Fast hours around the world

Bagaimana Rasanya Berpuasa di Sudan?

Berpuasa di tengah terik matahari, temperatur udara 35 derajat di pagi hari, 45 derajat di siang hari, dan 40 derajat menjelang berbuka puasa adalah pengalaman yang tak akan pernah terlupakan. Berpuasa di Sudan adalah perjuangan tersendiri.

Bulan Mei, Sudan sudah mulai memasuki musim panas. Dan bulan Juni ini, musim panas sudah mulai menapak naik menuju puncaknya. Suhu yang panas, angin sepoi yang sifatnya juga panas, tidak ada pohon peneduh. Sempurna.

Welcome to Sudan.

Banyak orang yang belum tahu bahwa di Sudan ini cuma terdapat 2 musim, yakni musim panas dan musim panas sekali. Pada musim panas, suhu udara paling rendah 20 derajat dan bisa mencapat 40 di tengah siang bolong. Dari bulan Desember sampai bulan Februari. Kamu tahu kalau di musim panas sekali, berapa suhu udaranya? Kamu bangun tidur bukan karena sudah pagi, tapi karena kepanasan. Dan di siang bolong, kamu bisa bayangkan suhu udara bisa mencapai 45 derajat. Dimulai dari awal April hingga Desember.

Suhu udara di Sudan
Pukul 3 sore suhu udara menunjukkan angka 43 derajat Celcius

Berpuasa di Sudan ini tidak akan begitu terasa bila kamu bekerja dengan duduk di ruang ber-AC. Namun bila kerjanya di luar ruangan, siap-siap saja menelan air ludah.

Berpuasa di Sudan
Panas terik di jalanan

Berpuasa di Sudan diawali ketika azan Subuh pukul 5.00 AM, dan berakhir pada pukul 17.15 PM. Secara durasi, hal ini tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Yakni sekitar 14 jam. Tetapi secara kondisi lingkungan, ini jauh berbeda.

Berbeda lagi dengan puasa di Mesir, Azan Subuh pukul 3.00 AM dan Azan Magrib pukul 19.00 PM. Total sampai 16 jam. Dan semakin utara, terutama di daratan Eropa, durasi ini semakin bertambah. Yang paling lama di Iceland, total hampir 22 jam. Tapi apa iya ada Muslim yang tinggal di sana? Who knows.

Jadi, seberat apapun puasa kamu, harus diingat bahwa masih banyak yang cobaannya lebih berat. Jangan mengeluh. Tetap lakukan yang terbaik.

*Tulisan ini ditulis pasca sholat Jum’at pukul 3.00 PM. 4 jam menjelang berbuka puasa.

Leave a Reply