A man with a cart in Cairo

Musim Panas di Egypt Yang Benar-Benar Panas

Beberapa waktu terakhir ini (pasca Idul Fitri) Egypt dilanda suhu udara panas yang ekstrim. Suhu udara mencapai 35 °C di pagi hari dan 40-42°C di siang hari. Di sore hari pasca Ashar, suhu udara tidak turun bahkan bertahan pada angka 38-40°C. Bahkan saat malam, ketika tidur suhu berkisar 28-32°C. Badan mudah berkeringat dan cepat lelah bila kita beraktivitas di luar ruang. Musim panas di Egypt kali ini, yang pertama bagi saya, benar-benar panas.

Kondisi yang panas ini membuat badan rentan sakit. Apalagi jika sebentar-sebentar kita keluar-masuk ruangan, pindah dari ruang ber-AC ke luar ruang yang panasnya aduhai. Lama-lama badan kita lemas, kepala pusing, dan berkunang-kunang. Beberapa tips agar badan tetap fit selama musim panas:

  1. Rajin minum air putih. Terasa haus atau tidak, tetap harus minum, minimal 200 ml air tiap 1 jam sekali. Pokoknya minum air putihnya jangan menunggu haus.
  2. Jangan sering keluar masuk ruang yang berbeda suhu. Maksudnya, kalau bekerja di ruang AC ya di dalam saja, jangan sering keluar-keluar. Semakin sering kita keluar ruang yang berbeda suhu, tubuh harus bolak balik menyesuaikan suhu, naik turun, alhasil kalau badan sedang tidak fit, ya KO.
  3. Makan makanan bergizi, perbanyak makan buah. Irit boleh tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan.
  4. Pergunakan hand body lotion sebelum berangkat beraktivitas. Gunanya apa? Agar kulit tetap lembab. Bila perlu gunakan lip gloss supaya bibir tetap lembab.
  5. Pergunakan kacamata hitam ketika berkendara di siang hari. Sinar matahari di musim panas amat menyilaukan mata. Jangan sampai menyesal, karena bila tidak berkacamata matanya lama-lama rusak.

Kata teman saya yang asli Egypt, musim panas di Egypt tahun 2015 ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini lebih panas dan tidak ada satu jeda 1 haripun suhu udara turun. Tapi untung saja, mulai hari Selasa kemarin, 18 Agustus 2015, suhu udara sudah mulai turun. Angin pun bertiup sepoi-sepoi. Malam hari angin segar bisa masuk ke rumah. Tidur pun jadi lebih nyenyak dan tidak perlu menyalakan AC semalaman.

Semoga esok lebih segar lagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *