungi oleh 24 juta unik pengunjung, atau 800,000 pengunjung setiap hari.  Pasar dalam 7 negara ini didukung melalui pengiriman barang dari United Arab Emirates, Saudi Arabia, Kuwait, dan Egypt.

Hari ini saya baru tahu kalau ternyata situs jual beli Amazon.Com mengakuisisi Souq.Com. Sebuah keputusan yang sudah diprediksi sejak lama. Pendapatan perusahaan Souq.com tiap tahun selalu meningkat. Dengan akuisisi ini, tentu saja ikut mendorong pendapatan dari Amazon sebagai salah satu raksasa situs jual beli. Di sisi lain, Amazon akan membantu Souq.com meningkatkan pelayanannya.

Sebagai tambahan informasi, layanan di Souq.com kalau boleh dibilang masih kalah jauh dibanding Lazada, atau OLX, atau bahkan Blibli. Marketplace di Indonesia jauh lebih maju. User interface-nya lebih enak dilihat, pelayanannya cepat dan mendukung berbagai macam bentuk pembayaran, mulai dari internet banking, sms banking, transfer bank, dan lain-lain.

Kelengkapan barang-barang yang dijual di Souq.com pun masih sangat terbatas. Waktu pengiriman barang relatif lama, harga di website cenderung lebih mahal, dan lain-lain.

Pada saat ini memang Souq.com belum begitu bagus, namun saya yakin dalam beberapa tahun ke depan Souq.com akan mampu berkembang. Ditambah lagi dengan mudahnya akses internet di Mesir terutama, anak muda akan senang berbelanja secara online. Dengan akuisisi ini semoga layanan Souq.com bisa menjadi lebih baik.

Saat ini saya tinggal di Mesir dan telah beberapa kali menggunakan jasa Souq.com untuk membeli barang. Saya membeli casing telepon, tripod dan powerbank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *