airport-transit

Apakah WNI Perlu Visa Saat Transit di Abu Dhabi, Dubai, Qatar, Istanbul, Jeddah dan Cairo?

Apakah WNI Perlu Visa Saat Transit di Abu Dhabi, Dubai, Qatar, Istanbul, Jeddah dan Cairo? Informasi ini perlu teman-teman ketahui, karena barangkali teman-teman sering pulang pergi dan melewati bandara di kota-kota di atas.

1. Abu Dhabi dan Dubai, Uni Emirat Arab)

Saat ini negara Uni Emirat Arab (UEA) belum memberikan fasilitas bebas visa bagi WNI. Artinya kalau kamu transit di bandara Abu Dhabi atau bandara Dubai, dan kamu berencana untuk keluar bandara maka kamu harus mengurus visa terlebih dahulu di kedutaan UEA.

Jika waktu transit di Abu Dhabi dan Dubai < 24 jam, maka kamu tidak perlu visa. Dengan catatan kamu tidak keluar bandara. Namun jika > 24 jam kamu perlu mengurus visa melalui kedutaan Uni Emirat Arab (UEA) yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Satrio Blok C4 Kav 16-17, Kuningan Timur.

Ada kemudahan lain jika kamu naik maskapai Emirates. Kita bisa mengurus visa secara online di website www.emirates.com dan pilih menu “Manage My Bookings”.

Jika kita naik maskapai selain Emirates kita bisa mengurus Visa Transit 96 jam atau 4 hari di website www.dubaivisa.net . Biayanya Rp561.000,00.

Gurun Pasir di Dubai
Gurun Pasir di Dubai

2. Doha, Qatar

Untuk WNI pemegang paspor biasa, sejak Agustus 2017 Qatar memberikan fasilitas bebas visa atau istilahnya visa waiver kepada warga negara RI. Artinya kalau kamu transit di Qatar, ataupun sengaja datang ke Qatar bukan untuk transit, kamu bebas untuk masuk ke negara Qatar.

Bebas visa Qatar berlaku selama 30 hari sejak tanggal diterbitkan. Jadi selama 1 bulan ini kamu bebas jalan-jalan menjelajahi Qatar. Bisa sambil nonton Moto GP. Atau di tahun 2022 nanti kamu bisa nonton FIFA World Cup di sana.

Sirkuit Losail di Qatar
Sirkuit Losail di Qatar

3. Istanbul (Turki)

Untuk WNI yang berencana transit di Istanbul, Pemerintah Turki memberikan fasilitas visa on arrival bagi WNI. Artinya kalau kamu transit lama di bandara Turki, misalkan 3 hari, kamu bisa keluar jalan-jalan keliling kota Istanbul. Namun jika kamu tidak berencana untuk keluar dari bandara, kamu tidak memerlukan visa ini.

Kamu hanya perlu membayar biaya Visa On Arrival (VoA) sebesar $ 25. Biaya ini bisa kamu bayar di bandara langsung. Ada counter khususnya, sebelum masuk imigrasi.

Selain bayar di bandara, fasilitas VoA juga bisa didapatkan secara online. Tinggal ikuti saja instruksinya lewat website www.mfa.gov.tr. Pembayarannya menggunakan kartu kredit.

Galata Tower in Istanbul, Turkey
Galata Tower di Istanbul, Turkey

4. Jeddah (Arab Saudi)

Bagi teman-teman yang berencana transit di Jeddah, selama tidak berencana keluar bandara, maka tidak perlu visa. Namun jika hendak berencana keluar bandara, baik sekedar jalan-jalan atau mau melaksanakan ibadah umroh, maka kamu perlu visa.

Untuk visa umroh, visa ini mesti diurus di Kedutaan Arab Saudi di Jakarta.

Untuk visa kunjungan ke Arab Saudi, kamu bisa baca-baca artikel di website berikut ini Saudi Arabia Tourist Visa.

Ka'bah di Mekkah
Ka’bah di Mekkah

5. Cairo, Mesir

Sama seperti halnya dengan Jeddah, kita tidak memerlukan visa selama hanya transit di bandara Cairo. Namun jika kita hendak keluar bandara maka kita harus mengurus visa. Visa turis bagi WNI yang ingin mengunjungi Cairo harus diurus di Kedutaan Mesir di Jakarta.

Tidak ada fasilitas Visa on Arrival bagi WNI yang hendak datang ke Mesir.

Piramida dan Sphinx di Kota Kairo, Mesir
Piramida dan Sphinx di Kota Kairo, Mesir

Jadi pahami baik-baik kota mana atau negara mana yang hendak kamu jadikan tempat transit. Jika memang berniat untuk mengambil long transit di suatu negara, pastikan negara tersebut memberikan fasilitas bebas visa.

Banyak pilihan negara yang memberikan fasilitas Bebas Visa maupun Visa on Arrival (VoA) bagi WNI. Apa saja negaranya?

Kamu bisa baca di sini >> 15 Negara di Timur Tengah, Asia Tengah dan Asia Selatan Yang Memberikan Bebas Visa dan Visa on Arrival.

Negara bebas visa di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Selatan
Negara bebas visa di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Selatan

Leave a Reply