Mana yang lebih mudah digunakan Blogspot atau WordPress?

Mana yang lebih mudah digunakan Blogspot atau WordPress. Pertanyaan ini akan muncul pertama kali pada teman-teman yang baru pertama kali menulis blog. Jujur, saya sendiri pun mengalami hal ini dulu.

Saya pun akhirnya mencari banyak informasi mengenai keunggulan dan kelemahan dari platform Blogspot maupun WordPress. Semakin lama saya mencari keunggulan dan kelemahan ini, blog tak jadi dibuat. Malah semakin bingung sendiri.

Baca juga:

wordpress-logo-bicycle
wordpress-logo-bicycle

Saya akhirnya menginstall Blogspot dari Google

Pada akhirnya saya membuat blog pertama saya menggunakan platform Blogspot. Blog saya tersebut adalah cikal bakal blog yang saat ini bisa teman-teman ketahui dengan tautan bernama rohmatsyahru.blogspot.com.

Sebelum membuat blog rohmatsyahru.blogspot.com pun sebenarnya saya pernah membuat sebuah blog, tepatnya waktu masih SMA. Saat itu blog saya bernama guramehmajumundur.blogspot.com. Ini adalah blog media promosi tugas Kewirausahaan yang mana saat itu kami berempat (Saya, Lukman, Fauzi, dan Satria) membuat usaha patungan usaha peternakan ikan gurameh.

Lama kelamaan makin banyak saja blog yang saya buat. Tidak lain tujuannya masing-masing adalah untuk media promosi. Karena dari dulu saya memang hobi membuat suatu usaha, meski kecil-kecilan, lalu saya buat blognya.

logo-blogger-transparan
Logo Blogger

Dan saya pun mengintall WordPress

Blog pertama saya di platform WordPress adalah mametsaru.wordpress.com. Blog ini dibuat hampir bersamaan dengan blog rohmatsyahru.blogspot.com. Semakin banyaknya pembaca, viewers, dan komentar di blog WordPress saya, saya memutuskan untuk membeli hosting dan domain sendiri di tahun 2017. Inilah kali pertama saya membeli hosting dan domain.

Pada akhirnya, inilah blog yang teman-teman baca: www.redhatblog.com.

Hingga saat ini, blog dengan hosting dan domain berbayar yang saya miliki, saya gunakan platform WordPress untuk mengisi kontennya. Saya sudah terbiasa menggunakan Wordpress, jadi rasanya memang sudah begitu familier.

Akun di Blogspot tidak saya lupakan. Beberapa blog yang saya sebutkan di atas, beberapa sudah lama sekali tidak saya buka. Saat ini saya hidupkan lagi. Kalau ditotal, mungkin ada sekitar 10 blog yang saat ini saya aktifkan lagi.

logo wordpress
Logo WordPress

Bagaimana membagi waktu menulis di 10 blog?

Awalnya menulis di 1 blog saja rasanya berat. Harus memilih 1 kalimat rasanya susah bukan main. Saya paksakan terus untuk terus menulis. Lama-kelamaan jadi biasa.

Saat ini, waktu yang paling saya sukai adalah waktu-waktu setelah pulang kerja. Ketika badan terasa begitu lelah, kaki ingin selonjoran, di saat yang sama pikiran saya malah kemana-mana.

Solusinya apa?

Saya ambil laptop, buka Microsoft Word, dan saya mulai merangkai kata demi kata. Kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, hingga menjadi sebuah tulisan minimal 300 hingga 400 kata. Standard minimal sebuah artikel blog supaya terindeks dengan mudah oleh Google.

Meski di sore hari saya sudah mem-publish 1 artikel di blog, saya tetap akan menulis untuk keesokan harinya. Baik artikel untuk blog yang sama, maupun blog saya yang lain. Saya tetap menulis. Mumpung lagi semangat menulis.

Tulisan inilah yang menjadi artikel cadangan saya ketika sudah tiba saatnya update tulisan. Jadi saya sudah tidak bingung lagi harus menulis apa. Saya punya cadangan tulisan yang sebenarnya cukup untuk sebuah blogpost selama 1 bulan.

bertukar-backlink-google-search
Menulis secara konsisten kunci sukses menjadi blogger

Bekerjasama dengan blogger lain

Cara lama pun saya lakukan lagi. Apa itu? Menghubungi para blogger yang aktif dan mengajak mereka bekerjasama.

Kerja sama apa yang ditawarkan?

Bertukar artikel dan bertukar backlink.

Sebuah tawaran yang sebenarnya sangat menarik, yang apabila ditekuni dengan baik maka bisa mendatangkan hasil DA dan PA yang bagus untuk blog kita.

Blogger aktif dengan mudah bisa kita temukan di platform Twitter. Ini yang sejauh ini saya tahu. Para penghuni Twitterland menurut saya lebih enak untuk dihubungi dan diajak dikerjasama.

Jadi apa kamu tertarik bertukar artikel dan backlink dengan saya?

Leave a Reply