perusahaan asing masuki pertanian indonesia

Asing Siap Jajaki Pertanian Indonesia, Negeri Ini Butuh Petani Baru

Siang tadi tiba-tiba twitter saya di-mention oleh seorang sahabat, ada sebuah link berita dari Yahoo. Setelah saya klik, saya merasa miris. Isi beritanya kurang lebih tentang pihak asing siap jajaki pertanian Indonesia. Dalam hal ini yaitu perusahaan agrobisnis asal China dan Malaysia akan berekspansi ke Indonesia. Mereka sudah menandatangi MoU dengan perusahaan dalam negeri. Sektor yang akan digarap adalah pertanian padi.

Pertanian padi menjadi sasaran mereka mengingat Indonesia adalah negara dengan konsumsi beras yang cukup tinggi di dunia. Jumlah penduduk yang besar tentu akan menjadi pasar yang besar bagi mereka. Tidak tanggung-tanggung, nilai investasi mereka mencapai 50,8 trilyun. Dengan uang sebanyak ini, berapa juta hektar lahan yang bisa digarap? Saya tidak bisa bayangkan, penduduk kita yang jadi kuli tanamnya, jadi kuli olah lahan dan panennya, kita juga yang beli berasnya. Mereka cukup ongkang-ongkang dan menikmati keuntungan.

Melihat tantangan seperti ini, terutama di bidang pertanian padi, membuat saya yakin bahwa tidak lama lagi perusahaan agrobisnis asing yang lain akan hadir juga di Indonesia. Bisa saja mereka akan menyaingi saya dan ikut menanam Pepaya California. Atau menyaingi pertanian kita dalam penanaman mangga, jeruk, durian, nanas, rambutan, dan sebagainya. Dengan dukungan teknologi dan dana yang besar tentu mereka bisa dengan mudah menggasak petani lokal yang notabene masih tradisional. Hasil produk mereka pasti jauh lebih menarik dan higienis. Nah, hasil petani kita yang digarap secara tradisional, siapa yang mau beli?

Semua belum terlambat sahabat. Mari kita kembali ke desa, bangun kembali desa kita dengan ilmu yang kita peroleh dari hasil kuliah. Mari mandirikan para petani Indonesia, ajari mereka cara bertani yang modern. Dengan begitu, kita tidak akan menjadi buruh di negeri sendiri. Cukup sudah para TKI dikirim ke luar negeri, jangan ditambahi menjadi buruh tani bagi perusahan agrobisnis asing.

Saya mengajak para sahabat saya yang awalnya dari desa dan kuliah di kota. Lupakan impianmu bekerja di perusahaan bonafit, apalagi milik asing. Kembalilah ke desa, masih banyak yang bisa kita kerjakan di desa. Para petani Indonesia butuh regenerasi petani baru. Butuh kita, para petani muda yang lebih cerdas memahami teknologi, lebih cerdas memahami pasar, dan lebih cerdas mengelola peluang yang ada.

Silakan baca juga tentang Pasar Agro Soropadan. Pameran pertanian yang merupakan etalasi produk-produk pertanian dari seluruh Jawa Tengah.

0 thoughts on “Asing Siap Jajaki Pertanian Indonesia, Negeri Ini Butuh Petani Baru

  1. Para pemimpin kita mesti tanggap nih, klu ini terjadi kembali Indonesia akan dijajah asing lagi,. Ayolah bapak bapak pemimpin negara berbuatlah, engkaulah yang harus berbuat, berilah anak anak muda kesempatan, buat regulasinya…kami pasti bisa, berilah kesempatan ini kepada pemuda., KAMI PEMUDA INDONESIA PASTI BISA BERTANI.

  2. sekarang sya bekerja di jakarta tdk tahu knpa panggilan hati dari dulu selalu ingin tinggal di desa. mungkin krn sya punya cita-cita ingin membangun desa di bidang pertanian dan peternakan. klo bleh sya minta alamat tmpat pertanian/peternakan modern yang ada di wilayah jabar. 085283839912 PEMUDA PASTI BISA !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *