Mengapa Menulis Blog?

Saya pertama kali menulis blog pada tahun 2007. Kala itu saya masih duduk di kelas 3 SMA. Saya masih ingat betul, tujuan saya membuat blog tersebut adalah untuk memenuhi tugas dari guru Kewirausahaan saya, Pak Darmawan. Beliau memberikan kami tugas membuat usaha kewirausahaan. Sebuah tugas untuk membuat suatu bisnis secara nyata, produknya nyata, ada proses transaksi, dan ada profit yang harus didapat. Dan kami berempat berinisiatif untuk membuat blog sebagai media promosi usaha yang kami jalani. Waktu itu saya sendiri yang mengelola dan memperbarui tulisan di blog tersebut.

PT Gurameh Maju Mundur adalah usaha kewirausahaan pertama saya bersama teman-teman waktu di SMK

Kami berempat sepakat menanam saham masing-masing sebesar Rp 250.000 per orang, kami sekelompok ada 4 orang, dan terkumpul modal sebesar Rp 1.000.000. Uang ini kami gunakan untuk membuat usaha budidaya ikan gurameh. Usaha ini kami lakukan selama kurang lebih 3 bulan. Dan alhamdulillah usaha ini bangkrut. Ikan kami banyak yang mati. Ikan terakhir yang ada di kolam pada akhirnya kami jual ke guru Kewirausahaan kami sendiri, Pak Darmawan, dengan total pembelian seharga Rp 100.000. Kami rugi sebesar Rp 900.000 dalam waktu 3 bulan.

Usaha menulis blog tersebut ternyata membuat saya ketagihan. Ada beberapa blog yang saya ciptakan. Mayoritas saya menulis di WordPress dan Blogspot. Kedua platform tersebut saya pakai supaya saya bisa melakukan perbandingan mana yang lebih baik dan mudah digunakan. Dan ternyata keduanya sama-sama mudah dan enak dipakai.

Mengapa menulis blog?

Menulis blog bagi saya adalah upaya untuk menuangkan isi otak dan pikiran yang seringkali tidak mampu saya sampaikan lewat verbal. Saya memiliki kekurangan untuk berbicara secara terstruktur. Blog menjadi media yang saya akui mampu menjadi tempat saya berbicara.

Menulis blog sendiri merupakan upaya saya untuk melawan lupa. Saya adalah orang yang mudah lupa. Blog menjadi reminder ketika saya ingin mengunjungi kenangan di masa lalu. Tsahhh..

Ketika saya membaca blog saya sendiri, terutama tulisan-tulisan di masa lalu, hal ini membuat saya merasa lebih bahagia. Ada banyak momen-momen yang mungkin terlewat dan lupa, namun ketika membaca blog, saya menjadi teringat kembali. Hal-hal yang lucu, menggemaskan, betapa naif-nya saya di masa lalu.

Keuntungan menulis blog

  1. Ada kepuasan ketika kita mampu menyelesaikan sebuah tulisan. Kepuasan inilah yang membuat saya ingin terus menulis dan menulis. Lihat tulisan saya tentang upaya menghibur diri dengan menulis disini.
  2. Ada kepuasan ketika tulisan kita dibaca orang. Apalagi ketika jumlah kunjungan ke blog kita meningkat, rasanya senang sekali.
  3. Ikut lomba dan mendapatkan hadiah. Saya sering ikut lomba menulis blog dulu ketika masih memakai hosting gratis dari WordPress.
  4. Memiliki banyak teman. Ada banyak sekali komunitas blog, seperti Kompasiana, Blogger Crony, Warung Blogger, Emak-Emak Blogger, dan lain sebagainya.
  5. Blog sebagai rak memori. Kita bisa membukanya kapan pun kita mau.

Rencana ke Depan

Saya sudah membeli hosting dan domain saya sendiri. Ini saya lakukan sejak tahun 2017 ini. Cukup terlambat sebenarnya. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Saya berencana ingin fokus menulis blog dan berbagi pengalaman. Pengalaman saya saat ini mayoritas mengenai pengalaman bekerja dan jalan-jalan di Egypt dan Sudan. Dua negara yang selama 3 tahun terakhir ini saya tinggali.

Hampir 10 tahun saya menulis blog dan baru kali ini bersemangat untuk berkarya melalui blog. 🙂

Leave a Reply