October 20, 2018

Fasting time around the world 2018

Family meal in Ramadan

Saya mencoba melakukan riset dengan mengambil data dari www.islamicfinder.org/ untuk mengetahui lama periode atau durasi berpuasa dari beberapa kota besar negara di dunia. Data itu saya rangkum dalam fasting time around the world 2018.

Periode berpuasa dihitung mulai adzan Subuh (Fajr) hingga waktu adzan Maghrib tiba. Waktu yang diambil adalah waktu hari pertama puasa alias 1st day of Ramadan pada tanggal 17 May 2018. Tentu saja waktu berpuasa ini bisa berbeda satu sama lain dikarenakan sumber waktu yang diambil. Saya sendiri mengambil dari IslamicFinder.org.

Fasting time around the world 2018 a
Fasting time around the world 2018 by graphic
Fakta fasting time around the world 2018

Di beberapa negara, jarak antara matahari terbenam dan matahari terbit begitu dekat, yaitu kurang dari 4 jam. Artinya, begitu kita berbuka puasa, menjalankan salat Maghrib, salat Isya, salat Tarawih, sehabis itu langsung makan sahur. Jadi tidak ada waktu untuk tidur malam. Tidur bisa dilakukan selepas makan sahur atau siang hari sepulang bekerja.

Sementara di belahan bumi yang lain, puasa begitu cepat. Sebagai contoh di New Zealand, mereka berpuasa 11 jam 28 menit. Durasi puasa yang cepat ini disebabkan karena mereka berada di belahan bumi selatan. Sebagaimana yang kita ketahui, pada bulan Mei matahari sedang berada di belahan bumi bagian utara. Lokasi mereka yang jauh dari matahari membuat siang harinya lebih pendek dibanding malam hari.

Fasting time around the world 2018
Fasting time around the world 2018 by table

Note: Data ini diambil pada hari pertama Ramadan, yaitu pada tanggal 17 Mei 2018. Format waktu dalam ‘hh:mm’.¬†

Melihat tabel di atas pasti teman-teman bisa memahaminya bukan? Bisa dibayangkan apabila mereka yang bekerja di sektor pertambangan atau industri logam, pasti panas sekali. Jangan pernah berpikir bahwa mentang-mentang negara di Eropa dekat dengan lingkar kutub maka suhunya dingin. Tidak juga. Di Amsterdam, suhu di musim panas mencapai 32 derajat Celcius. Suhu udara ini tidak berbeda jauh dengan suhu udara di Bali. Jadi boleh dikatakan, cukup lumayan panas juga meskipun kota Amsterdam berada di dekat kutub utara.

Related articles

Kumpulan Motivasi – 2. Belajar

Dari air kita belajar ketenangan Dari batu kita belajar ketegaran Dari kupu-kupu kita belajar merubah diri Dari padi kita belajar rendah hati Dari Rasulullah kita belajar tentang kasih sayang yang sempurna Dan darimu aku belajar kedewasaan

Mengadu jangkrik di lapangan

Saya teringat waktu masih SD dulu. Ketika pagi hari sebelum bel masuk berbunyi, aku dan teman-temanku beramai-ramai ke lapangan. Mencabut batang bunga rumput, lalu menjadikannya joran untuk memancing semut hitam. Semut-semut yang sudah didapat lalu dimasukkan ke dalam plastik dan membawanya ke dalam kelas. Ketika waktu istirahat tiba, anak laki-laki beramai berkumpul di kelas. Mencabut […]

Leave a Reply