Contoh Format CV Yang Kreatif dan Tidak Membosankan

Beberapa minggu terakhir ini saya banyak dikirimi CV dari beberapa teman dan saudara yang ingin melamar kerja di grup tempat saya bekerja. Di awal sudah saya minta, tolong kirim dulu contoh format CV yang dimiliki sekarang seperti apa. Saya harus jujur, hanya sedikit yang memberikan contoh format CV yang kreatif, unik, dan lain daripada yang lain.

Beberapa teman yang saya kenal kreatif, mereka mengirimkan format CV yang lain daripada yang lain. Ada juga beberapa orang yang mengirimkan format CV yang biasa-biasa saja, padahal ia sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama.

contoh format cv yang kreatif 2
Lolos tidaknya seseorang dalam tes rekrutmen kerja berawal dari format CV-nya

Mengapa masih ada orang yang mengirimkan CV dengan format yang biasa-biasa saja? Apakah contoh format CV yang kreatif di internet susah ditemukan? Kalau pun kesulitan, masih ada tempate CV dari Microsoft Word yang bisa kamu pakai.

Ada beberapa alasan tentunya yang membuat orang-orang tersebut belum mampu membuat CV yang kreatif. Ada beberapa saran yang bisa saya berikan supaya daya kekreatifan kita bisa meningkat.

1. Perbanyak baca

Membaca dalam hal ini adalah membaca buku, membaca majalah, membaca berita di internet, dan sebagainya. Pahami betul bagaimana editor tersebut membuat tata letak untuk artikelnya, gaya bicaranya, sudut pandangnya, dan lainnya. Amati-Tiru-Modifikasi.

2. Optimalkan fasilitas di Microsoft Office

Ada banyak sekali fasilitas tersembunyi di Microsoft Office, baik itu di Microsoft Word, Microsoft Excel, atau bahkan Microsoft Powerpoint. Padahal semua tools untuk membuat suatu format tulisan atau laporan sudah tersedia di sana. Kita tinggal pakai template yang ada. Modifikasi sedikit. Tambahkan sedikit polesan pada bagian ini dan itu. Maka kamu bisa membuat contoh format CV yang kreatif dan tidak membosankan.

3. Membaca Quora

Quora adalah salah satu media untuk saya belajar banyak hal langsung dari ahlinya. Yang jago soal blog, maka saya follow soal #blogging di Quora. Ada juga yang ahli soal investasi saham dan reksadana, maka saya ikuti akun mereka di Quora.

4. Follow akun kreatif di Twitter

Saya mengikuti akun-akun @NeilPatel @VallaAfsar @ProBlogger dan lainnya untuk belajar soal blog dan content marketing. Saya juga follow akun @pinot @ditut @Strategi_Bisnis @ivanlanin dan sebagainya, mereka adalah salah satu contoh content creator dari Indonesia. Dari merekalah saya belajar.

5. Belajar membuat CV sedari dini

Tips kelima ini khusus untuk teman-teman yang masih kuliah atau sekolah. Kita semua tahu, di kampus atau sekolah, banyak dosen/guru tidak pernah mengajarkan cara membuat CV yang bagus. Workshop soal penulisan CV juga masih sedikit. Mereka tidak tahu bagaimana cara memiliah data mana yang perlu di-share di CV dan mana yang tidak.

Di jaman yang serba digital ini, kita perlu garis bawahi bahwa, satu data kamu yang tersebar di internet bisa disalahgunakan oleh orang lain. Scan copy KTP, KK, SIM, dan sejenisnya bisa dipakai untuk mendaftar layanan hutang online. Untuk detail mengenai hal ini, akan saya buat tulisan/artikel khusus.

Maka dari itu, saya hendak membagikan Contoh Format CV Yang Kreatif dan Tidak Membosankan ini.

Ada 3 contoh CV yang saya sebenarnya saya ambil dari template di Microsoft Word. Saya ubah sedikit dan saya tambahkan satu dua hal supaya makin bagus.

Silakan diunduh pada tautan berikut ini:

Bagi yang ingin menggunakan Format CV Europass juga bisa mengunduh pada tautan berikut:

Silakan disebarluaskan contoh CV ini kepada teman-teman atau adik kelas yang sedang mencari pekerjaan formal.

Bagi yang ingin mendapatkan contoh CV ini lewat email, boleh kirim email ke saya di rohmatsyahru@gmail.com. Nanti akan saya kirimi.

Be creative. Be productive.

2 thoughts on “Contoh Format CV Yang Kreatif dan Tidak Membosankan

  1. Bener banget sih, saya suka kesel ketika sortir cv yang masuk isinya berantakan dan bahkan bertele-tele informasinya. padahal liat contoh cv keren di google image juga bukan cuma ada, tapi buaanyaakk 😀

Leave a Reply