Menggunakan sosial media untuk kemajuan karir

memanfaatkan sosial media untuk karir

Tidak dapat dipungkiri bahwa di jaman serba digital seperti saat ini, sosial media memegang peranan penting dalam kemajuan karir. Menggunakan sosial media untuk kemajuan karir adalah topik yang ingin saya bahas kali ini. Sosial media yang dimaksud yaitu LinkedIn, Facebook, Twitter dan Instagram.

Sebelum memulai pembahasan, saya akan mengulas fungsi masing-masing sosial media ini menurut kaca mata saya.

Facebook

Facebook adalah tempat saya membuat postingan yang memiliki caption agak panjang dengan disertai gambar. Saya biasa mengunggah gambar-gambar pertanian yang memang kami hasilkan di Kebun Pak Tarso.

Pengalaman perjalanan saya yang saya tulis di blog Redhatblog juga saya re-upload di Facebook. Tentunya dengan menggunakan caption yang sedikit berbeda. Tujuannya satu, memperbanyak mata pancing menuju blog saya.

Promosi dan image building melalui facebook
Promosi dan image building melalui facebook

Twitter

Twitter saya gunakan untuk membuat thread atau utas yang sebelumnya materi tersebut pernah saya tulis di blog dan di Facebook. Thread biasanya saya awali atau saya akhiri dengan link tulisan menuju blog saya.

Akun twitter yang saya gunakan saat ini adalah @rohmatsyahru. Asalkan saya ngetweet setiap hari, pasti ada saja kunjungan ke blog yang diarahkan dari twitter. Sedikit asalkan konsisten. Lama-lama jadi banyak juga visitornya.

Viralkan tulisan lewat twitter
Viralkan tulisan dan konten lewat twitter

Instagram

Instagram kebanyakan saya isi dengan foto-foto pengalaman perjalanan. Setiap foto memiliki caption tertentu yang lagi-lagi saya sertakan link menuju blog saya. Sayangnya Instagram tidak memungkinkan untuk menyertakan link pada bagian caption. Mau tidak mau saya sertakan alamat blognya saja. Yang penting tujuan saya satu melalui Instagram ini, orang harus tahu bahwa saya menulis blog.

Saya biasa mengunggah foto pengalaman perjalanan, yang saya tulis panjang lebar lewat blog Redhatblog.com. Untuk foto-foto tentang pertanian biasanya saya sertakan alamat blog KebunPakTarso.blogspot.com.

Linked In

Saya belum tahu begitu banyak tentang Linked In. Namun saya pernah menulis sebuah tulisan di blog mengenai Tips Membuat Curiculum Vitae (CV) dengan format Europass. Tulisan ini cukup viral di Twitter dan Linked In.

Teman-teman bisa download CV Format Europass ini di sini >> CV Format Europass

Tulisan yang cukup viral di Twitter saya unggah lagi di Linked In. Viralnya lebih gila lagi. Saya mendapat banyak Like dan permintaan untuk dikirimi CV Format Europass tersebut via email. Kurang lebih saya mendapatkan alamat email secara gratis dari aktivitas ini.

rohmat syahru linkedin account
Viralkan konten dengan sosial media

Hingga saat ini, apabila ada orang yang menulis tentang CV, baik di Twitter atau Linked In, saya biasanya ikut nimbrung sambil menitipkan link tulisan saya mengenai CV Format Europass.

Keterkaitan Antar Sosial Media

Menurut pengalaman saya, setiap sosial media harus memiliki hubungan satu sama lain. Antara postingan di Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn harus saling mendukung. Jangan sampai ada perbedaan yang signifikan.

Jangan sampai ketika di Twitter curhat tidak punya uang, tapi di Facebook pencitraan bahwa kita banyak uang, di Instagram postingannya tentang jalan-jalan. Ini sama sekali bertolak belakang.

Bagi saya yang menggunakan sosial media untuk mempromosikan diri dan mempromosikan produk, hal ini sama sekali akan membunuh karakter dan citra yang sedang kita bangun.

Menggunakan sosial media untuk kemajuan karir
menggunakan sosial media untuk kemajuan karir

Waktu Mustajab Untuk Mengunggah Konten

Doa memiliki waktu mustajab untuk dikabulkan oleh Tuhan YME. Masing-masing agama memiliki ajarannya sendiri-sendiri.

Unggahan konten di sosial media pun demikian. Ada banyak referensi yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk menunggah konten di sosial media. Salah satu contoh waktu yang bisa dipakai adalah gambar di bawah ini.

Best time to post in facebook
Best time to post in facebook (www.sproutsocial.com)

Meskipun penelitiannya dilakukan pada responden di USA, namun referensi di atas layak dicoba. Saya sendiri biasanya menggunakan informasi dan data dari Hubspot. Untuk artikel mengenai waktu terbaik untuk mengunggah konten, baik di Facebook, Twitter, maupun Instagram, kamu bisa klik di sini.

Bagaimana kawan, siap memadukan Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn untuk kemajuan karirmu, atau bahkan bisnis pribadimu?

Leave a Reply