Pabrik Indomie di Afrika

Indomie adalah merk Indonesia yang sudah mendunia. Pabriknya ada di mana-mana. Tahukah kamu bahwa ada 6 pabrik Indomie di Afrika? Dimana saja?

Indomie di Afrika pertama kali dibawa ke Nigeria. Di Nigeria pulalah pabrik Indomie di Afrika pertama kali dibangun di luar negeri. Pembangunan pabrik Indomie di Afrika ini bersamaan dengan pembangunan pabrik Indomie di Jeddah.

Baca juga >> Pabrik Indomie di Luar Negeri

Pabrik Indomie di Afrika terbagi di 6 negara. Dimana saja pabrik tersebut?

benua afrika dan ekonomi regional
Benua Afrika dan ekonomi regional

1. Nigeria

Pada tahun 1972 Indomie pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Pada tahun 1988 Indomie mulai diekspor ke Nigeria. Dan pada tahun 1995 pabrik Indomie dibangun dan mulai diproduksi di Nigeria. Indofood bekerja sama dengan Dufil Prima Foods – pabrik mie instant pertama di Nigeria dan terbesar di Afrika.

Dufil berasal dari kata De United Foods Industries Limited, dan biasa disingkat Dufil. Adalah sebuah perusahaan mie instant pertama di Nigeria.

Dufil Prima Foods adalah perusahaan joint venture antara Tolaram Group (Singapore) dan Salim Group (Indonesia). Saat pertama berdiri hingga tahun 2018, masing-masing memegang saham sebesar 50%.

Indomie di Nigeria saat ini menguasai hampir 74% pangsa pasar mie instan di Nigeria. Produk mie instan lainnya di Indonesia yaitu Mie Sedaap.

Indomie Nigeria Factory
Dufil Prima Food Plc – Indomie Nigeria

2. Mesir

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Indomie memiliki pabrik di Mesir. Indomie begitu populer di Mesir karena banyak sekali mahasiswa Indonesia yang belajar di negara tersebut. Selain dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia dan Asia khususnya, Indomie juga begitu digemari oleh orang Mesir itu sendiri.

Mesir memang merupakan negara yang ekonominya cukup maju. Berdasarkan data dari Wikipedia, pada tahun 2017, Mesir memiliki penduduk sejumlah 95 juta jiwa. Jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya.

Jumlah penduduk yang besar ini menarik minat investor dari Indonesia untuk membangun pabrik Indomie di Mesir. Pabrik ini berdiri dan terus berkembang hingga sekarang.

Salah satu aktifitas promosi di Madinaty, Egypt.
Sumber: Website Indomie Egypt

3. Sudan

Pabrik Indomie di Sudan berada di Kota Khartoum, Sudan. Pabrik di Sudan khusus untuk melayani pasar di negara Sudan yang mana memiliki penduduk sebesar kurang lebih 45 juta orang (2018).

Baca juga >> Indomie di Sudan Selama 8 Tahun Terakhir

Sudan baru saja mengalami pergantian kepemimpinan kekuasaan. Yang sebelumnya dipimpin oleh Presiden Omar Albashir sekarang digantikan oleh Dewan Transisi Militer. Dewan Transisi Militer sedang menyiapkan pemilu untuk memilih presiden yang baru.

Tentu saja hal ini amat berpengaruh pada kondisi ekonomi Sudan sendiri. Sudan Selatan yang lepas dari Sudan pada tahun 2011 begitu mengoyak ekonomi Sudan, ditambah lagi tahun 2019 ini presidennya lengser. Ekonomi Sudan sedikit memburuk.

Ekonomi yang memburuk ini tentunya tidak berlaku bagi produk Indomie yang mana merupakan salah satu makanan favorit warga Sudan. Indomie begitu digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kemudahan mengolah dan cepat untuk dinikmati adalah keunggulan dari Indomie.

Indomie Sudan Factory
Indomie Sudan

4. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-2 di Afrika. Penduduk terbanyak ke-1 adalah Nigeria dan yang ke-3 adalah Mesir. Jumlah penduduk yang besar inilah yang membuat manajemen memutuskan untuk membangun pabrik di Ethiopia.

Ethiopia adalah negara tanpa pantai (landlock country) dengan dominasi pegunungan. Hal ini membuat kondisi iklim di Ethiopia sejuk dan dingin. Memang ketika iklim sedang sejuk atau dingin, paling enak memang makan Indomie.

Salah satu promosi di akun Facebook Indomie Ethiopia
Peta negara Ethiopia

5. Kenya

Pabrik di Maroko dibangun hampir bersamaan dengan pembangunan pabrik di Ethiopia. Kenya merupakan negara di Afrika Timur yang memiliki banyak keunikan. Ibukotanya Nairobi adalah kota yang memiliki taman nasional (national park) di salah satu bagian kotanya.

Kenya merupakan salah negara yang cukup berkembang di Afrika timur. Inilah yang membuat manajemen membuat pabrik di Kenya. Jumlah penduduk sebesar .. juta juga bukan jumlah yang sedikit. Merekalah calon konsumen Indomie di masa depan.

Indomie Kenya
Indomie Kenya

6. Maroko

Pabrik Indomie di Maroko dibangun pada tahun 2016. Saat ini Maroko melayani pasar di Afrika bagian barat. Alamat pabrik Indomie di Maroko berada di Ain Johra Industrial Park, Sidi Boukhalkhal, Tiflet, Morocco.

Bagi kalian yang sedang berada di Maroko, kuliah di Maroko atau sedang berwisata ke Maroko alangkah baiknya mengunjungi pabrik Indomie ini. Sekalian membeli Indomie hasil produksi pabrik Maroko sebagai oleh-oleh.

Indomie Morocco
Indomie Morocco

Untuk alamat dan contact person-nya berada di:

241 Bd Emile Zola, Appt 2, 1er Etg, Casablanca. P.O. Box :20082, Morocco. Phone 00 212 522 240 497.

Leave a Reply