Membuat jadwal menulis agar jumlah blogpost kamu semakin banyak

wordpress-membuat-jadwal-menulis

Blog adalah sebuah tempat atau media bagi seorang penulis untuk menuliskan karyanya dan dibaca banyak orang. Tentunya dalam membuat sebuah tulisan, masing-masing orang memiliki tips dan trik tersendiri. Kali ini saya ingin menulis tentang cara membuat jadwal menulis agar jumlah postingan kita semakin banyak. Namun tulisan yang kita buat bukan sembarang tulisan. Menulis blog juga harus tetap memperhatikan kaidah dan kualitas dari tulisan itu sendiri. Jangan mentang-mentang mengejar kuantitas tapi secara kualitas tidak layak untuk diposting.

Berapa kali menulis dalam sebulan?

Saya sendiri rata-rata menulis blog sebanyak 4 tulisan dalam 1 bulan. Pernah saya menulis 1 hari 1 blogpost. Tapi hasilnya kurang memuaskan dan saya merasa ngoyo banget. Saya seakan-akan dikejar anjing gila. Akibatnya, kualitas tulisan yang saya hasilkan menjadi kurang. Setelah melalui berbagai macam trial and error, saya menemukan formula ini. 1 bulan 4 tulisan. 1 minggu 1 tulisan.

ilustrasi-membuat-jadwal-menulis-wordpress
Ilustrasi menulis blog
Bagaimana cara menulisnya?

Saya biasanya menulis draft terlebih dahulu. Saya awali dengan cara membuat judul. Lalu dilanjutkan dengan membuat poin-poin apa yang ingin saya sampaikan. Dari poin-poin tersebut saya urai lagi menjadi paragraf. Apabila poinnya cukup penting maka ia layak diangkat menjadi sub-heading.

Saya menulis 1 tulisan dalam 1 minggu. Draft tulisan dibuat pada hari dimana saya merasa luang. Sebagai contoh, hari Jumat minggu lalu saya mem-posting tulisan saya. Mulai keesokan harinya yaitu hari Sabtu, saya mulai menulis lagi draft tulisan untuk minggu depan. Saya mulai dari menulis judul dan poin-poinnya. Apabila ada banyak hal yang ingin saya tulis, maka saya tulis semua judul tersebut. Saya buat seperti daftar tulisan yang ingin saya posting. Ini adalah amunisi kalau di kemudian hari saya kehilangan ide-ide.

Lalu pada esok harinya, yaitu hari Minggu saya mulai melanjutkan draft tulisan tersebut. Kalau mood sedang bagus, maka tulisan tersebut bisa selesai dalam 1 malam. Paling hanya memakan waktu 1-2 jam saja untuk tulisan dengan panjang 1000 kata. Kalau mood sedang tidak bagus, sedikit malas, atau kita sedang punya pekerjaan lain yang membutuhkan prioritas lebih, maka bisa saja dalam 1 hari itu saya cuma bisa menulis 1 paragraf. Pokoknya saya menulis seenak saya sendiri. Tidak ada target khusus.

Adakah target yang ingin hendak dicapai dalam menulis sebuah tulisan?

Kalau bicara tentang target, target saya yaitu menulis secara konsisten. Itu penting sekali.

Saat ini blog saya sudah disetujui oleh Google Adsense dan sudah ada iklan di blog ini. Google Adsense adalah target yang sudah saya impikan sejak lama. Setelah disetujui maka target saya berubah lagi. Saya ingin tulisan saya bisa dibaca banyak orang dan memberikan manfaat bagi mereka. Maka dari itu saya menulis minimal 1 tulisan dalam 1 minggu.

Menulis 1 tulisan dalam 1 minggu merupakan poin penting dalam online advertising, terutama di Google Adsense. Google Adsense akan melihat keseriusan kita dalam berkarya. Semakin sering tulisan kita dibaca orang, maka itu akan menambah hits bagi blog kita. Dan itu ikut meningkatkan nilai blog kita yang pada akhirnya Google Adsense akan memberikan bayaran lebih pada kita.

Saya tidak munafik. Saya membutuhkan uang untuk mengelola blog saya ini. Minimal uang yang didapat dari blog bisa menghidupi blog itu sendiri. Setiap 1 tahun saya harus membayar biaya sewa hosting dan memperpanjang domain. Uang tersebut saya peroleh dari blog.

target-membuat-jadwal-menulis
Ada target di setiap langkah yang kita tempuh
Bonus buat kamu yang membaca tulisan saya

Buat kamu yang sudah membaca tulisan saya hingga sejauh ini. Saya ingin memberikan beberapa strategi menulis. Semoga berguna ya.

  • Melakukan research semua keyword yang relevan dengan blog kita melalui Google Keyword Planner atau melalui keywordtool.io. Sebagai contoh blog saya ini bercerita tentang traveling dan pengalaman saya selama bekerja di luar negeri. Maka kata kunci yang saya cari adalah tentang hal-hal yang berhubungan dengan luar negeri.
  • Download atau export data keyword tersebut ke file Excel. Data-data itulah yang kita gunakan sebagai pedoman menulis blog.
  • Mulai menulis blogpost untuk setiap topik/keyword yang sudah kita peroleh.
  • Setiap kali kita selesai menulis dan publish di blog, saya akan umumkan di sosial media saya, baik itu di twitter, facebook, maupun instagram. Ini penting supaya teman-teman kita berkunjung ke blog kita. Dalam postingan tersebut tanyakan kepada mereka, adakah masukan untuk tulisan dan blog secara keseluruhan. Kalau mereka sudah mulai memberikan feedback artinya kita sudah 1 langkah, teman kita sudah memberikan perhatian pada blog kita ini.
  • Meminta teman kita untuk bertukar backlink. Saya akan mencantumkan alamat link tulisan mereka di blog saya dan sebaliknya mereka juga akan mencantumkan link tulisan saya di blog mereka.
  • Usahakan selalu menggunakan tool SEO dalam menulis sebuah tulisan. Saya menggunakan tools Yoast SEO Premium. Saya membelinya dari platform p-store.net.
  • Setiap gambar yang diunggah ke blog usahakan selalu memenuhi kaidah SEO. Sebisa mungkin nama gambarnya memiliki hubungan atau bahkan mengandung keyword yang kamu targetkan. Jangan lupa juga menyertakan alt tags. Ini penting supaya nilai SEO kamu mendapat lampu hijau dari Yoast.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengejar jumlah blogpost tanpa mengurangi kualitas tulisan dan SEO.

Baca juga tulisan saya yang lain >> Migrasi ke Blog Gratisan ke Blog Berbayar

4 Comments


    1. Kalau blogger, wordpress, atau tumblr setahu saya tidak pernah diblokir. Kalaupun lupa password, bisa dikembalikan lagi password-nya lewat reset password.

      Reply

    1. Betul sekali mas. Harus tetap tekun meskipun yang namanya mood seringkali naik turun. Tapi kalau sudah menemukan polanya, rasa malas itu tidak akan ada lagi 🙂

      Reply

Leave a Reply