Minum Susu Sebelum Tidur

Minum susu sebelum tidur

Sudah 3 hari ini saya selalu minum susu sebelum tidur. Saat saya menulis tulisan di blog ini, susu saya masih tersisa sekitar 1/4 gelas. Susu yang saya minum ini adalah susu kental manis kalengan. 1 kaleng cukup lah untuk sekitar 4-5 hari.

Baca juga tulisan saya yang lain >> Manfaat Minum Susu Onta

memerah susu unta
Memerah Susu Unta

Minum susu sebelum tidur ternyata memiliki beberapa manfaa. Dari beberapa literatur yang saya baca, manfaat minum susu sebelum tidur diantaranya:

  1. Mempermudah penyerapan kalsium sehingga kamu bisa tumbuh dengan optimal. Buat yang sudah berumur, minum susu bukan berarti akan menambah tinggi badan, tapi mencegah osteporosis.
  2. Susu mengandung triptofan, yaitu zat yang bisa berubah menjadi melatonin yakni hormon yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Makanya kalau kamu lagi susah tidur/insomnia, maka minumlah susu biar lekas mengantuk dan tidurmu lebih pulas.
  3. Susu mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga baik untuk kesehatan. Pilihlah susu yang rendah lemak dan kaya kalsium. Oh ya, jangan lupa cek kadar gula/glukosa dalam susu tersebut. Biasanya tertera di stiker kemasan susu tersebut.
  4. Susu bisa menjadi minuman penunda lapar. Apabila kamu malam hari merasa kelaparan, dan takut gemuk kalau makan atau ngemil, maka minum susu aja.
  5. Mempermudah BAB di waktu pagi. Ya, ternyata selain makan pepaya sebelum tidur, minum susu juga bisa jadi alternatif agar BAB-mu besok pagi lebih lancar.

Sebenarnya ada banyak manfaat lain yang kita peroleh dengan meminum susu. Lima (5) manfaat minum susu sebelum tidur di atas kiranya sudah cukup.

Dalam memilih susu, terutama untuk buah hati, pilihlah susu yang terbaik. Bukan susu yang rasanya manis sekali seperti gula. Pintar-pintarlah dalam memilih susu. Lihat kadar nutrisinya.

Apalagi baru-baru ini ada kabar yang menyatakan bahwa Susu Kental Manis Cap Bendera bukanlah susu, tapi isinya kebanyakan gula. Jadi pahami betul. Ada Google. Cari informasi dahulu lewat internet, produk ini bagus atau tidak. Ada efek samping atau tidak.

No Comments


  1. memangnya tidak apa kalau yg diminum susu kental manis? bukanny kandungan lemaknya juga tinggi?

    Reply

    1. Asal masih dalam tahap kewajaran tidak apa-apa. Misalnya, 1 gelas susu dalam 1 hari. Tapi harus diingat juga, semakin banyak kalori yang dikonsumsi maka harus diimbangi dengan aktivitas yang memadai pula

      Reply

Leave a Reply