Piramida di Egypt, Lokasi Wajib Kunjung di Cairo

Piramida di Egypt, Lokasi Wajib Kunjung di Cairo

Siapa yang tidak tahu Piramida di Egypt. Sebagai salah satu bagian dari 7 Keajaiban Dunia, Piramida di Egypt terkenal kemana-mana. Saking terkenalnya, banyak sekali film-film yang menggunakan latar tempat Piramida sebagai lokasi syutingnya. Bahkan di film Transformers, Piramida dikenalkan sebagai bagian dari teknologi alien. Lucu kan?

Piramida di Egypt ada banyak sekali. Ada yang ukurannya besar, sedang, bahkan kecil seperti monumen peringatan. Semuanya tersebar di berbagai tempat di Mesir, ada yang di gurun yang sepi, ada pula Piramida yang terletak di perkampungan. Piramida terbesar ada di kota Giza, sebuah kota dan juga propinsi di sebelah barat sungai Nil. Disini ada piramida Khufu (Cheops) yang terbesar, Kufre, dan Menkaure yang lebih kecil. Mengenai sejarahnya kalian browsing sendiri saja.

Berpose di dekat Piramida Giza

Tiket masuk ke Piramida adalah sebesar 1 LE (pelajar Mesir) dan 2 LE (warga umum Mesir).

Tiket untuk warga asing kalian tahu berapa? Yaitu 80 LE untuk turis asing dan 40 LE untuk pelajar/mahasiswa asing. Tidak lupa para pelajar/mahasiswa ini harus menunjukkan kartu pelajarnya kepada penjaga. 80 LE termasuknya mahal, apalagi untuk ukuran mahasiswa, heuheu.. Saya ke Piramida bukan sebagai seorang mahasiswa, karena saya status saya memang bukan mahasiswa lagi. Lalu bagaimana cara mendapatkan harga tiket dengan murah?

Saya meminjam kartu pelajar milik teman Al Azhar. Alhamdulillah saya cukup bayar 40 LE, yang 40 LE sisanya bisa buat beli jajan. Pinjam-meminjam kartu pelajar untuk berlibur di Mesir sudah menjadi kebiasaan. Polisi sebenarnya sudah tahu trik ini, tapi mereka tidak mempermasalahkannya. Mungkin dalam pikiran mereka, “Kasian mereka, kartu pelajar saja pinjam, pasti mereka tidak punya uang”.

Oh iya. Kalau kalian datang ke Mesir dengan cara backpacker, kalau mau irit ya begitu. Pergilah ke tempat wisata dengan membawa kartu pelajar. Keuntungannya apa? Tiket masuknya bisa diskon 50% bahkan gratis. Yang penting pintar ngobrol aja dengan penduduk lokal. Dengan bahasa Arab Amiyah tentunya 😀

Berpose di depan Sphinx
Piramida Saqqara

2 Comments


    1. silakan mas. kalau ada rejeki sekalian keliling timur tengah mas. dari mekkah, madinah, lanjut cairo, sekalian ke istanbul mas. hehe..

      Reply

Leave a Reply