October 20, 2018

9 Foto Masjid Amr Ibn al As Cairo, Masjid Pertama di Benua Afrika

Masjid Amr Ibn Al As di Old Cairo

Masjid Amr Ibn al As (Arabic: جامع عمرو بن العاص‎) adalah masjid pertama yang didirikan di Cairo, Mesir. Selain pertama di Mesir, masjid ini juga merupakan masjid pertama yang didirikan di Afrika. Amr Ibn al As adalah seorang komandan pasukan yang hidup di jaman Khalifah Umar ibn al-Khatab.

Masjid Amr Ibn al As didirikan pada tahun 641-642 M, sebagai pusat ibukota negara Mesir yang baru, Fustat. Lokasi masjid ini berada di area tenda dari komandan pasukan muslim pada waktu itu, Amr ibn al As. Salah satu sudut masjid ini terdapat makam anak Amr Ibn al-As, Abdalla ibn Amr ibn al-As. Dikarenakan adanya rekonstruksi yang berulangkali, amat sedikit bagian masjid yang bisa dianggap asli dari jaman Amr Ibn al-As.

Masjid Amr Ibn al-As Cairo berada di lokasi Old Cairo. Sebuah lokasi yang saat ini merupakan salah satu tempat kunjungan wisata dan ziarah bagi umat Muslim dan Kristen. Old Cairo adalah sebutan untuk wilayah yang saat ini dihuni oleh komunitas Kristen Koptik. Lain waktu akan kita bahas lagi.

Untuk menjangkau Masjid Amr ibn al As, paling mudah adalah menggunakan kereta listrik alias Metro. Dari stasiun besar Ramses Station kita bisa naik jurusan Metro ke stasiun Mar Girgis. Dari stasiun Mar Girgis kita tinggal tanya orang saja dimana Masjid Amr ib al As berada.

cairo metro map 2018
Cairo Metro Map 2018
Struktur Masjid Amr Ibn al As

Bentuk Masjid Amr Ibn al-As Cairo berbentuk persegi. Panjang 29 meter dan lebar 17 meter. Masjid ini dibangun dengan menggunakan batu dan batu bata. Lalu ditutup atau menggunakan atap dari kayu dan daun kurma. Lantainya menggunakan pecahan batu kecil yang diplaster.

Sebagai masjid pertama dan tertua di Benua Afrika, masjid ini wajib untuk kamu kunjungi. Masjid ini juga tidak begitu ramai dipakai ketika shalat, kecuali shalat Jum’at.

Mau lihat seperti apa foto-fotonya.

the gate of amr ibn al-as mosque
Pintu masuk ke dalam Masjid Amr ibn al-As, Cairo
reading a quran in the chair of Masjid Amr ibn al-As, Cairo
Membaca Al Qur’an di sebuah kursi di Masjid Amr ibn al As, Cairo
arcade in the Masjid Amr ibn al-As, Cairo
Struktur Masjid Amr ibn al As, Cairo
Masjid Amr ibn al-As, Cairo
Masjid Amr ibn al-As, Cairo pada bagian menuju ke mihrab
a place to have wudu in the center of masjid
Tempat mengambil air wudhu yang berada di bagian tengah masjid
reading a Quran in the Masjid Amr ibn al-As
Membaca Qur’an di Masjid Amr ibn al-As
view of masjid amr ibn al-as from outside of masjid
Pemandangan Masjid Amr ibn al-As dari bagian luar. Foto diambil dari bagian luar komplek kamar mandi dan tempat wudhu
view of masjid amr ibn al as from outside
Pemandangan masjid dari bagian luar
take a picture in front of masjid amr ibn al as
Berfoto bersama di depan Masjid Amr ibn al As, Cairo

Baca juga >> Mengunjungi Aswan, Egypt dan Melihat Kuil Abu Simbel

Related articles

Merayakan Idul Adha di Egypt

Lebaran Idul Adha di Egypt tahun 2015 ini jatuh pada hari Kamis, 17 September 2015. Dan disini, lebaran itu serentak. Tidak ada yang namanya duluan atau belakangan. Lha wong acuannya kan satu, wukuf di padang Arafah itu. Beda mazhab (Syafi’i, Maliki, Hambali, Hanafi) tidak menjadikan orang Egypt berbeda soal penentuan hari raya. Karena memang pemerintah disini tegas. […]

Alexandria 10K Race 2015 by Alex Runners

  Bisa mengikuti ajang lari Alexandria 10k Race 2015, berlokasi di tepi laut Mediterania adalah sebuah pengalaman yang tidak ternilai harganya. Waktu itu adalah awal musim dingin. Diawali dengan iseng browsing mengenai klub lari di Egypt, saya menemukan klub lari Alex Runners. Dan saya mengenal lebih dulu Alex Runner dibanding Cairo Runner. Kamis malam, 22 […]

4 Comments

    1. Masjid di Cairo dan Egypt pada umumnya adalah masjid yang sudah berusia ratusan tahun. Wajar banyak turis yang ingin datang berkunjung. Dan pemerintah di sini memang tidak membeda-bedakan agama apa yang mau masuk ke masjid. Begitu pun saya, saya bisa masuk ke geraja dan sinagog. Petugas pun tahu bahwa kita ini turis.

    1. Belum ada literatur yang menyebutkan berapa kali masjid ini direnovasi mas. Saya sendiri melihat masjid ini kurang terawat. Pada beberapa bagian masjid sudah ada yang rusak, kotoran burung ada di beberapa tempat, kondisi toilet yang kotor dan sebagainya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: