Wisata Petik Buah Pepaya California

Wisata Petik Buah di Purwokerto

Wisata petik buah di Purwokerto bisa kamu lakukan di Desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Dari pusat kota, utamanya dari alun-alun Purwokerto atau dari stasiun kereta api Purwokerto, kamu cukup berkendara selama 30 menit ke arah barat/arah Ajibarang. Setelah melewati kecamatan Karanglewas, kamu tinggal saja cari nama Desa Karanggude. Pasti ketemu.

Berada di ketinggian 100 MDPL, desa Karanggude menyimpan banyak potensi pertanian. Selain cuacanya yang mendukung, perairan dan irigasi di desa Karanggude juga relatif mudah. Perairan diperoleh dari bendungan Jaganala di Desa Langgongsari, Kec. Cilongok. Potensi desa Karanggude sebagai salah satu desa penghasil buah-buahan tropis pernah saya ulas di sini >> Desa Karanggude Sebagai Penghasil Buah Pepaya California.

Buah apa saja yang bisa kamu petik di kebun buah tersebut? Mari kita ulas satu-satu.

Pepaya California

Buah pepaya California adalah buah yang bisa dipetik sepanjang tahun. Artinya kamu bisa saja datang pada musim dan bulan apapun. Kami terbiasa melayani kunjungan untuk anak-anak TK, SD hingga mahasiswa dari perguruan tinggi. Terakhir kunjungan kemarin adalah siswa-siswi dari TK Santo Yosep Purwokerto. Kurang lebih sebanyak 60 siswa dan guru datang untuk memetik buah pepaya California.

Yang unik adalah, siswa siswi bukan hanya memetik buah, namun juga belajar bagaimana caranya membuat benih, membuat bibit, merawatnya hingga cukup umur untuk ditanam ke dalam lahan.

Di samping kebun buah Pepaya California yang kami kelola, terdapat wisata edukasi dan outbond milik pemerintah desa Karangkemiri. Jadi, teman-teman bisa meluangkan waktunya untuk memetik buah pepaya California sekaligus melakukan outbond di camping ground tersebut.

Lokasi kebunnya bisa kamu lihat di sini >> Lokasi Kebun Pepaya California di Purwokerto

Kebun Pepaya California
Kebun Pepaya California

Jeruk Keprok

Jeruk keprok adalah buah yang baru dikembangkan selama kurang lebih 4 tahun. Saat ini buah jeruk tersebut sudah dipetik untuk musim tahun petik ke-3 kalinya.

Anak-anak pasti tahu betul jeruk adalah sumber vitamin C. Jadi selain berwisata memetik buah jeruk, anak-anak juga bisa belajar tentang vitamin dan mineral.

Kebun Jeruk di Purwokerto
Kebun Jeruk di Purwokerto
Kebun Jeruk di Purwokerto Siap Petik
Kebun Jeruk di Purwokerto Siap Petik

Singkong

Tanaman singkong adalah tanaman utama yang ditanam oleh penduduk di Desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Anak-anak pasti senang belajar membuat benih singkong, menanamnya, lalu mencabut tanaman singkong dari dalam tanah.

Produk olahan singkong sendiri ada beragam macamnya. Di Desa Karanggude ada banyak usaha mandiri yang dilakukan oleh warga untuk membuat olahan berbahan dasar singkong. Beberapa diantaranya adalah gethuk, puli, ondol-ondol, dan sebagainya.

Anak-anak selain belajar tentang tanaman singkong juga bisa sekalian mengetahui produk turunan dari singkong itu apa saja.

Kebun Singkong yang Masih Kecil
Kebun Singkong yang Masih Kecil
Kebun Singkong di Purwokerto
Kebun Singkong di Purwokerto

Buah Durian

Buah durian memasuki tahun ke-5 pengembangan. Sejak 2 tahun lalu pohon durian sudah mulai berbuah. Waktu terbaik untuk memanen buah durian adalah pada bulan-bulan Desember hingga bulan Februari.

Ajarkan anak-anak untuk berhati-hati karena kalau jalan-jalan ke kebun durian, nanti bisa kejatuhan durian runtuh, hehe..

Kebun Durian di Purwokerto
Kebun Durian di Purwokerto

Peternakan kambing dan sapi

Peternakan kaming dan sapi yang ada di Desa Karanggude adalah peternakan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Hampir setiap rumah yang ada di Desa Karanggude memiliki minimal 3-4 ekor kambing. Ini bukan tipu-tipu, melimpahnya lahan tanaman dan rumput yang tumbuh di bawahnya menjadikannya lahan untuk pakan ternak.

Jadi, untuk kamu yang berada di wilayah sekitar Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen yang sedang mencari tempat wisata petik buah di Purwokerto sekaligus mencari tempat untuk belajar pertanian dan peternakan, bisa langsung datang ke tempat kami.

Kontak       : Pak Tarso

No. HP       : 082325005881

Alamat       : Desa Karanggude Kulon RT 06/03, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas

Website     : kebunpaktarso.blogspot.com

Link desa  : Lokasi Desa Karanggude 

Leave a Reply