Tempat Wisata di Old Cairo

tempat wisata di old cairo

Bagi teman-teman mahasiswa dan mahasiswi yang menimba ilmu di kota Cairo pasti tahu apa itu kawasan Old Cairo. Sebuah tempat yang berada di daerah Fustat atau disebut juga Al Qahira Al Gadimah alias Kota Tua Cairo. Apa saja tempat yang bisa dikunjungi di kota tua Cairo?

Old Cairo atau lebih dikenal dengan Fustat didirikan oleh Amr Ibn al As. Seorang komandan pasukan di jaman Khalifah Umar Ibn al Khatab. Ialah orang yang menaklukan kota Cairo dari Romawi. Kamu bisa baca tulisan saya sebelumnya mengenai komandan Amr Ibn al As sekaligus masjid Amr Ibn al As di Cairo.

old cairo map
Peta Old Cairo yang berada di dekat Sungai Nil

Ada banyak peninggalan tempat bersejarah di kawasan ini. Ada Masjid Amr Ibn al As, Masjid Ibn Tulun, Museum Coptic, Babylon Fortress, Gereja Gantung, Gereja St. George, dan Ben Ezra Synaghoge.

Hanging Church alias Gereja Gantung

Kenapa disebut gereja gantung? Bukan karena gereja ini melayang di atas tanah ya. Namun lebih karena gereja ini dibangun di atas benteng Babylon. Untuk masuk ke dalam gereja ini kita harus naik tangga sebanyak 29 tangga. Karena harus naik tangga, makanya disebut bahwa gereja ini menggantung alias berada lebih tinggi dari permukaan di sekitarnya.

Gereja yang dibangun antara tahun 690-692 M ini terkenal di kalangan Kristen Koptik. Tempat ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi oleh para peziarah Nasrani yang datang dari Indonesia. Selain mengunjungi Gunung Sinai dan Saint Catherine tentunya.

gereja gantung di old cairo
Hanging Church alias Gereja Gantung

Gereja St. George

Gereja ini juga merupakan gereja koptik yang berada di kawasan Old Cairo. Begitu masuk kawasan gereja, kamu tinggal belok kanan dan kamu akan langsung melihat bangunan yang tinggi besar ini. Beberapa informasi menyebutkan bahwa gereja ini dibangun pada abad ke-10.

Ada beberapa lantai yang bisa kamu masuki. Kamu bisa melihat arsitektur dan peninggalan yang ada di dalam gereja. Gereja ini biasanya yang paling sesak dan ramai dikunjungi orang.

Gereja Saint George di Old Cairo
Gereja Saint George di Old Cairo

Ben Ezra Synaghoge

Sinagog adalah tempat ibadah bagi umat Yahudi. Kalau kamu berkunjung ke Cairo, kamu wajib mengunjungi sinagog ini. Bukan apa-apa, karena saat ini amat susah mencari sinagog yang masih berdiri tegak, terutama di kawasan Timur Tengah. Kamu akan jadi tahu bagaimana bentuk rumah ibadah umat Yahudi.

Sinagog di kawasan Old Cairo ini menurut literatur dari Wikipedia dibangun pada tahun 882 M, yaitu masa sebelum Islam datang ke Mesir.

synagogue ben ezra
Synagogue Ben Ezra di Old Cairo

Masjid Amr Ibn Al Ash

Sudah saya tulis sebelumnya di tulisan tentang Masjid Amr Ibn Al Ash. Yang mana masjid ini merupakan masjid tertua yang berada di benua Afrika. Dibangun di tempat dimana Amr Ibn Al Ash bermukim bersama para prajuritnya. Fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Masjid Amr Ibn Al As di Old Cairo
Masjid Amr Ibn Al As di Old Cairo

Babylon Fortress

Benteng ini merupakan peninggalan dari jaman Babylon yang mana saat itu memiliki pusat kerajaan di Mesopotamia. Wilayah kekuasaannya begitu luas sehingga tidak heran ada peninggalan masa Babylon di Cairo ini.

Babylon Fortress di Old Cairo
Babylon Fortress di Old Cairo

Transportasi menuju Kawasan Wisata di Old Cairo

Untuk mencapai tempat-tempat di atas bukanlah hal yang sulit. Kalau memakai mobil pribadi tinggal ikuti saja GPS yang ada. Kalau kamu datang secara perorangan, saya merekomendasikan untuk naik Metro alias kereta listrik. Tinggal naik dari stasiun Ramses Line 1 jurusan Helwan. Nanti kamu bisa lihat stasiun Mar Girgis. Di stasiun itulah nanti kamu harus turun.

Lokasi wisata yang saya sebutkan di atas berada tepat di depan stasiun Mar Girgis. Jadi kamu tinggal menyeberang jalan saja dan langsung ke pintu gerbang. Tenang saja, untuk masuk kawasan ini kamu tidak akan dipungut biaya.

Untuk masalah waktu, saya sarankan untuk datang di pagi hari untuk mengantisipasi cuaca yang panas di siang hari. Kalau kamu Muslim, selesai berkeliling kawasan ini pada puncaknya kamu tinggal shalat di Masjid Amr Ibn Al As pada waktu shalat Dhuhur. Jangan lupa juga membeli cindera mata di toko-toko yang berada di sepanjang jalan.

Cairo Metro Map
Cairo Metro Map

Leave a Reply