Socrates dan Tes 3 Saringan

Pada jaman dahulu kala di negara Yunani kuno hidup seseorang yang bernama Socrates yang terkenal karena kebijakan dan pengetahuannya yang mumpuni.

Suatu hari seorang kenalannya bertamu ke rumah Socrates dan berkata, “Apakah Anda tahu apa yang baru saja saya dengar tentang teman Anda?”

“Tunggu sebentar !!”, jawab Socrates. “Sebelum menceritakan apapun kepada saya tentang teman saya itu, saya ingin Anda lulus tes kecil Ini yang saya sebut sebagai Test Tiga Saringan..”

“Test Tiga Saringan?”

“Itu benar,” lanjut Socrates. “Sebelum Anda berbicara kepada saya tentang hal teman saya, mungkin merupakan ide yang baik untuk menguji pernyataan anda sejenak dan menyaring apa saja yang akan Anda katakan. Itulah mengapa saya menyebutnya test tiga saringan.

“Saringan pertama adalah SARINGAN KEBENARAN. Apakah Anda sudah benar-benar yakin bahwa apa yang Anda katakan kepada saya adalah suatu kebenaran? “.

“Tidak,” kata pria itu, “Sebenarnya aku baru saja mendengar tentang hal itu dan . .”

“Baiklah,” kata Socrates. “Jadi Anda tidak benar-benar tahu apakah itu benar atau tidak.

“Sekarang mari kita coba saringan kedua, SARINGAN KEBAIKAN. “Apakah apa yang Anda katakan kepada saya tentang teman saya itu sesuatu yang baik? “

“Tidak, bahkan sebaliknya …”

“Jadi,” Socrates melanjutkan, “Anda ingin mengatakan sesuatu yang buruk padaku tentang dia, tetapi Anda sendiri tidak yakin itu benar atau tidak. Ok, Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, karena ada satu saringan lagi, yakni SARINGAN KEGUNAAN.

“Apakah hal yang ingin Anda ceritakan tentang teman saya itu menurut anda akan berguna bagi saya? “

“Tidak, tidak sesungguhnya benar-benar …”

“Nah,” kata Socrates, “Jika apa yang ingin Anda katakan tentang sahabat saya itu bukanlah hal yang benar atau baik bahkan tidak berguna, mengapa anda berkeras berupaya untuk mengatakan hal semacam itu kepada saya ?”.

*Sumber: Sharing di WA #SF2 w/ Daniel Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *