Dirgahayu SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto

Foto Aula SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto tempo doeloe

Saya adalah lulusan SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto angkatan 13. Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-26 kepada SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto.

Dirgahayu almamaterku. Semoga semakin bertambah berkualitas.

Mengapa harus SMK Telkom?

Jika nanti ada rejeki, saya ingin sekali memasukan anak-anak saya untuk bersekolah di SMK Telkom Purwokerto. Saya memang sedang mempromosikan almamater sekolah saya ini guys.

Kalian bisa tanya sendiri mengenai reputasi SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto kepada orang-orang yang berada di provinsi Jawa Tengah khususnya. Memang sebagian besar siswa-siswi di SMK Telkom adalah para anak-anak dari Jawa Tengah. Malahan dulu saya ada teman dari Pangkalan Bun, Kalimantan. Ada juga sebagian yang berasal dari Jawa Barat.

Lulus dari SMK kita bisa menentukan sendiri. Mau kerja bisa. Terutama di dunia IT. Mau lanjut kuliah apalagi. Tinggal pilih kampus yang kalian mau. Apalagi mau lanjut ke jurusan yang berbau IT, lulusan SMK Telkom sudah punya banyak ilmu dasar mengenai dunia IT.

Ditambah lagi SMK Telkom ini memiliki jaringan menuju Telkom University di Bandung dan di Purwokerto. Jadi sebenarnya jenjang masa depan kita sudah bisa siapkan dari bangku SMK ini.

Untuk biaya memang sedikit lebih mahal dibanding SMA atau SMK lainnya. Tapi ya ono rego ono rupo.

Selamat ulang tahun SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto
Selamat ulang tahun SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto

Belajar Ngeblog Sejak SMK

Ilmu tentang internet dan seluk beluk di dalamnya saya ketahui pertama kali di SMK Telkom. Saat itulah saya mengenal yang namanya blog. Yoi men. Di umur 17 tahun kalau tidak salah waktu itu, sekitar tahun 2006 atau 2007, saya memulai nulis blog. Waktu itu juga lagi ramai-ramainya blog Kambing Jantan milik Raditya Dika.

Hobi ngeblog itu semakin tersalurkan karena memang ada namanya tugas Kewirausahaan dari Pak Darmawan. Beliau meminta setiap siswa dan siswi di SMK Telkom Purwokerto untuk membuat sebuah usaha. Modalnya dari mana? Ya iuran dari kantong kami sendiri.

Saya dan beberapa teman saya membuat usaha pembesaran ikan gurameh. Blog tentang ikan gurameh ini masih aktif hingga sekarang. Namun sayang kami sudah lupa email dan password apa yang kami gunakan untuk login ke dalam blog ini. Blog ini bisa kamu kunjungi pada tautan berikut >> http://guramehmajumundur.blogspot.com

Kegiatan ngeblog masih aktif hingga sekarang. Dulu masih iseng-iseng aja. Sekarang sudah jadi semacam rutinitas mingguan sekedar menyalurkan hobi dan kegiatan melepas stres.

Belajar Ngoprek Komputer

Komputer dan pemrograman adalah makanan sehari-hari waktu SMK dulu. Sejak kelas satu, kami sudah dijejali dengan mata pelajaran KKPI. Apa itu KKPI? Adalah Keterampilan Komputer dan Pengenalan Informasi. Dari situlah mata pelajaran dan dasar-dasar komputer diberikan kepada kami.

Selanjutnya kami juga diajarkan tentang sistem operasi. Yang pertama kami pelajaran adalah sistem operasi MS DOS. Apa itu MS DOS? Microsot Disk Operating System. DOS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk IBM dahulu kala.

Apa yang kami pelajari? Kami membuat folder, meng-copy, berpindah dari folder satu ke folder yang lain menggunakan MS DOS. Teman-teman anak milenial mungkin banyak yang tidak tahu tentang DOS ini. Kalian bisa buka MS DOS ini dengan cara memencet tombol Windows+R. Lalu ketikkan CMD pada kolom Run tersebut.

Selanjutnya kami mempelajari tentang PASCAL, DELPHI, MS FOXPRO, MS VISUAL BASIC, dan lain-lain. Kenapa kami mempelajari itu semua? Karena jurusan saya adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Bagian dari program keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK sendiri terbagi dalam empat (4) jurusan di tahun 2019 ini, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Penyiaran Radio.

Akan berbeda lagi mata pelajarannya kalau kalian mengambil jurusan Program Keahlian Teknik Jaringan Akses Pelanggan (TJAP). TJAP ini terbagi menjadi dua (2) jurusan Teknik Akses Kabel dan Teknik Akses Radio.

Lebih lengkapnya buka tautan ini saja >> http://smktelkom-pwt.sch.id/profile/

Website SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto
Website SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto

Belajar dari Pagi hingga Sore

Jam pelajaran SMK Telkom Purwokerto dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga jam 4.00 sore. Rumah saya sendiri berjarak sekitar 45 menit dari sekolah. Saya biasa berangkat dari rumah jam 6.00 pagi. Waktu masih ingat betul, saya diantar oleh sepupu menggunakan naik motor. Ketika si body sudah bisa menyesuaikan diri untuk bangun dan berangkat pagi, saya biasa menggunakan kendaraan umum. Jam 6.00 pagi sudah keluar rumah untuk menunggu bis.

Jam 7.00 bel tanda pelajaran dimulai dibunyikan. Kalau tidak salah bunyinya seperti bunyi bel di stasiun kereta. Lupa-lupa ingat deh saya. Kalau ada teman yang ingat, boleh tulis di komen untuk koreksinya.

Jam 7.00 kurang 15 menit biasanya para guru BK terutama Bu Jemi dan Pak Darmawan sudah menunggu di depan ruang aula. Untuk apa? Mereka mengawasi anak-anak yang dandanannya kurang rapi. Rambut gondrong lah, celana model cutbray, celana komprang, celana pinsil, celana yang warnanya tidak standard, sepatu tidak berwarna hitam, atau bagi para siswi mereka dicek rambutnya, roknya dipastikan tidak berada di atas lutut. Dan lain-lain.

Jam istirahat di SMK Telkom Purwokerto waktu itu ada 2 kali. Yaitu pada jam 8.30-09.00 dan jam 12.00-13.00. Istirahat pagi biasa kami gunakan untuk santai-santai saja. Jam istirahat kedua biasanya kami pakai untuk makan siang di warteg depan sekolahan. Iya, kami harus makan banyak karena jam pelajaran masih akan terus berlanjut hingga pukul 16.00. Bahkan tidak jarang kami belajar hingga pukul 17.30 karena ada jam tambahan atau jam pengganti.

Cerita ini bukan untuk menakuti-nakuti. Namun sebagai pemacu semangat bahwa saya tetap menikmati sekolah dengan jam padat tersebut.

Kopsis Mas Nano Beli Tidak Beli Tetap Thank you
Kopsis Mas Nano Beli Tidak Beli Tetap Thank you

Sabtu Adalah Hari Libur

SMK Telkom Purwokerto menganut paham hari Sabtu libur. Libur yang dimaksud di sini adalah libur dari aktivitas pelajaran. Namun kami wajib ikut kegiatan ekstrakurikuler. Untuk kelas 1 biasanya diwajibkan ikut pramuka pada minggu pertama, kemudian pada minggu ketiga diperbolehkan memilih kegiatan ekskul yang lain. Misalkan ekskul Machintos (Mathematic Club of The International High School), SPEC (Sandhy Putra English Club), Siaran Radio, Sapupala (Sandhy Putra Pecinta Alam), dan lain-lain. Sorry ya bro sis, aku agak lupa apa saja ekskul yang ada di sekolah kita dulu. Ehehe..

Lalu di minggu kedua dan ke-empat ada kegiatan apa saja? Biasanya kami libur pada hari Sabtu ini. Terutama untuk para perantau dari luar kota, waktu kosong ini biasa digunakan untuk pulang kampung. Perlu diketahui memang dulu jaman saya itu, sekitar 70-80% siswa SMK Telkom Purwokerto adalah para siswa-siswi dari luar Purwokerto. Dan mereka kost di daerah Pancurawis, Karangbawang, maupun daerah lain di sekitar Jln DI Panjaitan.

Bagi mereka yang tidak senang pulang kampung, biasanya hari libur ini ya dipakai untuk santai di kost, mengerjakan tugas, atau jalan-jalan ke tempat wisata di Purwokerto dan sekitarnya.

Foto Aula SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto tempo doeloe
Foto Aula SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto tempo doeloe

Mau Sekolah di SMK Telkom Purwokerto

Kalau kamu ingin anak-anak kamu bersekolah tingkat SLTA di SMK Telkom, kamu bisa buka link berikut ini.

Website >> http://smktelkom-pwt.sch.id

Fanpage >> https://www.facebook.com/stematel

IG >>@stematelpwt

Alamat sekolah >> Jl. D.I. Panjaitan No.128, Karangreja, Purwokerto Kulon, Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53141

Tautan lokasi >> https://goo.gl/maps/YZQaww2ePcH2

Kegiatan dan prestasi apa saja yang sudah diukir oleh SMK Telkom Purwokerto, bisa kamu buka di laman tersebut.

Bravo SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto.

Mars SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto

Sandhy Putra almamater kita.
Pancarkan jiwa bangsa merdeka.
Tempat aku menyatu tekad
Tuntut ilmu mengejar cita-cita

Sandhy Putra sumber ilmu dan budaya
Menempa budi pekerti
Membimbing putra dan putri
Menuju bangsa yang jaya

Majulah Sandhy Putra
Jayalah citranya
Jadi patriot bangsa
Kesuma negara

Leave a Reply