Gum Arabic Sudan Sebagai Bahan Baku Industri

Gum Arabic Sudan Sebagai Bahan Baku Industri

Banyak orang belum tahu apa itu Gum Arabic. Apa itu sebenarnya gum arabic? Gum arabic adalah getah yang sudah yang mengering dan menjadi keras yang berasal dari jenis pohon akasia seperti Acacia senegal, Acacia laeta dan Acacia seyal . Ketiga jenis pohon tersebut tumbuh di daerah Sudan, Sudan Selatan, Chad, Central Africa dan West Africa.

Lihat juga Gum arabic Sudan.

Peta persebaran pohon Gum Arabic di benua Afrika

Gum arabic biasa digunakan pada industri makanan dan industri pharmaceutical sebagai emulsifier dan stabilizer. Kamu mungkin pernah menemui beberapa makanan seperti toffee dan caramel mengandung gum arabic dimana gum arabic berfungsi sebagai emulsifier. Jika kamu penasaran kenapa jelly bisa menjadi begitu kenyal, berasa seperti buah, maka kamu harus tahu bahwa ada bahan tambahan yang berbahan gum arabic.

Gum arabic diketahui bisa meningkatkan serat larut pada makanan rendah kalori dan minuman diet. Hampir 80% gum arabic yang ada di pabrik diperoleh dari gum arabic jenis Acasia Senegal sisanya 20% diperoleh dari dua jenis Acasia Seyal dan Acasia Laeta.  Getah yang diperoleh dari jenis Acasia Senegal biasa disebut “hard gum” atau gum keras sedangkan getah yang diperoleh dari neis Acasia Seyal disebut sebagai “flaky gum” atau gum yang mudah hancur. Para pedagang juga biasa menyebutnya dengan nama “hashab gum” untuk gum dari jenis Acasia Senegal dan “talha hum” untuk jenis Acasia Seyal.

Pohon Gum arabic di habitat aslinya berguna sebagai pelindung pertanian dan pelindung rumah penduduk dari angin kencang. Pohonnya yang kuat dan kayunya yang liat membantu memecah angin atau sebagai wind break. Daerah sub sahara yang gersang memiliki tiupan angin yang amat kencang, baik siang maupun malam. Pohon Gum arabic ditanam sebagai pagar tanaman untuk melindungi tanaman gandum, sorghum, millet, sesame, kacang-kacangan, dan sebagainya. Selain itu akarnya juga membantu menyuburkan tanah karena ikut mengikut unsur nitrogen bebas.

Leave a Reply