Apakah rokok dan mati itu berkorelasi?

Saya sering mendengar orang bicara lantang mengenai pertentangannya terhadap rokok. Rokok penyebab serangan jantung lah, penyebab impotensi lah, penyebab ini, penyebab itu dan sebagainya. Namun sampai saat ini saya belum bisa menerima kalau rokok disalahkan secara sepihak.

Perlu diketahui, saya bukan perokok. Saya benci ada orang merokok di dekat saya, namun saya tidak menerima kalau rokok disalahkan menjadi biang penyakit atau kematian manusia.

Lalu, apakah rokok berkorelasi dengan kematian? Saya pikir tidak. Saya punya tetangga, dan mereka malah bisa awet tua meski mereka merokok. Ada pula orang yang menjaga kesehatannya dengan sangat baik, rajin berolahraga, dan tidak merokok, namun ia tetap mati muda. Lalu dimanakah korelasinya?

Saya pikir Tuhan menciptakan tembakau dan rokok pasti ada manfaatnya. Tidak mungkin Ia mengalami kesalahan penciptaan. Kalau salah bukan Tuhan namanya. Namun dalam merokok juga harus ingat prinsip ‘jangan berlebihan’ karena setiap yang berlebihan itu tidak baik.

0 thoughts on “Apakah rokok dan mati itu berkorelasi?

  1. memang tak berkorelasi mas, tapi mencegah jelas lebih bagus.
    nanti sampeyan bilang naik motor ngebut tak ada korelasi dengan kematian, toh teman saya anggota geng motor bisa panjang umur sementara tetangga saya naik sepeda pelan kepleset ke jurang.

    Rokok adalah salah penyebab penyakit dan penyakit jelas salah satu jalan mendekatkan maut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *