Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sudan

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sudan
Sudan di Afrika

Nama Bangsa

Sudanese.

Nama Resmi Negara

Dalam Bahasa Arab disebut Jumhuriyat as-Sudan, atau biasa disebut dengan Sudan.

Sejarah

Pada jaman pertengahan, dunia Arab menyebut Sudan dengan nama “Bilad al-Sudan,” atau “land of the black people” yaitu tanah bagi orang hitam. Bagian utara Sudan mayoritas dihuni Arab Muslim dan Sudan bagian selatan dihuni oleh suku Afrika, dan bukan muslim. Diantara kedua bagian negara ini terdapat permusuhan yang masing-masing memiliki budaya dan tradisi tersendiri. Ketidaksukaan dari orang-orang selatan terhadap orang-orang Arab utara telah membangkitkan persatuan di antara kelompok-kelompok ini.

Lokasi dan Keadaan Geografi

Sudan berada di benua Afrika, tepatnya di sebelah selatan Egypt. Sudan berbatasan dengan Egypt, Libya, Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Congo, Uganda, Kenya, dan Ethiopia. Yang harus diketahui tentang Sudan adalah dulunya Sudan merupakan negara terluas di Afrika (sebelum berpisah dengan Sudan Selatan) dengan total luas mencapat 2.59 km2.

Sudan dialiri 2 sungai besar yaitu Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru. Sungai Nil mengalir dari selatan menuju utara, dan bermuara di danau Nubia, atau bisa juga disebut sebagai Danau Naseer, danau buatan manusia terbesar di dunia. Saking besarnya, danau ini terbagi ke dalam 2 negara, Sudan dan Egypt.

Bagian utara Sudan adalah gurun, dengan beberapa oase. Di sebelah timur terdapat perbukitan Red Sea, tepatnya di tepi Laut Merah. Di bagian tengah sedikit berbukit dan berpasir. Bagian selatan lebih hijau dan rumput mampu tumbuh disana. Terutama yang berbatasan dengan Sudan Selatan karena dekat dengan khatulistiwa sehingga mendapatkan curah hujan lebih banyak dibanding Sudan bagian utara. Sudan memiliki beragam jenis makhluk hidup, termasuk buaya dan kuda nil di sungai, gajah, jerapah, singa, leopards, burung tropis, dan beberapa jenis reptil.

Ibu kota negara, Khartoum, berada di pertemuan 2 sungai, Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru. Khartoum berbatasan dengan kota Bahry dan Omdurman. Tiga kota ini disebut sebagai the three towns dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 mencapai 7 juta jiwa. Khartoum adalah pusat perdagangan dan pemerintahan.

Demografi

Sudan berpenduduk 40 juta jiwa pada tahun 2017. 52% dari populasi adalah orang kulit hitam dan 39% adalah orang Arab. 6% adalah orang Beja, 2% orang asing, dan sisanya adalah campuran dari berbagai macam suku bangsa. Ada lebih dari 50 suku di Sudan. Termasuk di dalamnya suku Jamala suku Nubian di Sudan bagian utara yang berbatasan dengan Egypt. Suku Beja perbukitan Laut Merah; dan beberapa orang Nilotic di bagian selatan, termasuk Azande, Dinka, Nuer, dan Shilluk. Meskipun terjadi perang saudara antara Sudan utara dan Sudan selatan, sertaa sejumlah bencana alam, populasi Sudan memiliki tingkat pertumbuhan rata-rata 3 persen. Ada juga migrasi pedesaan-perkotaan yang stabil.

Bahasa

Ada lebih dari 100 bahasa daerah asli yang digunakan di Sudan, termasuk Nubia, Ta Bedawie, dialek Nilotic dan Nilo-Hamitic. Bahasa Arab adalah Bahasa resmi, digunakan lebih dari setengah penduduk Sudan. Bahasa Inggris sebagai bahasa asing diajarkan di sekolah.

Simbol dan Bendera

Bendera Sudan memiliki 3 strip horizontal: biru, melambangkan sungai Nil; kuning, melambangkan gurun pasir; dan hijau, melambangkan hutan dan vegetasi. Lambang bendera ini diganti pada tahun 1970 dengan secara eksplisit menambahkan Islam dalam simbolnya.

Yaitu tiga garis horizontal: merah, mewakili darah para martir Muslim; putih, yang melambangkan kedamaian dan optimisme; dan hitam, yang mewakili orang-orang Sudan dan mengingat bendera yang digunakan oleh Mahdi selama tahun 1800an, yaitu segitiga hijau di sebelah kiri, yang melambangkan pertanian dan keyakinan Islam.

Bendera Sudan

 

Tulisan ini saya terjemahkan dari laman aslinya di:

http://www.everyculture.com/Sa-Th/Sudan.html

Update: Saya menulis cerita dan pengalaman kecil saya hingga saat ini. Selain itu saya juga menulis tentang tips blog untuk kamu yang baru mulai belajar tentang blog. Kamu bisa membacanya setiap hari. Karena saya masih belajar, saya amat senang bila kamu mau mengirim email dan berdiskusi dengan saya. Kamu bisa mengirim email kepada saya melalui link ini. Email saya!

Saya dibesarkan sebagai seorang anak petani. Saya menyukai hal-hal yang berbau pertanian dan perdesaan. Saat ini saya dan keluarga mengelola perkebunan Pepaya California, jeruk, dan durian di Purwokerto. Bila kamu memiliki kesamaan minat dengan saya, saya yakin kita bisa membuat suatu terobosan untuk membantu para petani di desa-desa Indonesia supaya mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

Tertarik? Email saya!

2 Comments

Leave a Reply