Tempat wisata di Qatar yang bisa dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Qatar yang bisa kamu kunjungi. Qatar adalah negara yang bisa dikunjungi dalam waktu singkat. Negaranya tidak begitu luas sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menikmati tempat wisata di Qatar.

Qatar memiliki luas wilayah sekitar 11.000 km2 menurut sumber dari Wikipedia. Sebagai perbandingan, luas wilayah Pulau Bali adalah 5.600 km2. Artinya luas wilayah Qatar adalah dua kali pulau Bali.

Baca juga:

peta-objek-wisata-di-bali
Peta objek wisata di Bali

1. Doha Corniche

Doha Corniche adalah pantai sepanjang 7 km yang membentang di Doha Bay. Di sepanjang pantai ini tersebar gedung-gedung bertingkat dengan pemandangan memukau, pusat bisnis, dan yang terakhir Museum of Islamic Art. Ada juga restoran, café, jalur sepeda hingga jalur jogging. Bentuk bangunannya pun unik-unik, khas bangunan Arab tempoe doeloe.

Pemandangan pagi hari di Doha Corniche
Pemandangan pagi hari di Doha Corniche

2. Souq Waqif

Pasar tradisional Souq Waqif adalah sebuah pasar tradisional dengan bentuk bangunan arsitektur tradisional khas negara Timur Tengah. Beberapa barang yang dijual adalah merchandise khas Timur Tengah, diantaranya rempah-rempah, makanan, kurma, kacang-kacangan, parfum, perhiasan, pakaian, kerajinan tangan, dan banyak barang-barang lainnya.

Pada beberapa waktu tertentu juga ada penampilan musik tradisional, pameran seni, dan pertunjukan budaya. Souq Waqif juga merupakan tempat bagi banyak galeri seni.

Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Souq Waqif pada malam hari antara pukul 07.00 pm hingga 11.00 pm.

Pusat belanja oleh-oleh khas Qatar di Souq Waqif
Pusat belanja oleh-oleh khas Qatar di Souq Waqif

3. Museum of Islamic Art

Merasakan momen pada masa 14 abad silam di sebuah museum di kota Doha adalah pengalaman yang wajib dicoba selama berada di Qatar. Koleksinya boleh dibilang sangat beragam. Mulai dari lukisan, gerabah, logam, keramik, tekstil, manuskrip, terutama dari jaman Mughal dan Safavid.

MIA (Museum of Islamic Art) memiliki desain arsitektur yang sangat bagus. Didesain oleh IM Pei, pemenang Pritzker Architecture Prize 1983. MIA menawarkan program dan pertunjukan yang berbeda tiap waktu. Biasanya ada pameran, workshop, pertunjukan dan acara seni sebagainya.

Untuk mengikuti pameran dan workshop khusus, biasanya ada biaya tambahan. Tetapi untuk masuk ke galeri MIA, biayanya GRATIS. Ada banyak restoran dan café yang bisa kamu kunjungi setelah lelah berkeliling museum. Ada juga jasa tour guide yang siap membantu pengunjung.

Jam buka museum:

Minggu, 08.30 am – 07.00 pm
Senin, 08.30 am – 07.00 pm
Selasa, 08.30 am – 07.00 pm
Rabu, 08.30 am – 07.00 pm
Kamis, 08.30 am – 07.00 pm
Jumat, 02.00 pm – 07.00 pm
Sabtu, 08.30 am – 07.00 pm

Pintu museum ditutup 30 menit sebelum waktu kunjungan berakhir. Galeri, gift shop, dan café tutup 15 menit sebelum waktu kunjungan berakhir.

Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi >> http://www.mia.org.qa

Museum of islamic art di kota Doha qatar
Museum of Islamic Art di kota Doha, Qatar

4. Katara Cultural Village

Katara Culturan Village kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka bisa bermakna Desa Wisata Katara atau Desa Budaya Katara. Tempat wisata di Qatar ini adalah komplek yang berisikan teater, galeri, dan panggung pertunjukan untuk acara-acara konser, pameran, dan pertunjukan kebudayaan.

Acara Doha Film Institute’s Ajyal Youth Film Festival juga diadakan di tempat ini. Festival film ini biasa diadakan pada bulan November setiap tahunnya.

Selain tempat pertunjukan, ada juga restoran dan café serta pemandangan pantai Katara yang indah.

Pihak pengelola menganjurkan untuk mengunjungi tempat ini pada jam 11.00 am – 2.00 pm dan 5.00 pm – 11.00 pm.

Katara Cultural Village di Doha, Qatar
Katara Cultural Village di Doha, Qatar

5. The Pearl-Qatar

The Pearl-Qatar adalah sebuah pulau buatan yang berada di pantai West Bay. Ada banyak hotel, mall, pusat perbelanjaaan dengan brand ternama.

Tidak ketinggalan pula yang namanya restoran, café maupun toko es krim. Café dan restoran ini berbeda satu sama lain sehingga bisa kamu pilih mana yang sesuai selera.

The Pearl-Qatar adalah ikon dari kota Doha dan negara Qatar itu sendiri. Pulau buatan yang indah ini cocok dikunjungi ketika sore hingga malam hari. Nongkrong asik dengan teman atau kekasih. Kalau pagi hari enaknya buat lari pagi karena udaranya masih segar dan belum banyak orang datang.

the-pearl-in-qatar-tempat-wisata-di-qatar
The Pearl, pulau buatan di negara Qatar

6. Benteng Al Zubarah

Al Zubarah berada di pesisir barat laut negara Qatar. Terdapat benteng peninggalan zaman kuno serta 60 hektar tempat arkeologi. UNESCO World Heritage pun memberikan penghargaan sebagai salah satu peninggalan warisan dunia dari abad 18-19 M.

Al Zubarah juga merupakan salah satu pusat penyelaman mutiara di Qatar. Kota bersejarah ini juga merupakan salah satu pusat perdagangan di masa lalu. Dahulu kala, kota ini begitu makmur sebagai kota bisnis.

“Al Zubarah memberikan kesaksian tentang interaksi manusia dengan laut dan lingkungan gurun yang keras di wilayah tersebut. Penyelaman kerang mutiara, keramik impor, perangkap ikan, sumur dan aktivitas pertanian menunjukkan bagaimana pembangunan kota didorong oleh perdagangan dan aktivitas komersil. Al Zubarah juga menunjukkan seberapa dekat penduduk kota itu terhubung dengan laut dan daerah pedalaman gurun mereka”, begitu kata UNESCO.

Benteng Al Zubarah di Qatar
Benteng Al Zubarah di Qatar

7. Inland Sea – Khor Al Adaid

Berlokasi 60 km di sebelah tenggara kota Doha, Khor Al Adaid adalah natural wonder yang memiliki laut di tengah gurun. Tempat wisata di Qatar ini adalah rumah bagi gazele, burung-burung gurun dan kura-kura. Tempat ini juga merupakan tempat transit bagi burung-burung yang bermigrasi ketika musim dingin datang di utara.

Inland Sea-Khor Al Adaid harus ditempuh dengan menggunakan mobil gardan ganda. Jangan lupa juga membawa tour guide supaya mereka bisa menunjukan secara detail lokasi ini. Ekosistem di tempat ini masih begitu alami.

Khor Al Adaid di Qatar
Khor Al Adaid, lautan di tengah gurun

8. Museum, Galeri, dan Rumah Budaya

Lelah mengunjungi tempat wisata di Qatar yang berupa alam, ada beberapa museum yang bisa dikunjungi ketika pagi atau sore hingga malam hari.

  1. Museum Sheikh Faisal bin Qasim Al Thani. Berlokasi di daerah Al Samriya dengan koleksinya lebih dari 15.000 artefak.
  2. Museum Mathaf – Museum Seni Modern. Berlokasi di Doha’s Education City, museum Mathaf adalah satu-satunya institusi yang menyajikan pertunjukan seni kontemporer.
  3. Venue lainnya antara lain Doha Fire Station dan Al Riwaq Gallery.

9. Situs Bersejarah

Tempat wisata di Qatar bukan hanya alam atau museum, ada juga situs bersejarah. Situs bersejarah yang ada di Qatar ada banyak. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Barzan Tower. Berlokasi di suburban Doha, tepatnya di desa Umm Salal Mohamed. Barzan Tower dibangun pada tahun 1910 hingga 1916 dan saat ini telah direstorasi seperti keadaan aslinya.
  2. Al Wajba Fort. Berlokasi di 15 km sebelah barat kota Doha. Benteng ini dibangun pada akhir abad 18 hingga awal abad 19. Tempat ini dulunya adalah salah satu lokasi perang terkenal di negara Qatar.
  3. Al Koot Fort. Dikenal juga dengan nama Doha Fort, dibangun pada tahun 1927 sebagai sebuah pos keamanan. Al Koot Fort dibangun di dekat Souq Waqif sekaligus sebagai pos penjaga ketertiban di sana. Tempat ini juga memiliki sel penjara di dalamnya.
  4. Al Jassasiya rock carving. Adalah sebuah tempat yang berisikan pahatan pada batu-batuan peninggalan masa lampau. Total ada sekitar 874 pahatan di tempat ini. Pahatan ini dikenal dengan nama ‘petroglyphs’. Pahatan ini diprediksi merupakan peninggalan jaman Neolithikum. Tempat ini ditemukan pada tahun 1957.

10. Public Art

Qatar berkomitmen untuk memberikan pengalaman seni yang berkesan bagi setiap orang yang berkunjung ke Qatar. Ada banyak sekali seni-seni yang dipertunjukkan di tempat-tempat umum. Untuk detail tempatnya, temna-teman bisa kunjungi laman pada tautan berikut.

Lokasi dan Detail Public Art di Qatar

Patung tangan menangkap bola di Qatar
Patung tangan menangkap bola di Qatar

11. Qatars National Library

Bagi teman-teman yang hobi membaca, mengunjungi perpustakaan nasional suatu negara asing adalah sebuah pengalaman terbaik. Melihat bentuk dan seni bangunannya, koleksi bukunya, serta pengalaman membaca buku di sebuah perpustakaan luar negeri menurut saya adalah kemewahan yang jarang kita rasakan.

Qatars National Museum adalah perpustakaan nasional negara Qatar. Perpustakaan ini buka pada hari Sabtu – Kamis pukul 8.00 AM – 8.00 PM. Hari Jumat juga tetap buka dari pukul 04.00 PM – 8.00 PM. Ingin tahu laman resminya? Buka tautan berikut ini >> www.qnl.qa/en

12. Flora dan Fauna

Kehidupan flora dan funa di Qatar cukup unik. Ada satu hewan yang menjadi ikon resmi negara ini. Hewan tersebut adalah Arabian Oryx. Sempat dikabarkan punah pada tahun 70an namun pada tahun 1980 hewan ini berhasil dikembangkan kembali.

Selain Oryx ada juga unta, reptil dan berbagai jenis burung endemik negara Qatar. Teman-teman yang berkunjung ke Qatar juga dapat mengunjungi peternakan unta dan kuda di negara ini.

oryx-binatang-asli-qatar
Oryx, binatang yang menjadi ikon negara Qatar

13. Gurun Pasir

Namanya juga negara Timur Tengah, gurun adalah pemandangan yang umum kita temui apabila berkunjung ke sana. Melihat pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam di tengah gurun mungkin bisa kamu coba. Kalau punya peralatan lengkap, kamu bisa mencoba camping dan menginap semalam di tengah gurun.

Pengalaman lain yang layak dicoba yaitu mengikuti tour atau safari gurun yang biasanya diadakan oleh tour travel.

Safari gurun di Doha
Safari gurun di Doha

14. Ras Abrouq Rock Formations

Rasa Abrouq adalah formasi batuan yang telah terpahat secara alami oleh angin dan air hujan selama ratusan tahun. Review dari beberapa travel blog kenamaan menyebut lokasi ini mirip dengan permukaan bulan yang gersang dan tak bertuan. Cocok untuk camping dan berburu matahari terbit dan terbenam.

15. Dahl Al Misfir Cave

Gua berkedalaman 40 meter ketika malam hari atau ketika gelap akan memancarkan cahaya kemilau. Cahaya ini berasal dari batuan fosfor yang berada di gua.

Lokasi gua dahl al misfir
Lokasi gua Dahl al Misfir di Qatar

16. Hutan Mangrove Al Thakira

Hutan mangrove bukan hanya ada di negara tropis, negara subtropis dan penuh gurun seperti Qatar pun punya hutan mangrove. Al Thakira terletak dengan Sea Inland al Khor.

Untuk menikmati hutan mangrove Al Thakira kita bisa menyewa kayak. Kita bisa melihat burung-burung dan ikan-ikan yang berada di hutan mangrove ini. Yang hobi mancing juga perlu merasakan sensasi memancing di hutan mangrove Al Thakira.

al-thakira-mangrove-in-qatar
Bermain kayak di Al Thakira Mangrove, Qatar

17. Tempat Wisata di Qatar adalah Pantai dan Lautan

Qatar adalah negara yang dikelilingi laut. Di tengahnya ada gurun, di pinggirnya ada laut. Pilihan tempat wisata di Qatar yang bernuansa alam ya ada pada dua pilihan ini.

Selamat menikmati tempat-tempat wisata di Qatar. Dan selamat menonton Piala Dunia FIFA World Cup 2022 Qatar.

Tulisan ini didedikasikan untuk menyambut piala dunia 2022 yang akan diselenggarakan di negara Qatar. Konten cerita pada tulisan ini sebagian besar diambil dari website www.visitqatar.qa. Foto dan ilustrasi diambil dari Pixabay, laman VisitQatar.qa, dan dari beberapa blog traveling yang saya baca.

Leave a Reply