Liburan di Sudan, Habiskan Waktu di Akhir Pekan

Senja di Sungai Nil di kota Khartoum

Liburan telah tiba. Dan sudah lebih dari 30 hari saya berada di Sudan. Negara yang dulu kaya minyak tapi sekarang merana kena embargo dari USA. Cerita ini adalah pengalaman saya menghabiskan waktu liburan di Sudan dengan cara memancing di sungai Nil.

Baca juga: Welcome to Sudan.

Ketika hari libur, hiburan apa yang tersedia di Khartoum, Sudan? Pertanyaan ini bikin ndlogok. Kenapa? Soalnya memang di Khartoum ini minim hiburan. Mentok yang ada disini adalah Afra Mall. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Afra Mall adalah mall terbesar di Sudan yang sebenarnya besarnya cuma seukuran Mall Galeria di Yogyakarta. Ada juga namanya Green Yard, semacam taman kota yang asri. Nanti kita bahas soal taman hijau ini di chapter yang lain.

Memancing di Sungai Nil

Liburan di Sudan kali ini, tepatnya tanggal 10 Maret 2017, kami gunakan untuk memancing ikan di sungai Nile. Kami ber-5 berangkat mancing. Saya sendiri, Pak Nanang (teman kerja 1), Pak Abdullah (teman kerja 2), Khusnul (mahasiswa Universitas Afrika), dan Budi (mahasiswa Universitas Afrika), menggunakan mobil sedan Hyundai milik Pak Abdullah kami berangkat jam 8.00 am membawa bekal yaitu joran (pinjam Pak Abdullah), umpan ikan berbentuk cacing (dibeliin Pak Abdullah), pokoknya semuanya disiapkan Pak Abdullah. Saya cuma bawa badan doang. Hehehe…

liburan-naik-kapal-di-sungai-nile
Liburan di Sudan – Naik Kapal

Spot mancing di Khartoum berada di pulau di tengah sungai Nile, tepatnya di daerah Real Masri. Untuk menuju lokasi mancing kami harus menyewa boat. Ongkos naik boat PP cuma 5 pound Sudan per orang, alias 0.36 USD. Lumayan murah.

liburan-fishing-in-nile-river
Fishing in Nile River

Memancing di Sungai Nile harus ekstra pintar karena banyak pesaing disana. Rupanya orang Sudan pun gemar mancing. Karena itu kami memilih spot yang sepi pengunjung. Bukan hanya orang Sudan, tetapi ada juga orang-orang Syiria yang datang. Mereka adalah para pengungsi yang datang ke Sudan.

nile-river
Air Sungai Nile Mengalir Sampai Jauh

Saya tidak sempat mengambil foto orang Sudan yang sedang memancing. Saya takut dianggap penjahat karena mengambil foto tanpa ijin disini bisa berujung ke polisi.

Selesai memancing kita, maaf saya tidak sempat ambil foto ikan yang berhasil kami pancing. Hari ini memang agak sial, cuma dapet ikan 4 ekor itu juga cuma ikan segede jempol bayi. Hadehh… Semoga lain waktu lebih beruntung. Salam mancing mania.

Leave a Reply