Muizz Street, Kawasan Kota Tua Cairo

Street Painter in the Muizz Street

Muizz Street terletak di dekat Khan el Khalili. Lokasi belanja yang mahsyur macam Malioboro di Yogya itu. Atau boleh juga kita bandingkan dengan Kotu: Kota Tua, yang ada di Jakarta. Sebuah lokasi unik lagi kuno di kota tua Cairo yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar jalan-jalan sore, hunting foto, atau cuci mata.

muizz street always crowded
Muizz Street Yang Selalu Ramai

Untuk menuju tempat wisata ini kamu bisa melaluinya lewat Khan elKhalili. Jalan ini membentang dari utara ke selatan, dari mulai Bab el Futuh sampai Bab el Zuwayla. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini yaitu sehabis sholat Ashar. Saya kesana biasanya sekitar jam 2 siang. Dari rumah di Nasr City saya langsung menuju Darasah naik bis merah 80 coret. Cukup dengan bayar 1 pound. Murah sekali bukan?

Begitu sampai di Darasah, saya berjalan kaki menuju Masjid Al Azhar. Disini saya istirahat sambil menunggu waktu Ashar tiba. Tunaikan shalat Ashar di Masjid Al Azhar lalu setelah selesai langsung menuju Muizz Street. Cuma 5 menit aja kok jalan kaki. Lihat map ini ya.

Spot Asik di Muizz Street
Spot Asik di Muizz Street

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di kota tua Cairo ini. Mulai dari mengambil gambar spot-spot eksotis seperti di bawah ini. Sekedar makan es krim, makan shawarma, atau cuci mata melihat ABG-ABG lokal yang doyan selfie. Lokasi disini memang paling ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dan uniknya, turis berwajah Asia macam saya ini, sering diajak foto selfie oleh orang lokal. Seru juga kan, jadi bule, hehe..

Sabil Kuttab Khusraw Pasha
Masjid El Moez di Muizz Street, di Dekat Sabil-Kuttab Khusraw Pasha
pottery shop
Toko Gerabah

Buat waktumu terbatas di Cairo, ada baiknya kamu pergi ke Muizz Street mulai sehabis Dhuhur. Kenapa? Supaya kamu punya banyak waktu untuk berburu foto. Panjang jalan ini mencapai 1 km, jadi kamu perlu ekstra tenaga dan juga cukup waktu untuk mengunjungi semua tempat di kawasan ini.

Masjid Al Hakim near Bab el Futuh
Masjid Al Hakim di Dekat Bab el Futuh

Note :

Biaya bus Nasr City – Darasah (bis merah) : 1 pound
Biaya bus Nasr City – Darasah (bis biru) : 2 pound
Taxi Nasr City – Darasah : 20-30 pound
Es krim : 5 pound
Shawarma : 5 pound
Fatirah : 2 pound
Foto-foto : FREE

Selamat berburu foto di Muizz Street 🙂

Leave a Reply