PPIC – Memilih Tema Kerja Praktek atau Skripsi

PPIC - Memilih Tema Kerja Praktek atau Skripsi

Kali ini saya akan sharing mengenai cara memilih tema Kerja Praktek atau skripsi. Saya sendiri adalah lulusan Teknik Industri dan saat ini bekerja di perusahaan manufaktur dan saya punya pengalaman bekerja di bidang planning. Kalau kamu punya pertanyaan, kamu bisa kirim email ke saya atau tinggalkan komen di tulisan ini.

Ini email saya: rohmatsyahru@gmail.com

Supply Chain Management
Kamu bisa belajar mengenai manajemen rantai pasok raw material, dari mulai supplier, barang dikirim oleh transporter, hingga bahan baku sampai di gudang konsumen. Yang perlu kamu pelajari disini adalah proses ordering-nya, besaran minimum order, berapa lama lead time-nya, berapa besar lot size-nya, lot size ini terkait dengan jumlah kuantiti dalam 1 karton, 1 pallet, 1 kontainer. Dalam melakukan pemesanan bahan baku juga perlu dipertimbangkan jumlah buffer stock-nya. Dan dalam menghitung buffer stock ini pun harus dipertimbangkan waktu peak season atau slow season-nya. Mendekati hari libur sekolah atau tidak, dekat dengan Idul Fitri atau Idul Adha atau dekat dengan hari libur lain atau tidak. Karena setiap hal ini saling mempengaruhi.

Purchasing and Procurement
Kamu bisa melakukan penelitian mengenai proses pemilihan supplier, cara melakukan negosiasi, bagaimana menentukan supplier ini bagus atau tidak, menghitung Key Performance Index (KPI) dari masing-masing supplier, mana yang bagus, mana yang jelek, sehingga manajemen bisa melakukan evaluasi terhadap performance masing-masing supplier.

Warehouse
Kamu bisa belajar mengenai manajemen pergudangan. Bagaimana mengatur masing-masing material di dalam gudang. Metode apa yang digunakan, FIFO, LIFO, atau metode yang lain. Apakah perusahaan menggunakan racking system atau belum. Kalau belum kenapa? Bagaimana cara menghitung kapasitas warehouse? Bagaimana kriteria sebuah warehouse yang baik. Dan sebagainya.

Production
Disinilah biasanya mahasiswa Teknik Industri melakukan penelitian. Departemen Produksi menjadi primadona untuk melakukan KP ataupun penelitian TA. Kita bisa menghitung performance produksi dari sebuah mesin/line. Meneliti constraint apa yang menjadi penyumbang terbesar terhadap downtime mesin. Bagaimana solusi untuk menurunkan downtime mesin dan meningkatkan produktivitas mesin.

Quality Control
Di departemen QC kamu bisa meneliti manajemen kualitas yang dipakai oleh perusahaan. Apakah perusahaan sudan mendapat sertifikasi ISO atau belum. Adakah keuntungan yang didapat oleh perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat ISO? Dan sebagainya. Apakah kualitas selalu berbanding lurus dengan produktivitas? Kamu bisa menelitinya disini.

 

Bersambung …

Leave a Reply