chinese restaurant di sudan

Chinese Restaurant di Sudan, Ebed Khatim St., Khartoum

Kali ini saya ingin menulis tentang sebuah warung makan alias Chinese restaurant di Sudan. Lebih tepatnya restoran ini berada di Ebed Khatim St., Khartoum. Restoran ini berada tidak jauh dari kampus International University of Africa. Salah satu kampus incaran para mahasiswa asing yang datang ke Sudan untuk belajar agama Islam. Selanjutnya akan saya sebut dengan kampus Afrika saja.

Lokasi restoran ini mudah untuk ditemui. Dekat dengan pertigaan lampu merah antara Ebed Khatim St. dan kampus Afrika. Kamu bisa lihat peta lokasi di bawah ini. Titik merah adalah lokasi restoran China itu berada.

lokasi Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
Lokasi Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum

Restoran ini menempati gedung lantai dasar. Di depan gedung ini adalah warung makan orang Sudan. Restoran Sudan ini juga tidak kalah ramainya, terutama ketika malam hari. Jadi ketika kita akan masuk ke restoran China ini kita akan melewati restoran Sudan ini. Jangan lupa untuk tebarkan senyum ke orang lokal ketika mau masuk ke restoran ya. Supaya apa? Supaya kelihatan bahwa kita orang Asia itu ramah-ramah.

Chinese Restaurant di Sudan
Chinese Restaurant ini mudah dikenali, di depannya ada halte Coca Cola

Begitu masuk ke dalam restoran, kita akan langsung menghadap ke meja kasir. Dan di sinilah kita akan memesan makanan China yang ada. Untuk pilihan menu, semua terpampang jelas di dinding di samping kasir. Semua ada gambarnya. Jadi tidak usah takut atau bingung mau pesan apa. Memang sih, menu tersebut ditulis dalam bahasa mandarin, tidak ada terjemahan latinnya. Biasanya kalau saya pesan, langsung saya tunjuk mau menu yang mana. Di daftar menunya terdapat gambar makanan yang sudah dimasak. Jadi ya tebak-tebak berhadiah. Sukur-sukur tebakannya benar. Makanan yang dipesan rasanya enak. Kalau tidak enak ya lain kali tidak usah dipesan lagi. Biar tidak salah pesan ya tinggal tanya saja ke penjualnya, makanan mana yang paling banyak dipesan orang.

Menu di Chinese Restaurant di Sudan
Menu di Chinese Restaurant di Sudan, bisa dibayar pakai WeChat Pay lho
Menu 1 di Chinese Restaurant di Sudan
Menu 1 di Chinese Restaurant di Sudan
Menu di Chinese Restaurant di Sudan
Menu 2 di Chinese Restaurant di Sudan
Menu di Chinese Restaurant di Sudan
Menu 3 di Chinese Restaurant di Sudan
Menu di Chinese Restaurant di Sudan
Menu 4 di Chinese Restaurant di Sudan

Saya bersama teman-teman memesan beberapa menu yang berbeda. Tujuannya adalah supaya bisa saling bertukar menu dan mencicipi satu sama lain. Trik ini wajib dilakukan oleh para perantau seperti kami karena kami sendiri belum tahu menu apa yang enak di restoran ini. Mau tidak mau harus coba-coba.

daging sapi di restoran china ebed khatim
Mencicipi masakan daging sapi di Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
kwetiau di Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
Kwetiau di Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
Chinese Restaurant di Sudan
Kwetiau siap disantap
mencicipi mie di Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
Mencicipi mie di Chinese Restaurant, Ebed Khatim, Khartoum
mie goreng di chinese restaurant sudan
Semacam mie goreng, ya kan?
chinese restaurant di sudan ramai dikunjungi orang
Chinese Restaurant ini ramai dikunjungi oleh para perantau khususnya dari Asia

Selain Chinese Restaurant ini tentu saja masih banyak restoran Asia lainnya di kota Khartoum ini. Tidak lain tidak bukan adalah langganan mie ayam kami, yaitu di Mie Ayam Bu Rumi.

Untuk masalah harga, tidak usah khawatir. Harga makanan di Chinese Restaurant ini relatif murah. Harganya berkisar antara 100 SDG hingga 150 SDG (update per 20 Oktober 2018). Porsinya sangat besar, jadi dijamin kenyang. Boleh dibilang, kalau makan bertiga, cukup pesan makanan 2 porsi saja. Lalu kita tinggal minta tambahan 1 piring kosong.

Untuk minumannya, kamu bisa pesan air mineral, atau teh khas China. Kalau mau pesan jus mangga juga bisa. Tinggal pesan ke restoran Sudan yang berada tepat di depan restoran China ini. Harganya cuma 25 SDG per 1 gelas besar. Ingat, porsi jus ini sangat besar. Ini akan menambah level kekenyangan kamu. Disarankan untuk tidak makan dari siang supaya pesanan kamu habis dimakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *