Berfoto di Cairo International Book Fair 2015

Cairo International Book Fair 2015, Tempat Seru Berburu Buku

Cairo International Book Fair adalah pameran buku terbesar kedua di dunia setelah Hamburg International Book Fair. Berbagai penerbit utama dari berbagai belahan dunia membuka stand di acara ini. Mulai dari yang berbahasa Arab, Inggris, Rusia, dll. Untuk karangan berbahasa Indonesia saya tidak menemukannya, barangkali penerbit macam Gramedia, Republika, Mizan Group, dll tidak ikut kali ini.

Cairo International Book Fair 2015 ini adalah helatan yang ke-46. Dibuka pada tanggal 28 Januari 2015 dan ditutup pada tanggal 12 Februari 2015. Pameran ini dikunjungi oleh orang dari berbagai negara. Ada yang khusus datang dari Saudi Arabia, Jordan, Libya, dll hanya untuk berburu buku. Belum lagi animo pengunjung dari dalam negeri. Meski angka buta huruf di Egypt masih cukup tinggi (Indonesia jauuuh lebih baik) tapi animo masyarakat lumayan tinggi untuk membeli buku.

Di CIBF 2015 kita bisa mencari buku yang usianya lebih dari 100 tahun. Saya sendiri dapat buku terbitan 1924 dengan harga cukup 10 pound Egypt atau sekitar 16.000 rupiah. Cukup murah bukan? Buku-buku bekas ini diletakkan begitu saja di rak, kita sendiri yang harus pintar mencari dan menawar. Teman saya bahkan dapat buku terbitan 1890. Umurnya lebih dari 100 tahun. Gila bukan?

Disini kamu bisa mendapatkan buku tua, saya sendiri mendapatkan buku terbitan tahun 1900. Percaya?

Saya agak penasaran, kenapa buku dengan umur lebih dari 100 tahun tapi kondisinya masih cukup layak untuk dibaca. Selidik punya selidik, kondisi iklim di Egypt yang panas dan berkelembaban rendah membuat buku lebih awet disimpan. Kita bisa bandingkan dengan kondisi di Indonesia yang kelembabannya tinggi, buku jadi rentan rusak dan dimakan kutu.

Acara ini dibuka dari pagi hari pukul 08.00 AM hingga sore hari pukul 05.00 PM. Sebaiknya kamu berangkat dari pagi hari, karena biasanya di sore hari buku-bukunya tinggal sedikit. Dan jangan pergi menjelang acara ini berakhir karena bisa-bisa buku yang kamu incar sudah diambil orang. Dan kebanyakan memang stand buku yang ada sudah tutup duluan ketika stok bukunya sudah habis.

Jadi apa tahun depan kamu ingin pergi ke acara ini?

Donor darah di CIBF 2015

Leave a Reply