Pasar Agro Soropadan

pasar agro soropadan

Pasar Agro Soropadan terletak di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah. Pasar yang memiliki luas sekitar 6,5 hektar ini terletak di Jalan Raya Pringsurat-Secang. Untuk lebih jelasnya, lokasi Pasar Agro Soropadan bisa dilihat pada peta di bawah ini.

lokasi pasar agro soropadan
Lokasi Pasar Agro Soropadan

Setiap tahun di lokasi ini selalu diadakan acara Soropandan Agro Expo. Acara ini merupakan acara pameran pertanian dan produk daerah dari Jawa Tengah. Hampir semua kabupaten di Jawa Tengah ikut ambil bagian dan membuka stan di acara ini. Bahkan beberapa daerah dari luar Jawa Tengah juga mengirimkan wakilnya.

Seperti agrowisata lainnya, Pasar Agro Soropadan juga memiliki berbagai macam koleksi tanaman dan hewan yang dipelihara dan dilindungi. Hewan dan tanaman yang ada di tempat ini antara lain sapi, kambing, padi, jagung, terong, tanaman obat-obatan, dan tebu. Selain itu, di tempat ini kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang pemanfaatan energi biogas yang berasal dari kotoran hewan. Edukasi diberikan guna mengajarkan masyarakat agar lebih menyayangi alam dan menjauhkannya dari polusi.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak hanya mementingkan nilai jual pertanian melalui pasar, tetapi juga menjadikan tempat ini sebagai wisata agro. Kawasan Agrowisata Soropandan direncanakan akan dijadikan kebun petik buah dengan seluas 3,5 hektar. Di area tersebut akan ditanami durian, rambutan, kelengkeng, salak, melon, semangka, dan tomat. Tidak tanggung-tanggung pengunjung juga boleh memetik buahnya langsung dari kebun.

lokasi pasar agro soropadan di google maps
Lokasi Pasar Agro Soropadan di Google Maps

Karena tempatnya yang strategis, yaitu di tepi jalan raya Magelang-Semarang, maka dengan mudah kita dapat mengunjunginya dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat udara di Soropadan sejuk dan menyegarkan. Soropadan merupakan salah satu alternatif untuk berlibur bagi keluarga.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung atau ingin mengadakan penelitian di Agro Center Soropadan, teman-teman bisa menghubungi nomor kontak di bawah ini.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Daerah Istimewa Jawa Tengah
Jln. Madukoro Bolk BB, Semarang, Jawa Tengah
Telepon  : (024) 7608570
Faksimile: (024) 7608573

Baca juga >> Pasar Agro Soropadan 2013

Leave a Reply