Manfaat minum susu unta

Manfaat Minum Susu Unta

Komposisi susu unta hampir mirip dengan ASI. Susu unta merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa. Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi. Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi. Kandungan mineral dan vitamin tersebut adalah sedikit dari sekian banyak manfaat minum susu unta yang ada.

Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile. Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut merupakan manfaat minum susu unta bagi kesehatan.

Manfaat Kesehatan Umum

Beragam elemen gizi yang ada di susu unta mampu meningkatkan kesehatan secara umum dan kekebalan tubuh. Nutrisi dalam susu unta memperkuat tulang dan karena itu disarankan untuk orang yang menderita kekurangan kalsium dan gangguan tulang seperti osteoporosis. Minum susu unta juga bisa mengatasi berbagai masalah seksual seperti impotensi, kurangnya libido, dan menekan dorongan seksual berlebih.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu unta mengandung antibodi dan immunoglobulin sehingga membuat tubuh tahan terhadap berbagai penyakit. Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, alergi, dan beberapa jenis infeksi bakteri, jamur serta virus.

Manajemen Diabetes

Minum susu unta membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan terbukti bahwa susu unta mengandung insulin dan protein mirip insulin yang memiliki efek anti-diabetes. Uji klinis pada penderita dengan diabetes tipe 1 menunjukkan konsumsi harian 0,5 liter susu unta mengurangi kebutuhan untuk obat insulin dengan rata-rata 30%. Dengan demikian, konsumsi susu unta berpotensi mengurangi dosis insulin yang diperlukan untuk pasien diabetes.

Pemulihan dari Autisme

Pengujian dilakukan pada individu yang menderita autisme untuk membuktikan manfaat susu unta dalam menghilangkan komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan gangguan ini. Tesis penelitian Dr Yosef Shabo dan Dr Reuven Yagil menjelaskan bahwa susu unta tanpa beta-kasein dan beta-laktoglobulin tidak merugikan penderita autis. Imunoglobulin dan protein protektif yang terkandung dalam susu unta dipercaya mampu membantu perkembangan otak. Hasil dari studi kasus membuktikan bahwa susu unta menunjukkan potensi memperbaiki keterampilan komunikasi dan fungsi otak anak autis.

manfaat minum susu unta
Susu Unta

Mengingat begitu banyak manfaat minum susu unta bagi kesehatan, tentunya usaha ini layak dijadikan lahan bisnis. Namun, untuk membuka peternakan unta dibutuhkan daerah yang memiliki iklim kering dan gersang, seperti Arab Saudi, UEA, Kenya, dll. Di Indonesia, daerah yang berpotensi untuk dikembangkan mungkin di Nusa Tenggara.

Sumber: amazine.co
Setelah mengalami penambahan konten.
Baca juga : Susu Unta Sebagai Sajian Khas Minuman Berbuka Puasa di Arab Saudi

One thought on “Manfaat Minum Susu Unta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *