kerajinan berbahan kulit pari yogyakarta

Radja Pari, Spesialis Kerajinan Berbahan Kulit Pari di Bantul, Yogyakarta

Pari Radja merupakan usaha kerajinan berbahan kulit pari yang khusus mengolah kulit ikan pari. Produknya beraneka ragam, mulai dari dompet, gantungan kunci, tas, casing HP, ikat pinggang, gelang dan juga melayani pelapisan furniture dengan bahan kulit ikan pari.

Saya berkesempatan mengunjungi usaha kerajinan berbahan kulit pari ini bersama dengan rombongan dosen dan mahasiswa dari kampus UPN Veteran Yogyakarta. Pemilik usaha yang bernama Mas Khoir, adalah lulusan Akademi Teknologi Kulit, Yogyakarta. Usaha ini berawal dari kesukaannya touring ke daerah Cilacap, ia melihat kulit pari yang dijemur di pantai Cilacap tidak banyak diolah. Ia tertarik untuk mengolahnya menjadi kerajinan yang bernilai jual lebih. Tahun 2003 ia mencoba mengolah kulit pari. Jatuh bangun ia mengolah ikan pari, setelah dua tahun ia menggeluti kulit ikan pari barulah ia mampu menjual dompet kulit ikan pari pertamanya. Dengan berbekal ketekunan, Mas Khoir mampu mengembangkan usahanya dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Lokasi usaha Pari Radja beralamat di Dadapan Lor RT 02 Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Selain itu di pasar seni Gabusan juga ada outlet Pari Radja sebagai show room produknya. Penjualan produk kerajinan kulit ikan pari masih terbatas pada dalam negeri.

pari radja kerajinan berbahan kulit pari yogyakarta
Dompet Berbahan Kulit Ikan Pari

Tips Berwirausaha ala Mas Khoir

Menurut Mas Khoir, beberapa hal agar seseorang sukses berwirausaha diantaranya:

  1. Berwirausaha itu harus fokus, tidak mudah putus asa dan jangan mudah tergoda oleh bisnis lain yang kelihatannya menguntungkan.
  2. Harus pintar bersosialisasi dan menjalin relasi bisnis dengan berbagai pihak.
  3. Jangan mudah sakit hati terutama ketika ada karyawan yang tidak satu visi dengan kita.
  4. Berkemauan kuat.
  5. Menjiwai setiap usaha yang digeluti.

Usaha Pari Radja sekarang ini sedang mengembangkan usahanya dan membuka pabrik yang lebih besar. Hal ini terlihat dari proses pembangunan gedung baru yang belum selesai. Rencananya gedung ini akan digunakan sebagai tempat produksi, kantor, dan show room. Diharapkan pecinta kerajinan kulit ikan pari bisa datang melihat koleksi yang ada sekaligus melihat proses produksi dari awal pengolahan bahan baku sampai menjadi barang jadi.

Semoga tidak lama lagi produk Pari Radja mampu menembus pasar luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *