Quote

I still remember the days I prayed for the things I have now.

Pada akhirnya inyong sadar, 25 tahun adalah usia dimana inyong merasa begitu percaya diri, selalu merasa benar, apabila salah maka inyong sebisa mungkin akan membantah agar presentase salah itu turun dari angka 100%.
Inyong pantang diremehkan, merasa bisa mengerjakan segala hal, dan merasa lebih baik dari mereka yang satu usia dengan inyong.
Semangat yang menyala-nyala ini sebenarnya adalah kekuatan, apabila bisa inyong arahkan ke hal-hal yang positif. Namun harus inyong ingat juga, hal ini adalah kelemahan inyong juga. Ketika inyong tidak bisa memenuhi ekspektasi orang lain, inyong akan stres sendiri.
Bapake inyong mengatakan, “Nek kowe bisa nglewati umur 25 tekan 30 kanti lancar, bisa ngembangna awake dewek, sikape sopan santun, andhap asor. Insya Alloh, umur 30 menduwur kowe bisa mabur”.

Orang boleh pintar setengah mati, tapi selama ia tidak menulis ia akan mati ditelan jaman.

*Pramoedya Ananta Toer

Tidak apa-apa kalau hidupmu tidak dihargai, dikucilkan, atau bahkan dihinakan. Kesuksesan bukan terletak pada hal apa yang sudah kamu raih, menjadi apa, ternama atau tidak. Tapi bagaimana menjalani hidup ini dengan benar, itu sudah cukup untuk dinamakan sukses.