Cerita Bagaimana Saya Dulu Mulai Menulis Blog

mesin ketik tua

Pada bulan September 2018 bisa saya katakan ini adalah tahun ke-11 saya menulis blog. Sebuah bilangan yang menurut saya sudah cukup tua untuk ukuran pengalaman menulis blog. Di umur setua ini seharusnya kualitas dan kuantitas karya tulisan saya semakin membaik. Tapi ya namanya manusia ya. Ada kalanya saya rajin menulis blog, di waktu yang lain saya sama sekali tidak menulis blog hampir 6 bulan lamanya. Harusnya menulis hal-hal positif, tapi kadang juga masih menulis hal-hal yang konyol. Namanya juga manusia, mood-nya naik turun. Tapi yang penting tetep dilakoni, nek ra kuat ya ditinggal ngopi. Kali ini saya ingin bercerita bagaimana saya dulu mulai menulis blog.

Menulis Blog Waktu SMA

Kali pertama mulai menulis blog adalah ketika mendapat tugas Kewirausahaan untuk membuat usaha/bisnis sekaligus mempromosikannya ke dunia internet. Waktu itu tahun 2007, saya, Ahmad Fauzi, Lukman, dan Satria bersepakat untuk membentuk kelompok dan mulai mencari ide usaha. Setelah diskusi cukup panjang kami memilih usaha pembesaran ikan gurameh. Usaha pembesaran ikan gurameh yang kami lakukan di Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas ini akan saya ceritakan di tulisan saya yang lain. Kali ini saya akan fokus bercerita mengenai blog usaha kami ini.

Blog usaha ini bernama Gurameh Maju Mundur. Kamu bisa lihat blog saya ini di link berikut >> guramehmajumundur.blogspot.com.  Sampai sekarang blog ini masih aktif, namun sudah tidak pernah saya buka lagi. Entah dulu pas buat blog pakai email apa, passwordnya apa, saya sudah lupa. Padahal sayang sekali, blog tua itu bagus banget reputasinya di hadapan Yang Mulia Google. Kalau diisi dengan konten yang bagus, mencapai halaman pertama Google sesungguhnya amatlah mudah.

gurameh maju mundur di purwokerto
PT Gurameh Maju Mundur adalah usaha kewirausahaan pertama saya bersama teman-teman

Waktu jaman SMA itu juga lagi tren yang namanya menulis blog tentang pengalaman pribadi. Kala itu saya ikut-ikutan blog-nya Mas Raditya Dika. Mas Radit waktu itu baru saja meluncurkan buku pertamanya yang berjudul Kambing Jantan, Sebuah Catatan Pelajar Bodoh. Buku tersebut merupakan kumpulan cerita Mas Radit di blognya.

Namanya anak SMA ya, saya jadi ikut menulis blog. Saya share tulisan saya ke teman-teman saya. Minta komentar dan like-nya. Satu dua ada yang isi komentar, yang lainnya ngga ada respon. Sekarang saya sadar, yang namanya mengemis like dan comment rupanya sudah ada sejak dulu, hehehe..

Menulis Blog Waktu Kuliah

Waktu kuliah saya lebih banyak menulis blog di platform WordPress. Entah kenapa dulu saya memilih WordPress. Kalau tidak salah alasannya karena ingin belajar saja. Saya sudah punya blog di Blogspot, maka saya buat satu lagi blog di WordPress. Ehh.. lama-lama asyik juga menulis di WordPress. Saya keterusan. Dulu saya menulis blog di mametsaru.wordpress.com. Domain blog tersebut saat ini sudah tidak aktif. Saya ambil kontennya dan re-upload di blog saya yang sekarang, redhatblog.com.

Kalau bicara konten blog, apa saja saya tulis di blog. Baik itu pengalaman pribadi, cerita orang, re-upload tulisan dari WA Group, dan sebagainya. Saya juga seorang manusia, pas re-upload kadang menyertakan sumbernya dari mana, kadang juga tidak menyertakan sumbernya. Mau nyortir tulisan saya di blog juga sudah susah. Lha wong tulisan di blog saya ini sudah 400 tulisan lebih.

Waktu kuliah saya aktif di beberapa organisasi. Di kampus iya, di luar juga iya. Selain itu juga saya gabung di beberapa grup WA dan Line. Banyak tulisan yang saya ambil intisarinya lalu saya posting di blog saya. Beberapa tulisan sampai saat ini ramai dikunjungi banyak orang karena isinya memang bagus. Beberapa contohnya adalah tulisan berikut ini:

Budidaya Pepaya California

Desa Karanggude Kulon Sentra Pepaya California di Purwokerto

Lokasi Desa Karanggude Kulon, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas

Hal yang paling saya ingat adalah ketika waktu mengerjakan skripsi. Mungkin karena tingkat stres yang tinggi saya jadi cari pelampiasan lain. Cari literatur tidak ketemu, ujung-ujungnya saya internetan dan menulis blog. Cari buku referensi tidak ketemu, saya akhirnya ikut lomba-lomba menulis blog. Satu dua kali saya memenangkan lomba menulis blog. Pernah saya dapat hadiah tas kecil, pernah juga dapat hadiah promo hosting blog.

Menulis Blog Pasca Lulus Kuliah dan Bekerja

Saya lulus kuliah tahun 2013. Sehabis lulus saya menghabiskan waktu di rumah dan keluar kota untuk mengikut tes dan wawancara kerja. Tidak banyak yang saya tulis waktu itu.

Kuantitas tulisan saya meningkat justru waktu saya merantau ke luar negeri ini. Saya punya waktu luang di malam hari setelah pulang kerja. Efek rindu kepada keluarga saya ekspresikan melalui tulisan di blog saya ini. Karena saya sudah memiliki penghasilan, saya juga membeli hosting dan domain sendiri. Maka dari itu, sejak tahun 2017 saya memindahkan konten tulisan saya dari wordpress gratisan ke blog berbayar. Platform yang saya pakai masih tetap sama, yaitu WordPress. Ya mau bagaimana, sudah terlanjur cinta soalnya sama WordPress. Hehehe..

Mulai Menulis Blog

Bagi teman-teman yang baru belajar menulis blog, saya mendukung sekali. Jaga terus semangatmu untuk terus konsisten menghasilkan konten. Seperti tulisan saya sebelumnya pada judul … tidak perlu repot-repot menentukan mau menulis blog pada bidang apa. Tulis saja dulu. Nanti yang niche alias tema tulisan bakal menyusul. Awalnya menulis tentang pengalaman pribadi, nanti bulan depan menulis tentang traveling, bulan depannya lagi menulis tentang cerita motivasi, dan sebagainya. Nanti lama-lama, menurut pengalaman saya ini, setelah 6 bulan bakal ketemu jalan cerita dari blog kamu ini. Kamu senangnya di bidang apa. Kalau kata anak sekarang, kamu akan tahu passion kamu dimana.

Saya sendiri orangnya sedikit pelupa, menulis blog adalah cara saya untuk melawan lupa tersebut. Cerita-cerita unik yang saya alami sehari-hari, saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Saya sering tersenyum sendiri membaca tulisan lama saya dulu. Beberapa cerita lama yang mungkin bisa kamu baca adalah:

Naik sepeda dari Jogja ke Purwokerto Bag 1

Naik sepeda dari Jogja ke Purwokerto Bag 2

Naik vespa dari Tegal ke Jogja

Saya rasa segitu dulu saja cerita saya kali ini mengenai pengalaman saya mulai menulis blog sejak tahun 2007. Semoga tulisan saya bisa memotivasi teman-teman semua untuk membaca serta menulis blog.

Leave a Reply