Belajar Berubah

time for change

Hidup saya pasti berubah jika saya berubah. Semua hal yang terjadi saat ini adalah akibat perbuatan saya sendiri. Dan semua ini adalah tanggung jawab saya sendiri. Semua akan berhenti disini (sambil tunjuk dada sendiri).

Semua sudah tertulis dengan jelas di QS ar-Ra’d: 11

إنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib sesuatu kaum sehingga mereka merubah nasib mereka sendiri “.

Sebagaimana tertulis pula di QS al-Anfal: 53

ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَى قَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَأَنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Yang demikian itu (siksaan Allah) adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri (dengan berbuat maksiat) dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Perubahan harus dimulai dari dalam diri sendiri. Belajarlah menjadi orang yang pertama kali sadar, bahwa segala hal yang terjadi itu adalah akibat ulah kita sendiri. Belajarlah bercermin sebelum mencari kesalahan orang lain. Belajarlah melihat jerawat di muka sendiri sebelum mengolok jerawat di wajah orang lain.

Jangan terlalu cepat menyalahkan perbuatan orang lain. Jangan terlalu cepat pula membenarkan perbuatan orang lain. Namun, cepatlah dalam memperbaiki kelemahan kita sendiri agar kelak kita tidak membenarkan kesalahan yang kita lakukan tanpa menyadarinya.

langkah untuk belajar berubah
Langkah yang diambil untuk belajar berubah

Dalam sebuah proses perubahan diri, banyak hal yang harus dilalui. Ada langkah yang mudah ada pula langkah yang sulit. Semua langkah tersebut adalah proses yang harus dilalui untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kita tidak bisa menghindarinya. Pilihannya hanya ada dua, melewatinya atau kembali seperti semula.

Belajar berubah amat penting. Kita semua tentu ingin berubah menjadi orang yang lebih baik, menjadi lebih dewasa, dan tentu saja menjadi lebih bijak. Umur semakin bertambah. Dahulu kita sekolah, lalu bekerja, berkeluarga, hingga menjadi orang tua. Secara tidak langsung kita mengalami proses perubahan diri secara alami.

*Sumber: https://www.facebook.com/pendidikankarakter

Baca juga tentang:

Siapa kita 100 tahun lagi

Cerita tentang korek api

Hidup adalah sebuah perjalanan

Leave a Reply