Sebarkan Meski Hanya Sepotong Ayat

sebarkan meski hanya sepotong ayat

Rasulullah S.A.W bersabda, “Sebarkan meski hanya sepotong ayat”. HR Bukhari.

Perihal kebaikan yang ingin disampaikan ialah:

Jangan berbicara ketika adzan sedang berkumandang, agar lidah tidak kaku menyebut shahadat ketika sarakatul maut.

Jangan berbaring ketika adzan dikumandangkan, nanti jenazah kita berat ketika dibawa ke liang kubur.

Selain itu, lima perkara yang harus orang Islam tahu berkenaan dengan khasiat Al-Quran, adalah ada ajaran kesehatan di dalam sebuah amalan:

  1. Mandi pagi sebelum subuh atau sekurang-kurangnya sejam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap ke dalam tubuh dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Dapat dilihat bahwa orang yang mandi sebelum Shubuh banyak yang tidak gemuk.
  2. Rasulullah SAW mengajarkan minum segelas air matang (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya, Insha Allah jauh dari penyakit.
  3. Waktu solat subuh disunatkan kita bertafakur (yaitu sujud sekurang kurangnya semenit selepas membaca doa). Ini terbukti oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari kita perlu bersujud. Ahli-ahli sains telah menemukan beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir ke ruang itu.
  4. Dalam Al Qur’an ada larangan untuk makan makanan yang berasal dari darat bercampur dengan makanan laut dalam satu waktu bersamaan. Kekhawatiran tersebut terjadi karena bisa membuat sakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam terkandung ion+ sedangkan dalam ikan terkandung ion-. Jika kita makan ayam dengan ikan sekaligus maka terjadi reaksi biokimia yang dapat mengakibatkan kerusakan usus. Orang Yahudi pun suka makan ikan tanpa dicampur dengan ayam. Atau sebaliknya, makan ayam ya hanya makan ayam saja pada waktu tersebut. Bila ingin makan ikan, ya makan ikan saja. Perihal nasi atau roti, itu boleh karena tumbuh-tumbuhan, bukan berasal dari hewan.
  5. Nabi mengajarkan kita untuk makan dengan tangan kanan. Bila makanan tersebut sudah habis hendaklah menjilat jari. Ilmuwan menemukan bahwa banyak terkandung enzim di celah-celah jari. Sabda Nabi, “Ilmu itu milik Tuhan, barangsiapa menyebarkan ilmu demi kebaikkan InsyaAllah, Allah akan menggandakan 10 kali kepadanya.”

Semoga beberapa hal di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply