Tempat Wisata di Northern Sudan

northern sudan tourist destination

Kali ini saya akan bercerita mengenai tempat-tempat wisata di Northern Sudan. Northern Sudan merupakan provinsi yang berada di Sudan bagian utara. Wilayah ini berbatasan langsung dengan negara Mesir. Selain itu, wilayah ini juga dialiri sungai Nil dan berbatasan langsung dengan Danau Nasser di Mesir.

Keberadaan provinsi Northern Sudan bisa dilihat pada peta berikut ini.

Peta negara Sudan
Peta negara Sudan

Kota kuno Kerma (2500-1500 BC)

Peradaban Kerma dianggap sebagai salah satu nenek moyang bangsa Sudan. Bangsa Kerma memiliki raja yang berdiri sendiri selama ribuan tahun. Daerah kekuasaannya membentang dari Aswan di utara hingga ke Sudan Selatan modern. Peradaban Kerma terkenal karena kemampuan militernya. Selain itu Kerma juga dikenal sebagai negara penghasil gerabah, keramik, dan industri perunggu. Orang Kerma dikenal sebagai orang pertama yang menggunakan dipan untuk tidur. Sisa peradaban Kerma saat ini berada di Dofofa dan kota Karma, 22 km utara Jabal Barkal.

kerma ancient city
Kota kuno Kerma di Northern Sudan
western deffufa in kerma
Western Deffufa di Kerma

Jabal Barkal di Marawi

Jabal barkal merupakan gunung yang berlokasi 400 km dari kota Khartoum. Gunung ini tepatnya berada di kota Marawi. Tinggi gunung ini 98 meter dengan kondisi puncak gunungnya yang datar.

Jabal Barkal adalah salah satu tanda yang digunakan oleh para pedagang di masa lalu untuk menyeberangi Sungai Nil. Tempat ini juga merupakan bagian penting dari peradaban Napata. Pada tahun 2003 Jabal Barkal masuk ke dalam salah satu warisan kekayaan dunia oleh UNESCO.

jabal barkal in northern sudan
Jabal barkal di Northern Sudan

Piramida Nuri

Nuri berada di sebelah timur tepi sungai Nil, berhadapan dengan kota Karma. Nuri memiliki peninggalan berupa kuburan para firaun dan piramida. Piramida Raja Taharqa adalah salah satu yang terbesar. Piramida di Nuri ukurannya lebih kecil dibanding dengan piramida di Mesir. Sebagian besar juga sudah hancur karena kurangnya perawatan dari pemerintah setempat. Selama era Kristen, sebuah gereja pernah didirikan di wilayah ini. Gereja tersebut dibangun dengan menggunakan batu-batu tua, yang mana batu tersebut asalnya dari piramida.

nuri pyramids
Piramida di Nuri

Abu Dom di Marawi

Di kota modern Marawi sekarang, ada daerah yang namanya Abo Dom. Abo Dom adalah kota penting pada masa kerajaan Napata. Di wilayah ini Raja Taharqa membangun kuil Tawa untuk menyembah Dewa Amoon. Kuil ini dibangun dengan menggunakan batu pasir (sandstone). Sisa peninggalan kerajaan Napata tersebut masih tersisa hingga kini.

Kuil Tawa berada di endapan sungai Nil di sisi timur, seberang kota Dongola modern. Di masa lalu, ini adalah lokasi kuil-kuil yang digunakan untuk menyembah Dewa Amun. Kuil tersebut dibangun pada masa Raja Amenhotep III dan Tutankhamun, dan juga oleh Taharqa dan raja-raja Kushite lainnya.

abu dom
Abu dom

Piramida Al Kurru

Al Kurru merupakan salah satu peninggalan penting dari kerajaan Kushite yang ketika itu beribukota di Napata. Al Kurru memiliki beberapa makam kuno dan reruntuhan piramida yang menunjukan adanya peradaban di wilayah tersebut di masa lalu.

Piramida Al Kurru merupakan sebuah komplek piramida yang berada 10 km di sebelah selatan Jabal Barkal. Piramida tertua di wilayah tersebut dibangun pada sekitar tahun 716 SM. Sebelum ada piramida Al Kurru, ada makam tua lain yang dibangun pada tahun 860 SM. Piramida Raja Tanatomun (664-655 SM) dan ibunya Qalhata masih menyisakan tulisan hieroglif dan lukisan di dinding piramidanya.

el kurru pyramids
Piramida el Kurru

Chazali Monastery atau Biara Chazali

Chazali monastery merupakan biara Kristen yang berlokasi 15 km dari kota Marawi modern. Tepatnya di oasis Ghazali. Biara tersebut terdiri dari banyak ruangan dan tempat beribadah dengan gaya arsitektur kristen.

chazali monastery
Biara Chazali

Sai Island di aliran Sungai Nil

Sai island atau pulai Sai berada 300 km sebelah utara Jabal Barkal. Secara geografis lokasi ini berada di lembah Nubia. Sai island menjadi saksi sejarah perang dan konflik dari masa ke masa. Wilayah ini merupakan bagian dari beberapa kerajaan dan di saat yang sama merupakan bagian dari kerajaan bangsa Sudan. Sai island memiliki banyak sekali peninggalan, mulai dari masa peradaban Kerma, kerajaan Napata, peradaban Meroe, era Kristen, hingga pendudukan Islam di masa Kekaisaran Turki Ottoman.

sai-island
Sai island

Sadinga

Sebelah selatan Sai island, tepatnya di sisi barat sungai Nil terdapat situs yang bernama Sadinga. Kuil yang dibangun dari batu pasir ini berada di sini oleh Raja Amenhotep III. Saat ini tersisa satu tiang kuil yang masih berdiri. Di sini juga terdapat makam yang berasal dari peradaban Kerma. Selain itu juga terdapat bangunan yang terpengaruh oleh kesultanan Ottoman.

Solib

Solib adalah desa yang terletak di sisi barat sungai Nil, sekitar 231 km dari kota Wadi Halfa di utara. Peninggalan yang penting di tempat ini adalah kuil Dewa Amoun yang dibangun pada masa Amenophis III. Kuil tersebut merepresentasikan seni dan arsitektur Nubia. Ada 4 ruangan, koridor, dan ruang yang disakralkan. Koridor dengan patung di kedua sisinya mengarah ke kuil dan ruang doa.

Melalui gerbang yang besar, kamu akan memasuki ruangan pertama yang memajang gambar raja dan keluarganya. Ruangan kedua terdapat gambar yang menceritakan rakyat di bawah kepemimpinan sang raja. Di ruangan yang sama, di bagian atas terdapat nama-nama negara Asia di bawah kekuasaan raja mereka dan di bagian bawah terdapat nama-nama negara di Afrika. Di ruangan ketiga terdapat tiang yang menjulang dan menopang atap yang saat ini sudah runtuh. Ruangan keempat merupakan ruangan terpenting dengan 24 tiang yang dihias dan diukir dengan nama Raja Amenophis. Di bagian akhir kuil kamu bisa melihat ruang suci. Di luar kuil ini kamu juga bisa menemukan obelisk Raja Taharga, salah satu raja terkuat Napata pada masa milenium pertama sebelum masehi.

solib
Peninggalan peradaban masa lalu di Solib

Sesibi

Sesibi berlokasi beberapa kilometer di sebelah selatan Solib. Di tempat ini pula dibangun kuil pada masa Raja Amenhotep (Akhenaten). Amenhotep tidak mau menyembah Dewa Amoon dan menggantinya dengan tiang yang dihias. Selama masa Akhenaten, dia mulai memperkenalkan untuk menyembah ayahnya dan Amen di kuil. Di kemudian hari, dia mendedikasikan kuil tersebut ke Aten.

sesibi
Kuil di Sesibi

Old Dongola

Old Dongola merupakan ibukota dari kerajaan Makuria yang beragama Kristen. Ada beberapa gereja yang dibangun pada masa Sudan kuno tersebut. Situs ini juga menunjukan bahwa ada gereja yang diubah peruntukannya, dari awalnya gereja lalu diubah jadi masjid. Ini terjadi ketika Sudan dikuasai kesultanan Islam. Saat ini di masa Sudan modern Old Dongola menjadi ibukota provinsi Northern.

old dongola
Peninggalan di Old dongola

Source: http://www.albarkal.com/the-northern-state.html

Baca juga tulisan saya yang lain mengenai Sudan

Sekilas mengenai Sudan

1 Comment

Leave a Reply