cara membuat konten blog yang menarik

Cara Membuat Konten Blog yang Menarik

Cara membuat konten blog yang menarik. Konten menarik adalah kunci supaya blog kita dikunjungi banyak orang. Selain menarik, kunci lainnya yaitu artikel harus orisinil, aktual dan menjawab pertanyaan dari pengunjung blog.

Konten blog juga harus dibuat secara konsisten. Minimal seminggu sekali, kalau bisa sehari sekali. Konsistensi adalah kunci dalam mengelola sebuah blog.

Konsisten menulis blog
Konsisten menulis blog

Tips dan Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik dan Berkualitas

Ada beberapa tips yang bisa teman-teman kembangkan untuk menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.

  1. Konten harus orisinal. Belum pernah dibuat oleh orang lain.
  2. Judul harus menarik, namun jangan clickbait.
  3. Isi artikel menjawab apa yang ditanyakan oleh pencari informasi.
  4. Artikel akurat kalau perlu cantumkan sumber informasinya.
  5. Konten harus mampu memberikan pemahaman lebih bagi pembaca.
  6. Tersedianya gambar atau video yang mendukung artikel.
  7. Tulisan tidak bertele-tele namun juga tidak terlalu singkat.
  8. Sebarkan artikel di sosial media yang kita miliki supaya makin banyak orang yang membacanya.
Tulis artikel yang bagus, buat storytelling-nya di sosial media. Ulangi terus seperti itu
Tulis artikel yang bagus, buat storytelling-nya di sosial media. Ulangi terus seperti itu

Menulis Blog Sebagai Hobi

Awalnya saya menulis blog memang untuk menyalurkan hobi menulis. Lama-lama kok banyak yang datang berkunjung ya. Iseng-iseng saya coba daftarkan ke Google Adsense kok ya diterima. Akhirnya saya putuskan untuk terus konsisten membuat konten.

Sejak kali pertama menulis, kurang lebih sudah hampir 500 artikel saya buat. Dari jaman alay-alay membuat puisi, membuat cerpen, juara lomba menulis hingga kini beberapa iklan dan artikel berbayar datang.

Dari mulai blog gratisan di wordpress, ganti hosting dan domain berbayar, dan terakhir ini berlabuh pada domain www.redhatblog.com. Traffic-nya pun sudah lumayan. Banyak tulisan sudah muncul di page one Google. Tinggal di-maintain saja supaya pengunjung blog naik kelas jadi customer produk kita.

Konten yang ada di Redhatblog ini seputar pengalaman saya selama bekerja di luar negeri kurang lebih selama 5 tahun. Tahun ke-5 ini memang saya berencana untuk pulang kampung dan berhenti jadi TKI. Cerita jadi TKI selama 5 tahun ini bisa kamu baca pada tautan berikut >> Pengalaman menjadi TKI selama 5 tahun.

Berfoto bersama teman-teman di Mesir
Berfoto bersama teman-teman di Mesir

Traveling

Pengalaman selama 5 tahun bekerja di luar negeri membuat saya memiliki banyak cerita untuk dibagi di blog ini. Masing-masing cerita punya keunikan tersendiri. Baik ketika berada di Mesir, Sudan, Turki, Saudi Arabia serta pengalaman transit di Qatar dan Malaysia.

Cerita-cerita tersebut saya tuangkan dalam sebuah tulisan pada tautan berikut ini >> www.redhatblog.com/traveling

Hagia Sophia di Istanbul, Turki
Mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, Turki

Pertanian

Tema pertanian adalah tulisan yang saya buat terutama untuk mempromosikan hasil pertanian yang keluarga saya kelola di Purwokerto. Teman-teman bisa kunjungi blog tersebut pada tautan kebunpaktarso.blogspot.com

Adapun tanaman yang kami tanam saat ini adalah pepaya california, jeruk siam, durian, dan saat ini sedang memulai pembibitan tanaman vanili dan buah tin.

Nama usaha tersebut adalah Kebun Pak Tarso. Usaha pertanian sekaligus edukasi pertanian bagi anak-anak sekolah. Ada benih, bibit, serta pendampingan perawatan bagi yang membutuhkan.

belajar pertanian bersama anak anak TK
Belajar pertanian bersama anak-anak TK

Tips Blog

Di tag Tips Blog ini saya berbagi tentang pengalaman saya mengelola blog sejak tahun 2009. Jadi memang fokus saya ingin berbagi pengalaman tentang tips dan trik dalam mengelola blog.

Itulah 3 konten utama yang saya kelola di blog gado-gado Redhatblog.com. Saya tetap berusaha untuk konsisten membuat konten selama seminggu sekali. Agak berat di awal, ada banyak rintangan di tengah minggu, apalagi ketika sedang banyak kerjaan. Tapi di malam hari setelah pulang selalu saya sempatkan menulis tulisan meski hanya 1 paragraf.

bertukar-backlink-google-search
Menulis secara konsisten kunci sukses menjadi blogger

Konsisten membuat konten bukan supaya traffic kita naik. Tapi lebih ke upaya untuk bersikap disiplin pada diri sendiri. Santai boleh, tapi konten harus tetap ada. Jangan sampai tidak.

Konten yang dibuat juga merupakan bukti karya yang bisa kita kenang kelak. Tahun sekian saya membuat ini, tahun ini membuat itu dan seterusnya.

Leave a Reply