Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Kalau mau belajar bahasa Inggris dengan cepat, kita harus punya pemicu. Ya, pemicu kenapa harus mempelajari itu. Istilahnya, alasan apa yang membuat kamu kepepet harus belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Banyak alasan yang membuat seseorang ingin menguasa Bahasa Inggris secara cepat.

  • Gadis inceranmu jago ngomong bahasa Inggris, dan kamu harus jago berbahasa Inggris kalau tidak mau malu,
  • Kamu ingin melanjutkan sekolah di luar negeri, and you know well, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar kuliah di kampus luar negeri,
  • Kamu dalam proses seleksi suatu kompetisi, perlombaan, kenaikan jabatan/karir, dll. sehingga bahasa Inggris hal wajib yang harus dikuasai

Alasan seperti inilah yang harus kita ciptakan. Pengalaman saya sendiri, saya belajar bahasa Inggris karena kepepet harus ngomong dengan orang asing memakai bahasa ini. Awalnya dulu pernah ikutan klub bahasa Inggris di fakultas, tapi karena tida ada rasa the power of kepepet-nya, bahasa Inggris saya tetap biasa-biasa saja. Tapi begitu saya lulus dan bekerja, lingkungan perusahaan mewajibkan saya harus ngomong pakai bahasa Inggris, ya akhirnya saya learning by doing. Dan bersamaan dengan itu, saya pun belajar bahasa Arab di waktu yang bersamaan.

Pengalaman saya sendiri, untuk mempercepat kosakata bahasa Inggris ini saya memakai beberapa metode.

  1. Nonton film asing dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dan selalu sediakan google translate. Begitu ada kata yang tidak dimengerti langsung dicari artinya di google.
  2. Putar lagu-lagu berbahasa Inggris dimanapun berada. Ini bantu banget.
  3. Baca buku dan artikel berbahasa Inggris. Kalau tidak doyan buku yang bahasanya berat, baca saja majalah. Baca artikel apapun yang kamu suka.
  4. Buka portal news berbahasa Inggris. Say goodbye to detik, kompas, kumparan, etc. Perbanyak buka The Guardian, New York Times, Al Jazeera, dll.
  5. Download video-video IELTS atau TOEFL. Putar sesekali kalau pas waktumu luang.
  6. Ngomong bahasa Inggris. Tak ada artinya kamu belajar dan membaca tulisan berbahasa Inggris kalau kamu tidak praktek berbicara memakai Bahasa Inggris. Kalau kamu tidak punya sparing, hubungi saya saja 😀

Yang harus kamu inget, dalam belajar bahasa Inggris itu jangan takut salah. Yang penting ngomong dulu. Perbanyak kosakata. Kalau udah lancar baru nanti benerin grammar-nya. Kamu lihat bule itu ngomong bahasa Indonesia, mereka ga peduliin EYD, yang penting ngomong dulu. Asal lawan paham apa yang kamu omongin, artinya bahasa Inggrismu udah bisa ditangkap oleh lawan bicara kamu. Kalau toh salah, lawan bicaramu pasti bakal ikut benerin kok.

Tiga tahun ngomong bahasa Inggris sebagai keseharian, bahasa Inggris saya pun masih pletat-pletot. Namanya juga bahasa asing. Salah sedikit gak papa. Doakan ya tahun ini bisa segera ambil tes IELTS dan lolos > 7. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *