Itinerari Kunjungan di Qatar 1 hari dan 3 hari

Itinerari kunjungan di Qatar 1 hari atau 3 hari ini adalah lanjutan dari tulisan saya yang kemarin soa Visa Transit di Qatar untuk para pemegang paspor Indonesia, kali ini saya akan share mengenai: Tempat mana yang bisa dikunjungi di Qatar dalam waktu 1 hari, atau bahkan 3 hari jika kamu mau. Secara khusus tulisan ini adalah itinerari kunjungan di Qatar 1 hari dan 3 hari.

Baca juga >> Bebas Visa ke Qatar untuk WNI

Itinerari kunjungan di Qatar 1 hari dan itinerari kunjungan di Qatar 3 hari yang saya tulis ini adalah hasil kutipan dari website www.visitqatar.qa. Untuk versi bahasa Inggrisnya bisa teman-teman baca di website tersebut. Kali ini saya tuliskan versi bahasa Indonesianya. Tulisan ini juga sekaligus sebagai persiapan jikalau kelak bisa berkunjung dan jalan-jalan ke Qatar bersama keluarga dalam rangka FIFA World Cup 2022.

Oh iya, perlu diingat bahwa Qatar adalah tuan rumah piala dunia FIFA World Cup 2022. Kita perlu berdoa terus supaya fasilitas visa waiver dari Pemerintah Qatar untuk WNI ini tidak dicabut. Supaya apa? Supaya kita bisa menonton piala dunia di sana. Masih ada waktu 3 tahun untuk mempersiapkan semuanya.

fifa-world-cup-qatar-2022
FIFA World Cup Qatar 2022

Itinerari kunjungan di Qatar – 1 Hari

Waktu transit untuk menunggu penerbangan selanjutnya biasanya hanya berkisar 1 hari. Maka waktu 1 hari sudah cukup untuk berkeliling menikmati tempat di kota Doha.

Kita bisa menyewa sebuah mobil atau menggunakan transportasi taksi untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Qatar adalah negara kecil, jadi untuk mencapai tempat lain tidak memakan waktu lama.

Tempat yang bisa dikunjungi adalah Museum of Islamic Art, Souq Waqif, dan Katara Cultural Village. Tempat ini berada di satu tempat sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Museum of Islamic Art di kota Doha, Qatar
Museum of Islamic Art di kota Doha, Qatar

Itinerari kunjungan di Qatar3 hari

Mengutip dari website www.visitqatar.qa, kali ini ada itinerari kunjungan di Qatar selama 3 hari.

Hari 1

09:00
Petualangan dimulai dari pagi. Selepas sarapan, jam 9.00 pagi kita bisa mulai mengunjungi Msheireb Enrichment Centre di Doha Corniche. Tempat ini merupakan tempat untuk melihat masa lalu negara Qatar, masa sekarang, serta rencana pengembangannya di masa depan.  

10:30
Wisata seni bidaya berlanjut. Kali ini kamu bisa mengunjungi koleksi di Mughal dan Saffavid’s display di Museum of Islamic Art.

13:00
Siang hari ini kita nikmati dengan mengendarai  tour ‘hop on, hop off’ menggunakan bus double decker bus. Kita akan diajak berkeliling melihat tempat-tempat utama di kota Doha. Ketika tour selesai, kamu bisa beristirahat di tepi pantai di The Pearl-Qatar sambil menikmati pemandangan marina dan gedung-gedung pencakar langit di sana.

16:00
Ambil kesempatan untuk naik kapal di Doha Bay dan nikmati pemandangan Doha Corniche dan gedung-gedung tinggi di sana.

19:30
Rasakan atmosfir dan pengalaman di Souq Waqif. Datangi salah satu kios dan tawar suvenir yang mungkin kamu suka. Kamu bisa membeli kaos, perhiasan, rempah, atau sekedar ngopi dan makan di restoran dan kios yang tersedia.

Doha Bus Map - Hop On Hop Off
Doha Bus Map – Hop On Hop Off
Doha Bus - Hop On Hop Off
Doha Bus – Hop On Hop Off

Hari 2

07:00
Ambil trip keluar kota Doha. Kamu bisa mengunjungi Camel Races atau balapan unta di Al Shahaniya. Tempat ini berlokasi 20 km sebelah barat kota Doha. Selesai melihat balapan unta kamu bisa menuju Zikrit Peninsula atau Semenanjung Zikirt. Tempat ini memiliki pantai dan formasi batu yang sangat indah karena abrasi angin laut.

12:00
Al Zubarah yang berlokasi di pantai barat Qatar adalah sebuah warisan UNESCO. Al Zubarah memiliki peninggalan berupa benteng dan situs arkeologi.

13:30
Kembali ke kota Doha melewati pantai timur dan mengunjungi Al Thakira Mangroves dan kota Al Khor.

17:00
Hari yang melelahkan bisa diakhiri dengan bersantai di kolam renang di hotel. Kalau mau, kamu bisa mengunjungi salah satu kolam renang di Luxury Spas.

20:00
Habiskan malam dengan mengunjungi Katara Cultural Village. Pilih pertunjukan yang kamu sukai: musik, teater, atau pameran lukisan. Selesai menikmati pertunjukan, kamu bisa ngopi santai di café di sana.

Katara Cultural Village, Doha, Qatar
Katara Cultural Village, Doha, Qatar

Hari 3

08:00
Pagi ini bisa nikmati dengan melihat pertandingan golf di Doha Golf Club. Tempat ini adalah rumah bagi turnamen European PGA Qatar Masters.

Atau

Bersantai sambil sarapan di kolam renang hotel. Mungkin kamu terlalu lelah setelah seharian kemarin berkeliling negara Qatar dari ujung ke ujung.

13:00
Pergi ke mall dan membeli pakaian sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ada banyak mall yang bisa kamu kunjungi di kota Doha ini.

16:30
Berkendara ke selatan kota Doha, lalu berhenti di Souq Waqif Al Wakra, lalu menuju ke tepi pantai. Di tempat ini ada meeting point untuk kamu yang ingin menikmati Desert Safari-nya Qatar, dari Doha ke Khor Al Adaid, the Inland Sea.

18:00
Menikmati matahari terbenam dengan barbeque tradisional khas Qatar. Malam ini bisa kamu habiskan dengan night camping under the stars. Pilih baik-baik tour kamu, pilih yang murah boleh, piliha yang mahal juga boleh. Sesuaikan dengan budget saja. Semoga tulisan saya di atas berguna bagi teman-teman yang hendak berkunjung ke negara Qatar. Qatar adalah negara kecil secara luas wilayah, jadi waktu selama 1 hari pun sebenarnya bisa digunakan untuk menikmati obyek wisata di negara tersebut.

Souq Waqif di kota Doha, Qatar
Souq Waqif di kota Doha, Qatar

Leave a Reply