Ziarah ke Masjid Imam Syafie di Cairo

masjid-imam-syafie

Masjid Imam Syafie berada di Cairo, Egypt. Pertama kali saya kesana pada libur awal musim semi 2015. Lokasi masjid ini berada di tengah perkampungan penduduk, yang boleh dibilang, perkampungan kumuh. Kamu bisa langsung mengetik keyword Masjid Imam Syafie, Cairo, Egypt untuk menemukan lokasi masjid ini lewat Google Maps.

Lokasi Masjid Imam Syafie : https://goo.gl/maps/NH7HWpKbjnz

Map Masjid Imam Syafie
Map Masjid Imam Syafie

Bila kamu membawa mobil sendiri, kamu bisa melaluinya lewat Salah Salem Road. Kemudian ketika kamu melewati kawasan Sayida Aisha, langsung saja tanya pada orang dimana masjid ini berada. Namun bila kamu menggunakan kendaraan umum, maka carilah angkutan umum yang membawa kamu ke arah Sayida Aisha. Dari terminal Sayida Aisha kamu bisa menyewa Tuktuk, angkutan bajai. Ongkosnya berkisar 5-10 pound dari terminal Sayida Aisha menuju masjid ini. Pintar-pintar saja menawar.

Kesan pertama yang kamu lihat ketika pertama kali masuk ke dalam Masjid Imam Syafie adalah kondisi masjidnya yang kurang terawat. Kamu akan melihat banyak sekali kotoran burung yang berceceran di dalam masjid dan jalan menuju makam Imam Syafie. Kalau boleh jujur, pemerintah Mesir memang kurang begitu peduli dengan kondisi masjid yang bersejarah ini. Bukan hanya masjid ini, namun banyak sekali situs-situs bersejarah yang terbengkalai. Bahkan Piramida yang merupakan salah satu 7 keajaiban dunia juga tidak dirawat dengan baik.

Pada dasarnya masjid ini cukup tenang dan bisa dijadikan tempat untuk beristirahat, belajar, atau sekedar bermuhasabah. Pada musim-musim ujian, atau bulan Ramadhan masjid ini akan dipenuhi oleh orang-orang .

Di dalam masjid ini, lebih tepatnya di sebuah ruang di dalam masjid terdapat makam Imam Syafie. Salah satu imam dari 4 imam mazhab dalam Islam. Ruangannya tenang dan berbau harum. Cukup banyak juga pengunjung pada waktu itu. Ada yang sedang berdzikir, ada yang sedang bermunajat, ada pula yang cuma tidur di sekitar makam. Mungkin kelelahan karena lama berdzikir.

Perbanyaklah berdzikir dan sholat sunnah di masjid ini. Tidak bisa dipungkiri, masjid ini adalah masjid kekasih Allah.

Ketika hendak pulang, sisihkan uang kecil kamu dan berikan kepada para pengemis yang berada di sekitar masjid. Ya, masjid ini memang ramai oleh pengemis. Berikan saja 2 atau 3 pound, mereka akan bahagia sekali.

Dan hati-hati dengan sepatu kamu. Awas menginjak kotoran kuda atau keledai 😀

makam-imam-syafie
Makam Imam Syafie

Leave a Reply