Nggowes Keliling Jogja Lewat Ringroad

Kamis, 22 November 2012. Baru selesai solat subuh jam 4.30. Tiba-tiba kepikiran buat nggowes. Ide untuk bersepeda di ring road Jogja pun muncul. Ya sebenarnya ide ini sudah lama ada di kepala, tapi belum sempat terlaksana karena alasan ini dan itu. Jam 4.50 aku pun memulai penjelajahan ini.

Jam 5.00 pagi, rute dimulai dari kost di Tambakbayan, Babarsari ke arah selatan melewati Universitas Atmajaya. Pagi itu masih cukup sepi, namun kondisi sudah cukup cerah dan panas. Maka mulailah saya menggenjot sepeda fixie saya.

Roda sepeda terus berputar melewati Mirota Kampus Babarsari, ke arah ring road timur. Di pertigaan Maguwo (setelah Hotel Santika) saya belok kiri. Melewati kantor perwakilan Pupuk Sriwijaya, kantor perwakilan PT Adhi Karya dan terus ke utara sampai ke Lotte Mart Maguwo. Lalu perjalanan mengarah ke Casa Grande dan lurus sampai ke UPN. Sesampainya di UPN saya melihat jam dan ternyata baru pukul 05.18. Wah lumayan cepat juga nie, 18 menit sudah sampai UPN. Hehehe..

Perjalanan diteruskan ke arah barat melewati ringroad utara ke arah perempatan Gejayan, dan ke barat lagi ke perempatan Kentungan (Jalan Kaliurang). Sambil menunggu lampu lalu lintas menyala hijau saya minum dulu di perempatan. Slurppp… Segarnya. Lalu berlanjutlah perjalanan saya menuju perempatan jalan Monjali. Dari monjali lalu ke barat lagi ke perempatan jalan Magelang. Di perempatan jalan Magelang sedang ada pembangunan jalan layang. Jadi disana lalu lintas cukup padat merayap.

Perjalanan pun berlanjut ke ringroad barat melalu perempatan jalan Godean, jembatan layang kereta api, dan sampailah di pertigaan ringroad Gamping. Saya masih lurus menuju ke selatan ke arah UMY, dan masih lurus sampai ke ringroad selatan. Sesaat setelah melewati perempatan ringroad jalan  Parangtritis, tragedi terjadi. Saya melihat dari jauh rombongan anak kecil dan ibu-ibu mau menyeberang ringroad di ruas lambat (ruas motor). Saya masih santai waktu ternyata mereka berhenti di pembatas jalan antara jalur motor dan jalur mobil. Ehh..waktu saya mendekat tiba-tiba ada 1 anak kecil yang berlari dan akhirnya saya menabrak anak kecil tadi. Saya langsung berhenti dan menanyakan keadaan anak kecil tadi. Alhamdulillah si anak tadi tidak apa-apa. Saya sudah ketakutan kalau anak tadi sampai luka-luka. Saya minta maaf pada si Ibu dan si anak kecil tadi. Alhamdulillah si Ibu mengerti dan legalah saya 😀

Saya melanjutkan perjalanan dan semakin waspada, takut kalau menabrak orang lagi. Meskipun saya cuma naik sepeda rasanya takut juga kalau menabrak orang. Takut melukai si korban. Perjalanan semakin berlanjut melewati perempatan Giwangan, perempatan Kotagede, perempatan jalan Wonosari dan sampailah ke perempatan Blok O. Badan rasanya capek sekali. Waktu saya lihat jam, tidak terasa sudah 2 jam saya mengontel sepeda fixie ini. Kaki dan tangan terasa pegal. Kaki untuk menggenjot dan tangan untuk menahan beban tubuh ke stang. Saya tidak menyerah dan terus menggenjot sampai jalan layang Janti dan terus sampai pulang lagi ke kost. Alhamdulillah, akhirnya misi mengelilingi Jogja lewat ringroad sudah terlewati dalam waktu 2 jam 10 menit.

Bagi teman-teman yang terbiasa nggowes jarak jauh mungkin ini hal kecil. Tapi bagi saya ini adalah hal besar. Berhasil mengelilingi kota pelajar ini dengan cara bersepeda di ring road Jogja, hehehe.. Target selanjutnya adalah naik ke Kaliurang dan ke Pantai Parangtritis. Hemm.. Semoga saja kuat. Itung-itung pemanasan buat persiapan gowes Jogja – Purwokerto di tahun 2013. Doakan ya teman-teman.

ringroad cycling route
Rute bersepeda di ring road Jogja

Baca juga perjalanan saya bersepeda dari Yogyakarta ke Purwokerto di link ini >> Bersepeda dari Yogyakarta ke Purwokerto selama 31 jam.

0 thoughts on “Nggowes Keliling Jogja Lewat Ringroad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *