Belajar Bahasa Jepang #3

Belajar bahasa Jepang di Jogja

Rabu, 28 November 2012 kemarin adalah kali ketiga saya belajar bahasa Jepang gratis. Masih ditemani sensei yang setia Lala Lathiva-sensei. Adapun yang hadir hari itu ada 5 orang, ditambah 1 orang yang bisa dibilang sebagai native speakerย karena sudah biasa travelling keluar negeri.

Adapun yang hadir yaitu saya sendiri Rohmat Syahru (@rohmatsyahru), Tetty Taraningrum (@TettyTara), Mutia Noviastuti (@muty_ya), Arini Utami (@RN_arini), Ignas (lupa absen), Lala Lathiva-sensei (@lala_lathiva), dan Sri Sumirat (@zatagil). Mba Sri Sumirat baru saja pulang dari Mesir Jumat, 23 November 2012 kemarin dan menyempatkan datang untuk ikut mengajari kami mengenai bahasa Jepang.

1. Materi Perkenalan

Pelajaran kali ini diawali dengan materi perkenalan. Hal ini dikarenakan ada teman-teman yang baru datang sehingga perlu penyamaan materi. Materi perkenalan meliputi:

Hajimemashite —> Salam kenal
Watashi wa Mameto desu —> Nama saya Mamet
Watashi wa gakusei desu —> Saya seorang mahasiswa
Watashi Indoneshia karakimashita —> Saya berasal dari Indonesia
Watashi wa ni ju ni sai desu —> Saya berumur 22 tahun

Belajar Bahasa Jepang #1

Belajar Bahasa Jepang #2

2. Belajar Hiragana dan Katakana Dengan Buku Strimin

Begitulah materi perkenalan hari itu. Untuk materi selanjutnya hampir sama dengan Belajar Bahasa Jepang #1 dan #2. Selain itu kami juga belajar mengenai penulisan katakana dan hiragana. Untuk belajar menulis huruf Jepang kami menggunakan buku strimin (buku kotak-kotak) untuk memudahkan penulisan. Dalam penulisan huruf Jepang itu sendiri membutuhkan kelihaian, penempatan proporsi, kapan harus menggores, kapan harus membuat ekor yang halus, dan lain sebagainya.

Pembelajaran bahasa Jepang kali ini lumayan ramai dan kami bisa berdiskusi karena bertambahnya teman yang datang. Belajar bahasa Jepang #3 ini dilaksanakan di Angkring Jentik, Seturan. Untuk pembelajaran #4 nya akan dilakukan di Angkringan Galau di daerah Condongcatur pada hari Sabtu, 1 Desember 2012.

Kegiatan ini adalah kegiatan belajar Bahasa Jepang Gratis pertama di Jogja. Dipandu oleh Lala-sensei kami belajar dengan cara yang asyik dan tanpa beban. Kegiatan ini murni berbagi jadi terbuka untuk siapa saja tanpa ada batasan umur. Siapapun boleh bergabung. Makin ramai makin seru. Menambah ilmu menambah teman.

6 Comments


  1. Mas saya pengen ikut
    Tp saya belom tau sama sekali

    Reply

    1. Mohon maaf, kelas ini sudah tutup lama. Mas Nur Hidayat bisa mencari tempat kursus bahasa Jepang di Yogya, banyak lho ๐Ÿ™‚

      Reply

    1. Saat belajar dulu kami tidak sempat membuat videonya. Semoga nanti kalau aktif lagi, kami bisa sekalian bikin videonya ๐Ÿ™‚

      Reply

    1. Bisa sekali mba Esa. bisa dimulai dengan belajar mandiri juga lewat internet, lalu gabung dengan komunitas di kota terdekat. Biasanya ada ๐Ÿ™‚

      Reply

Leave a Reply