Blog Baru Untuk Jiwa Yang Baru

Saya mulai menulis blog sejak tahun 2009. Berawal dari iseng-iseng menulis, rupanya saya menikmatinya. Saya menyadari bahwa menulis blog itu butuh sebuah niat yang kuat. Untuk memperkuat niat itu, saya berpindah dari blog gratisan di worpress dan menyewa hosting dan domain di redhatblog.com ini. Sebuah blog baru untuk jiwa yang baru.

Ada beberapa alasan yang membuat saya pada akhirnya mengganti blog gratisan saya di wordpress dan pindah ke web berbayar. Walaupun sebenarnya platform yang saya gunakan masih sama. Saya masih menulis lewat wordpress. Namun bedanya dulu saya menulis lewat blog gratisan. Masih ada buntut di belakang url blog saya. Saat ini blog saya murni tanpa ada buntut lagi. Langsung bisa ditulis menjadi redhatblog.com.

Mengapa saya mengganti alamat blog saya? Berikut ini saya jelaskan beberapa alasannya:

Mengamankan data dan konten

Saya khawatir kalau akun wordpress saya nanti diblok dan saya tidak bisa mengakses data, konten, dan gambar yang telah saya upload ke blog. Pasti teman-teman tahu sendiri kan, kalau semua data yang kita unggah ke wordpress itu adalah hak milik wordpress. Artinya apa? Mereka bisa saja sewaktu-waktu memblok akun kita dan kita tidak bisa mengakses lagi data yang telah kita unggah. Sayang sekali bukan. Kita sudah bersusah payah membuat konten ehh.. tahu-tahu kita tidak bisa lagi mengaksesnya. Dengan membeli domain dan menyewa hosting, artinya kita memiliki tempat sendiri di server tempat dimana kita menyimpan semua konten yang kita miliki. Bila pada akhirnya wordpress memblok akun kita, data kita masih tersimpan rapi di server hosting kita. Data tersebut bisa kita pakai lagi di blog yang lain.

Memudahkan orang lain mengingat blog kita

Dengan nama yang tanpa embel-embel …(dot)wordpress(dot)com atau …(dot)blogger(com) maka orang lain akan lebih mudah dalam mengingat alamat blog kita. Selain itu, dengan membeli domain ini juga memberi kesan bahwa kita serius dalam membangun blog. Dengan menyewa hosting artinya kita mengeluarkan uang untuk jasa tersebut. Hal ini menjadikan kita merasa lebih memiliki dibanding hanya dengan blog gratisan.

Lahan mencari dollar

Dengan blog yang memiliki hosting sendiri saya bisa memasanginya dengan iklan dari Google Adsense. Kalau dulu waktu masih memakai buntut (dot)wordpress(dot)com saya tidak bisa memasangi iklan. Sebenarnya saya bisa memasangi iklan namun ada syarat tertentu yang harus saya penuhi seperti contohnya ada minimum pengunjung ke blog kita setiap minggu/bulannya. Saat ini, dengan pengunjung yang tidak mencapai 1000 pengunjung setiap hari, saya tetap bisa memetik dollar dari iklan yang terpasang. Asik bukan?

Dengan hadirnya blog baru ini maka dengan ini saya menyatakan blog lama saya di mametsaru.wordpress.com resmi ditutup.

Leave a Reply