Lari pagi bersama Cairo Runners setiap Jumat

Jogging atau lari pagi bersama Cairo Runners setiap hari Jumat adalah kegiatan rutin yang saya ikuti selama berada di kota Kairo. Cairo Runners setiap minggunya memang mengadakan acara lari pagi bersama di kota Kairo. Banyak peserta yang ikut, terutama dari kalangan pelajar mahasiswa, baik itu pelajar kota Kairo maupun pelajar/mahasiswa mancanegara. Dari berbagai usia, dari anak-anak balita hingga orang tua.

Manajemen Cairo Runners saya akui cukup bagus. Mereka memiliki tim yang solid. Bagian marketing, sales, operasional, dan sebagainya. Mereka memiliki program yang bagus dan dikemas secara profesional. Mereka sudah seperti EO yang fokus pada kegiatan olahraga lari.

Baca juga >> Spot Lari di kota Kairo

Di kota Kairo ada Cairo Runners, di kota Alexandria ada Alex Runners. Saya pernah ikut even di dua (2) klub tersebut. Acaranya seru dan asik. Banyak sponsor dan acaranya selalu didatangi banyak orang.

Acara yang dihelat oleh Cairo Runners pun macam-macam. Ada acara lari 2 mingguan, Cairo Half Marathon, Seasons Run routine, running camp di tempat-tempat seru seperti di Luxor, Saint Catherine, Dahab, Taba, dan kota-kota lainnya. Cairo Runners juga memfasilitasi apabila ada yang ingin ikut event internasional seperti Beirut Marathon, Rome Marathon, dan sebagainya.

Teman-teman bisa kunjungi website Cairo Runners jika ingin tahu lebih dalam di link ini www.cairorunners.com

Lokasi Lari

Lokasi lari yang digunakan dalam acara lari pagi bersama Cairo Runners biasanya berganti-ganti. Berikut ini list tempat yang pernah digunakan untuk acara lari pagi bersama Cairo Runners :

1. Madinati

Madinati adalah kota tempat tinggal saya selama 6 bulan terakhir sebelum pergi meninggalkan Egypt. Kota ini merupakan salah satu kota elit yang berada di wilayah timur Greater Cairo.

Even lari di Madinati cukup menyenangkan. Dengan pemandangan gedung apartemen yang asri, jalan raya yang lebar, halaman rumput yang hijau, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan jogging.

Jadi, tanpa ikut even dari Cairo Runners pun sebenarnya saya sudah sering joging di tempat ini. Lha wong halaman apartemen saya punya jogging track sendiri. Hehe..

Untuk yang berkeluarga, tempat ini cukup tenang untuk menjadi tempat tinggal. Ada banyak pihak keamanan yang tersedia di tiap blok dan berpatroli secara berkala. Kendaraan umum pun tersedia jikalau ingin pergi ke pusat kota Kairo atau ingin berkunjung ke tempat teman di blok lain. Pusat belanja, food court, pusat jajanan serba ada (pujasera), dan supermarket pun tersedia di setiap blok di kota Madinati.

Lari pagi atau lari sore di Madinati sama enaknya. Apalagi di musim dingin seperti bulan-bulan Desember hingga April. Cuacanya sejuk dan tidak terlalu panas. Untuk yang  masih jomblo, Madinati juga merupakan tempat untuk mencari pasangan. Barangkali kamu tertarik untuk mencari jodoh orang Egypt yang sama-sama hobi lari, maka inilah tempatnya.

Jogging track di Madinati
Jogging track di Madinati

2. Sheikh Zayed City

Event lari kali ini disponsori oleh sebuah lembaga kanker Sodic dan Baheya. Ya, event lari ini adalah acara amal. Sebagian pendapatan yang digunakan, setelah dipotong dengan operasional tentunya, disumbangkan untuk penderita kanker.

Sheikh Zayed City berada di provinsi Giza, tepatnya di 6th October. Kota ini berada di sebelah barat sungai Nil. Sebuah kota baru yang mandiri, bersih, dan tertata rapi. Tidak seperti Giza dan Cairo pada umumnya, kota ini boleh dibilang seperti Pondok Indah kalau di Jakarta, kalau di Jogja seperti Casa Grande.

Untuk menuju Sheikh Zayed City kita disediakan bus besar kapasitas sekitar 50-60 orang. Titik pertemuan (meeting point) di Nasr City berada di halaman stadion Al Hilal. Saya berangkat pukul 6.00 pagi naik taksi dari 10th District (Hay alAshir) menuju stadion Al Hilal. Cukup bayar 10 pound saja, sekitar Rp8.000,-.

Jogging di Sheikh Zayed City
Jogging di Sheikh Zayed City

3. Nasr City

Kegiatan lari di Nasr City tepatnya ada di Khadiqah alTefl (Child Garden). Aktifitas ini dilakukan pada hari Senin malam pukul 19.00. Biasanya lari dilakukan di akhir minggu, kali ini dilakukan di tengah week days.

Saya biasa berangkat dengan naik angkutan umum nomor 86. Biaya naik angkota di Cairo sebesar 2 pound untuk jarak dekat, 2,5 hingga 3 pound untuk jarak agak jauh. Biasanya saya berangkat habis Mahrib. Sampai TKP pukul 19.00.

Acara diawali dengan pemanasan. Lari-lari kecil. Lalu terakhir lari mengelilingi taman sekitar 30 menit. Setiap minggunya, waktu larinya ditambah secara berkala. Jadi, ada peningkatan beban lari secara rutin.

Week 1 : 30 menit
Week 2 : 35 menit
..
Week 7 : 60 menit
Week 8 : 55 menit
Week 9 : 50 menit
..
Week 12 : 35 menit

Setelah kita berlari selama 4 minggu, posisi pertama (rata-rata dari urutan posisi finish setiap minggunya) akan mendapatkan sebuah hadiah berupa free gym for 1 month di salah satu tempat gym di Cairo. Menarik bukan?

Lari Senin malam di Child Garden, Cairo
Lari Senin malam di Child Garden, Cairo

Kenapa saya ikut acara ini?

Tidak lain acara even lari mingguan ini adalah persiapan untuk menghadapi Cairo Half Marathon yang diadakan tahun 2016. Jadi persiapan lari maraton itu bukan sebentar. Saya mengikuti persiapan ini selama 3 bulan. Kadang-kadang ya bolos juga terutama waktu musim dingin datang di bulan Januari.

Acara Half Marathon dilaksanakan pada bulan April 2016. Saya mengikutinya. Dan Alhamdulillah berhasil finish dengan catatan 2 jam 20 menit sekian. Not bad. Ya kan?

cairo-half-marathon-2015-route-map
Cairo Half Marathon 2015 Route Map
Berhasil-menyelesaikan-21-KM-Cairo-Half-Marathon
Berhasil menyelesaikan 21 KM Cairo Half Marathon

4. Giza

Giza berada di sebelah barat sungai Nil. Sama-sama berada di wilayah Greater Cairo namun beda kota saja. Wilayah Giza lebih terkenal dengan piramidanya. Berlari di sekeliling piramida memang seru, namun lari pagi di bagian pusat kota Giza juga tidak kalah menarik.

Pada pagi hari, udara kota Giza masih cukup sejuk sehingga bisa dipakai untuk lari pagi. Kalau sudah siang sedikit maka jadi cukup panas.

5. Gezira Island

Gezira Island merupakan sebuah pulau yang berada di tengah sungai Nil. Sungai Nil di Mesir membelah Greater Cairo menjadi dua (2), kota Cairo di timur dan kota Giza di barat. Dan di tengah belahan ini terdapat pulau yang bernama Gezira Island.

Untuk menuju Gezira Island cukup mudah. Dari Nasr City kita cukup naik angkutan umum bus besar berwarna biru jurusan Tahrir. Dari Tahrir kita cukup berjalan kaki naik ke jembatan, menyeberang sungai Nil, dan sampailah di tempat lari. Dari Nasr City biasanya saya berangkat dengan teman-teman mahasiswa Indonesia maupun Malaysia.

Event lari dimulai pukul 07.00 pagi. Jadi saya harus berangkat dari rumah pukul 06.00. Perjalanan memakan waktu sekitar 30-45 menit di hari Jumat pagi. Di hari biasa, apalagi jam kerja, jarak Nasr City-Tahrir bisa ditempuh hingga 2-3 jam perjalanan. Kota Kairo memang sudah seperti Jakarta. Macet dimana-mana meski jalan layang ada dimana-mana.

Gezira Island di tengah Sungai Nil
Gezira Island di tengah Sungai Nil

6. Piramida Giza

Berlari di piramida Giza dilakukan waktu acara 2014. Acara ini mengundang para pelari untuk berlari di gurun pasir berbatu dengan latar pemandangan piramida dan sphinx di Giza. Menarik bukan?

Berlari di sekitar piramida kelemahannya cuma satu. Panasnya bukan main. Di gurun pasir memang tidak ada pohon atau gedung peneduh, jadi ya persiapan fisik dan pakaian harus lebih ekstra. Memakai topi adalah wajib. Kacamata berwarna gelap juga mesti dipakai supaya pandangan tidak silau dan kabur.

Lari di komplek piramida Giza
Lari di komplek piramida Giza

Itulah beberapa kegiatan lari yang dilakukan di kota Cairo. Sebenarnya masih banyak tempat lain yang dijadikan lokasi lari. Namun sayangnya saya belum sempat mencicipi track larinya karena sudah keburu pindah ke Sudan.

Baca juga >> Welcome to Sudan

Kalau kamu sedang traveling ke Cairo dan ingin mencoba hal yang unik. Kamu bisa coba cari tahu event apa yang sedang dilakukan oleh Cairo Runners di minggu-minggu tersebut. Kunjungi saja:

Website: www.cairorunners.com
Address: District 1, St 2, Villa 125, Fifth Settlement, New Cairo
Mobile: +201069517982

Selamat berlibur di hari Jumat dan selamar berlari.

Leave a Reply