October 20, 2018

Sekilas Kota Khartoum Sudan

sudan map

Khartoum adalah kota dimana dua sungai Nil bertemu. Sungai Nil Putih yang berhulu di danau Victoria di perbatasan Tanzania dan Kenya, dan sungai Nil Biru yang berhulu di Ethiopia. Khartoum adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Sudan. Lokasi pertemuan dua sungai ini dinamakan Al Morgan – المقرن . Berikut ini adalah informasi sekilas kota Khartoum Sudan.

Kota Khartoum Sudan terbagi ke dalam 3 area, Omdurman, Khartoum, dan Bahry. Tiga kota tergabung dalam 1 area yang dinamakan Khartoum State. Masing-masing ketiga kota ini dihubungkan dengan jembatan. Detailnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

map of khartoum
Peta Kota Khartoum Sudan

Asal kata Khartoum tidak diketahui secara pasti. Satu teori mengatakan bahwa Khartoum artinya belalai gajah, atau juga bisa disebut sebagai pipa slang. Kata ini berasal dari bahasa Arab خرطوم. Kemungkinan karena lokasi kotanya yang berada pada pertemuan sungai nil yang bentuknya melengkung seperti belalai gajah.

Untuk cerita kali ini, saya ingin menulis tentang Khartoum itu sendiri. Keadaan kota Omdurman dan Bahry saya tahu, namun tidak begitu paham karena memang jarang pergi kesana. Sesekali saya pergi ke Omdurman untuk berbelanja ke Pasar Omdurman. Salah satu pasar tradisional terbesar di Sudan. Kalau ke Bahry saya biasanya pergi untuk mengunjugi Masjid An Nour. Masjid ini terletak di daerah Kafouri. Lain waktu saya akan membahasnya secara khusus.

Khartoum adalah ibukota negara, tidak heran banyak bangunan penting di kota ini. Mulai dari stadion, gedung perkantoran dan kantor pusat organisasi, kampus terkenal, serta pusat bisnis dan keramaian. Mall terbesar di Sudan yaitu Afra Mall juga terletak di kota ini. Lokasinya berada di Jl. Afrika, jalan lurus yang membentang dari bandara Khartoum hingga Jl. Al Hawa (Air Street).

Di Khartoum sendiri banyak pengungsi yang datang dari Syria. Mereka biasanya bekerja sebagai pramusaji di restoran, tukang cukur rambut di salon, beberapa yang punya modal besar mereka membuka toko sendiri. Saya punya kenalan seorang pemilik butik abaya yang berada di Riyadh. Ia sangat baik kepada kami terutama warga Asia.

Hiburan di Kota Khartoum Sudan

Mencari hiburan di kota Khartoum tidaklah sulit. Pilihan pertama jatuh ke Afra Mall, mall terbesar di Sudan. Di mall ini kamu bisa berbelanja baju branded, peralatan elektronik, menonton bioskop, atau makan di food court. Di Afra juga ada tempat untuk main biliard dan ice skating. Sesekali juga ada bazar buku murah di lantai 1. Ada juga toko oleh-oleh barang kerajinan Sudan di lantai dasar.

Al Waha Mall. Al Waha Mall sebenarnya mall yang cukup mewah namun kalah pamor dibanding Afra Mall. Lokasinya berada di sekitar Souq Arabi. Orang-orang lebih suka datang ke Afra Mall karena lokasinya yang mudah dijangkau.

Masjid Al Kabir. Masjid Al Kabir adalah salah satu masjid tertua di Khartoum. Masjid Al Kabir berada tidak jauh dari Souq Arabi dan Al Waha Mall. Cocok bagi teman-teman yang memang hobi napak tilas.

masjid al kabir khartoum
Masjid Al Kabir Khartoum

Masjid An Nour. Masjid An Nour berada di Kafouri, Bahry. Untuk menuju ke sana, kita harus menyeberang jembatan dari Khartoum menuju Bahry. Saat menyeberang jembatan kita bisa melihat menaranya yang tinggi. Secara arsitektur bangunanannya mirip dengan Blue Mosque di Turki.

masjid an nour bahry
Masjid An Nour Bahry

Green Yard. Green Yard adalah alun-alun yang berada di seberang Afra Mall. Tempat ini ramai di pagi hari, biasanya untuk joging. Di malam hari Green Yard didominasi oleh pengunjung yang ingin bersantai, biasanya mereka adalah anak-anak mudah dan keluarga. Seringkali juga diadakan acara panggung di tempat ini seperti pentas seni, nonton bareng, dan pertunjukan lain.

green yard khartoum
Green Yard Khartou, Sudan

Café café di Khartoum. Untuk café dan restoran jangan ditanya lagi. Di sepanjang Afrika St, Ebed Khatim St. dan 60th St. kita bisa menemukan beragam café dan restoran sesuai selera kita. Ada restoran Yaman, Syria, Turki, bahkan restoran Indonesia khususnya di depan kampus International University of Africa.

Restoran Asia. Untuk kategori restoran Asia, yang saya tahu saat ini adalah Restoran Nusantara, Mie China di belakang Restoran Nusantara, Restoran Bangkok, Bakso Pak Sis dan Mie Ayam Bu Rumi. Untuk Bakso Pak Sis dan Mie Ayam Bu Rumi bisa dibilang ini restoran tidak resmi karena hanya buka di hari Jumat.

Tempat lain untuk bersantai adalah café-café yang berada di tepi sungai Nil. Café ini cocok dikunjungi dari sore hingga malam hari. Bisa juga kamu mengunjungi café di hotel Chorintia bila ingin sambil melihat pemandangan kota Khartoum dari gedung bertingkat. 

Belanja di Khartoum

Kamu bisa berkunjung ke Souq Arabi, pasar dan pertokoan yang berada di pusat kota. Lokasi pasar ini pun dekat dengan Masjid Al Kabir dan Al Waha Mall. Tempat ini mudah dicapai karena terkenal. Silakan tanya orang di Khartoum biasanya mereka tahu lokasinya.

Ada juga Souq Omdurman di Omdurman. Lokasinya agak jauh dari Khartoum. Kamu harus naik angkutan umum dari Souq Arabi menuju ke sana. Ongkosnya cukup murah, hanya 5 pound saja. Kalau naik taksi, terakhir saya bayar 80 pound.

Untuk berbelanja kebutuhan lain seperti tahu, kedelai, beras ketan, tepung kanji, tepung beras kita bisa pergi toko China. Toko ini berada di Mashtal St. namanya toko Happy Chinese Family. Ada juga 1 toko di samping Amarat Center di Riyadh. Toko China yang berada di Khartoum cukup besar. Kebanyakan memang barang-barang yang diimpor dari China. Pegawainya pun orang China.

Transportasi

Untuk transportasi, kamu tidak usah khawatir. Ada banyak sekali pilihan di kota ini. Kamu bisa naik bus, yang bisa kamu temukan di jalan-jalan utama. Untuk jurusan trayeknya, kamu bisa tanya ke orang di tepi jalan. Mereka sangat friendly dan ramah. Kalau kamu ragu, ketika bus yang kamu akan naiki berhenti, tanyakan dulu kemana mereka akan menuju. Si kernek atau si sopir juga akan menjawab dengan ramah.

bus in khartoum
Bus di Khartoum

Pilihan kedua adalah naik Tuktuk. Tuktuk adalah kendaraan seperti bajaj. Kendaraan ini lebih fleksibel. Kamu bisa minta mereka antar kamu kemana saja. Tuktuk bisa kamu temuka di setiap sudut kota Khartoum. Dari pagi buta hingga larut malam. Tapi kamu pun harus pintar menawar, seringkali mereka menawarkan tariff yang cukup mahal.

tuktuk in khartoum
Tuktuk di Khartoum, di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bajai

Pilihan ketiga adalah naik Tirhal atau Miswar. Kedua nama ini adalah aplikasi pemesanan taksi online, semacam Uber, Grab atau Go Car di Indonesia. Kamu bisa pilih jenis kendaraan yang kamu perlukan. Mulai dari mobil sedan, truck, atau limosine. Kendaraan ini cocok sekali digunakan untuk para mahasiswi dan ibu rumah tangga yang masih takut menggunakan metromini atau tuktuk.

tirhal taxi sudan
Tirhal Taksi Sudan

Pilihan keempat adalah numpang orang. Tinggal melambaikan tangan ke mobil-mobil yang melaju di jalan. Tips ini bisa dilakukan ketika kamu berada di luar kota Khartoum yang mana angkutan transportasinya terbatas. Bisa juga

Itulsah sekilas penjelasan Kota Khartoum di Sudan. Semoga informasi tadi berguna bagi teman-teman yang ingin datang ke Sudan. Baca juga cerita saya ketika pertama kali dating ke Sudan di link berikut ini >> Welcome to Sudan.

Bila ada pertanyaan silakan kirim email ke saya.

Related articles

Gum Arabic Sudan Sebagai Bahan Baku Industri

Banyak orang belum tahu apa itu Gum Arabic. Apa itu sebenarnya gum arabic? Gum arabic adalah getah yang sudah yang mengering dan menjadi keras yang berasal dari jenis pohon akasia seperti Acacia senegal, Acacia laeta dan Acacia seyal . Ketiga jenis pohon tersebut tumbuh di daerah Sudan, Sudan Selatan, Chad, Central Africa dan West Africa. Lihat […]

Alexandria 10K Race 2015 by Alex Runners

  Bisa mengikuti ajang lari Alexandria 10k Race 2015, berlokasi di tepi laut Mediterania adalah sebuah pengalaman yang tidak ternilai harganya. Waktu itu adalah awal musim dingin. Diawali dengan iseng browsing mengenai klub lari di Egypt, saya menemukan klub lari Alex Runners. Dan saya mengenal lebih dulu Alex Runner dibanding Cairo Runner. Kamis malam, 22 […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: