October 20, 2018

Hagia Sophia di Turki, Dari Gereja, Jadi Masjid, Lalu Jadi Museum

Dalam perjalanan saya mengunjungi kota Istanbul, Hagia Sophia adalah tempat yang menurut saya paling mengesankan. Bangunan yang dulunya gereja, lalu diubah peruntukannya menjadi masjid, dan terakhir dijadikan museum adalah salah satu peninggalan sejarah yang amat indah. Hagia Sophia di Turki menjadi cita-cita saya sejak kecil untuk saya kunjungi. Dan sekarang saya berkesempatan berkunjung ke sana.

Hagia Sophia memiliki arti holy wisdom. Hagia Sophia begitu indah dan canggih karena dibangun tanpa menggunakan rangka besi. Pada abad ke-3 ini adalah sebuah kemajuan teknologi yang patut diacungi jempol. Hagia Sophia di Turki memiliki panjang bangunan 82 meter dan lebar 73 meter. Tinggi kubahnya mencapai 33 meter dan kubah utama menjulang hingga 55 meter. Tinggi ini setara dengan bangunan 18 lantai pada era saat ini.

hagia sophia old picture
Foto Hagia Sophia di Turki jaman dulu

Hagia Sophia di Turki  didirikan pada tahun 360 A.D di jaman Romawi yang waktu itu diperintah oleh Raja Constantius II. Secara lebih lengkap, linimasa Hagia Sophia adalah sebagai berikut:

  • 360 A.D- Peresmian Hagia Sophia, oleh Raja Constantius II.
  • 404 A.D- Atap Hagia Sophia runtuh karena kebakaran.
  • 415 A.D- Hagia Sophia direnovasi oleh Raja Theodious II.
  • 532 A.D- Hagia Sophia terbakar dan runtuh lagi. Rangka dan gerejanya hancur. Rekonstruksi dimulai setelah 93 hari.
  • 537 A.D- Rekonstruksi selesai dilakukan dengan dekorasi dan ornamen yang lebih mewah.
  • 553 A.D- Sebuah gempa bumi mengguncang, kubah bagian timur retak.
  • 558 A.D- Gempa bumi lain mengguncang dan mengakibatkan retaknya kubah menjadi 2 bagian. Beberapa bulan kemudian, kubah utama runtuh bersamaan dengan runtuhnya kubah timur. Ini menyebabkan hancurnya ambo, ciborium, dan Meja Suci.
  • 562 A.D- Rekonstruksi selesai.
  • 726 A.D- Gambar ilustrasi keagamaan dan patung-patung dilucuti dari Hagia Sophia.
  • 842 A.D- St Sophia kembali dipasang. Dekorasi Hagia Sophia kembali dimulai.
  • 859 A.D- Kebakaran besar terjadi di Hagia Sophia.
  • 869 A.D- Gempa bumi merusak separuh dari kubah Hagia Sophia.
  • 989 A.D- Gempa bumi besar lain menyebabkan runtuhnya kubah bagian barat.
  • 994 A.D- Hagia Sophia kembali dibuka setelah dilakukan rekonstruksi.
  • 1204 A.D- Hagia Sophia diubah menjadi Katedral Katholik Roma.
  • 1261 A.D- Hagia Sophia diubah lagi menjadi Gereja Orthodox.
  • 1344 A.D- Sebuah gempa bumi sempat merusak beberapa bagian.
  • 1346 A.D- Beberapa bagian runtuh dan gereja ditutup.
  • 1354 A.D- Hagia Sophia dibuka lagi setelah renovasi.
  • 1453 A.D- Dengan jatuhnya Konstantinopel ke tangan Mohamed Alfatih, atas perintahnya Hagia Sophia diubah menjadi masjid.
  • 1573 A.D- Bagian eksterior dikuatkan dan diubah mengikuti bentuk masjid.
  • 1717 A.D- Renovasi bagian interior dimulai.
  • 1734 A.D- Hagia Sophia mengalami tambahan restorasi, yaitu bagian perpustakaan dan Sekolah Quran.
  • 1847 A.D- Hagia Sophia mengalami rekonstruksi lagi.
  • 1849 A.D- Masjid Hagia Sophia kembali dibuka.
  • 1935 A.D- Hagia Sophia diubah menjadi museum.
  • 2018 A.D- Hagia Sophia masih menjadi museum hingga saat ini.
Hagia Sophia di Jaman Muhamad Alfatih 1453

Konstantinopel ditaklukan oleh Muhamad Alfatih pada tahun 1453 M. Ada berbagai macam versi penaklukan, baik itu versi Italia, Slavia, Rusia, bahkan Turki itu sendiri. Salah satu karya terbaik yang dibicarakan banyak orang adalah versi cerita yang ditulis oleh Steven Runciman, seorang sejarawan kontemporer Inggris dalam bukunya yang berjudul A History of the Crusades.

Hagia Sophia yang sekarang adalah bangunan ketiga yang didirikan dikarenakan bangunan sebelumnya runtuh karena gempa bumi. Bangunan ini didirikan di tempat dan lokasi yang sama dengan kedua bangunan sebelumnya. Hanya saja bentuk arsitekturnya sedikit berubah.

hagia sophia di turki lebih dekat
Foto Hagia Sophia secara lebih dekat
Hagia Sophia di Turki Pada Era Modern

Hagia Sophia di Turki saat ini adalah sebuah museum. Museum ini dikunjungi lebih dari 3.2 juta pengunjung pada tahun 2015. Data ini bisa kalian ketahui dari laman http://ayasofyamuzesi.gov.tr/en/statistics.

Untuk masuk ke Hagia Sophia, museum ini buka pada jam 09.00-19.00 pada musim panas (15 April – 30 Oktober) dan buka pada jam 09.00-17.00 pada musim dingin (1 November – 14 April). Tiket masuknya adalah 40 TL.

Saat ini Hagia Sophia buka setiap hari. Kecuali pada hari pertama Ramadan dan Festival Kurban hanya buka setengah hari.

hagia sophia dari sisi yang lain
Hagia Sophia dilihat dari sisi yang lain
Beberapa Cerita Tentang Hagia Sophia Yang Tidak Banyak Orang Tahu
  • Hagia Sophia di Turki merupakan karya agung. Dalam buku By The Mouth of Evliya Celebi: Hagia Sophia diceritakan tentang banyak hal mengenai sejarah Hagia Sophia. Salah satu diantaranya adalah Nabi Khidir lah yang mengajari bagaimana cara membangun Hagia Sophia. Nabi Khidir mengajari Raja Vezendon supaya bisa membangun bangunan tersebut.
  • Ketika Nabi Muhammad SAW lahir, kubah Hagia Sophia hancur. Bukan hanya itu, kubah gereja Red Apple di Spanyol juga hancur. Orang Kristen kala itu mengakui bahwa ini adalah pertanda Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia.
  • Kubah Hagia Sophia yang hancur direnovasi dengan menggunakan campuran dari air ludah Nabi Muhammad SAW. Utusan dari Konstantinopel dikirim ke Mekkah untuk meminta air ludah Nabi Muhammad SAW yang kala itu masih berumur 12 tahun. Awalnya mereka mencari di Damaskus karena sebelumnya kakeknya, Abu Talib membawa Nabi Muhammad SAW berdagang ke Syria. Karena tahu Nabi Muhammad SAW sudah beranjak dari Damaskus, utusan yang berjumlah 300 orang tersebut menyusulnya ke Mekkah. Dengan membawa air ludah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah pot, tanah Mekkah, air zamzam sejumlah 70 keranjang dalam unta, rombongan tersebut kembali ke Konstantinopel. Dengan semua bahan tersebut, akhirnya usaha perbaikan kubah Hagia Sophia menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya yang gagal terus.
  • Pintu Hagia Sophia dibuat dengan menggunakan kayu dari kapal Nabi Nuh AS.
  • Hagia Sophia memiliki 361 pintu, baik di dalam maupun di luar. Dari jumlah tersebut ada 101 yang berukuran besar. Semua pintu tersebut ajaib. Ketika kamu menghitung jumlah pintu tersebut, maka 1 pintu akan muncul. Meskipun kamu memberinya tanda, misalnya cat, 1 pintu tanpa tanda akan tetap muncul. Sungguh magis.
  • Hagia Sophia memiliki 1070 jendela. Kamu bisa menghitungnya kalau mau.
  • Dahulu kala, ada sebuah kerajaan dari Spanyol yang menyerang kota Konstantinopel. Mereka membawa seluruh harta dan emas dari Hagia Sophia menggunakan kapal menuju ke Spanyol. Ketika berada di laut, kapal tersebut terkena badai hebat dan seluruh muatan harta, perhiasan dan emas tersebut tenggelam ke dalam laut. Lokasi tenggelamnya kapal tersebut dipercaya berada di sekitar Prince Islands. Di kemudian hari, kapal yang tenggelam ini ditemukan oleh Croesus, seorang non-muslim. Ia menjadi kaya raya. Dan hingga saat ini kita ketahui bahwa daftar orang-orang kaya di dunia diduduki oleh orang-orang non-muslim.
  • The golden sphere atau kubah emas di Hagia Sophia adalah obat untuk hilang ingatan atau obat mudah lupa. Percaya atau tidak, ada tempat yang dipercaya untuk meningkatkan memori dan kecerdasan di Hagia Sophia. Kamu bisa mencobanya dengan cara berdoa di bawah kubah yang berada di tengah bangunan sambil berdoa Allahumma ya kashif al-mushkilat wa ya alimus’s-sirr wa’l-hafiyyat sebanyak 3 kali dan memakan 7 buah anggur hitam. Atas ijin Allah, kamu akan memiliki pikiran yang cerdas, dewasa dan bijak.

Dan masih banyak lagi keajaiban lain dari Hagia Sophia. Kamu bisa membaca bukunya yang dijual di berbagai toko di Istanbul. Bagaimana, kamu tertarik untuk mengunjungi Hagia Sophia di Turki?

Baca juga >> 10 Tempat Wisata di Istanbul Turki Yang Wajib Kamu Kunjungi

lafal Allah dan Muhammad di hagia sophia
Lafal Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW di dalam Hagia Sophia
pemandangan hagia sophia dari lantai atas
Pemandangan Hagia Sophia apabila dilihat dari atas lantai 2
tempat khatib memberikan khutbah di hagia sophia
Mimbar tempat khatib memeberikan khutbah dan ceramah di masa lalu
ilustrasi bunda maria dan yesus di kubah hagia sophia
Ilustrasi Bunda Maria dan Yesus di sebuah kubah di Hagia Sophia
pemandangan dari salah satu jendela di hagia sophia
Pemandangan dari salah satu jendela di Hagia Sophia yang menghadap ke Laut Marmara
tempat mengambil air wudlu di depan hagia sophia
Tempat mengambil air wudlu di halaman Hagia Sophia

Related articles

Best Spot for Running in Cairo

I like to run. I run minimum 10 kilometer every week. I want to share the best spot for running in Cairo. You can choose this place if you stay in Cairo. Pyramids and Sphinx It was amazing to run near the pyramids. If you want, you can do it before 8.00 am. Because after […]

sebuah perjalanan di gurun pasir

Hidup Adalah Sebuah Perjalanan

Hidup adalah sebuah perjalanan. Menyusuri jalanan berliku dan penuh dengan lalu lalang kepentingan. Kadangkala kita akan berjalan di sebuah jalan beraspal yang mulus dan lurus, sehingga kita bisa menumpang mobil lewat agar cepat sampai. Namun di sebuah persimpangan mobil tersebut harus belok kiri, padahal tujuan kita ke kanan, maka turunlah kita dan melanjutkan tersebut kembali […]

5 Comments

    1. Ayo mas Gallant. Segera berkunjung ke Turki mumpung nilai tukar Lira lagi merosot banget lho. Sering-sering aja buka websitenya Emirates atau maskapai lainnya untuk cari tiket promo. Pengalaman saya, terbang dari Kualalumpur lebih murah dibanding terbang dari Jakarta. Untuk transitnya menyesuaikan saja pakai maskapai apa 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: