Bagaimana Caranya Membuat Tulisan Dengan Minimal 300 Kata?

Bagaimana Caranya Membuat Tulisan Dengan Minimal 300 Kata?

Ketika kamu ingin mengirimkan sebuah naskah ke media, atau mengikuti suatu lomba menulis, atau bahkan membuat abstrak untuk tulisan ilmiahmu, panitia biasanya memberikan persyaratan bahwa tulisanmu minimal harus berisi minimal 300 kata. Kita akan bahas bagaimana caranya membuat tulisan dengan minimal 300 kata.

Menulis Sedari Kecil
Mari Menulis Sedari Kecil

Mengapa harus “minimal 300 kata” ?

Ini yang masih jadi pertanyaan. Saya coba baca dari beberapa media online, saya ambil kutipan dari salah satu forum. Untuk membedakan tulisan seseorang, mengenai topik yang sama, kamu bisa mengetahui perbedaannya apabila konten dalam tulisan tersebut berisi minimal 300 kata. Keunikan yang dimaksud bukan hanya dalam hal pemilihan katanya, namun termasuk juga kualitas dari keunikan tersebut.

Bagaimana cara membuat tulisan dengan minimal 300 kata?

Orang bijak bilang, ala bisa karena biasa. Pada awalnya belum bisa, karena sering berlatih, lama-lama jadi bisa dan mahir. Begitu juga dengan tulisan. Untuk bisa menghasilkan tulisan minimal 300 kata, kamu harus sering berlatih. Langkah-langkah yang biasa saya ambil yaitu:

  1. Tulis apa pun yang muncul dalam benakmu. Apapun yang ada di dalam kepalamu, tuangkan dalam bentuk tulisan. Apapun itu. Jangan dulu pikirkan benar atau tidak tanda bacanya, atau urutan ceritanya, atau grammar-nya. Tulis saja dulu. Kamu bisa memulainya dengan cara membuat kerangka tulisan.
  2. Setelah kamu membuat kerangka tulisan, mulailah menulis. Kembangkan kerangka tulisanmu itu menjadi cabang-cabang atau sub-topik. Dari sub-topik inilah nanti kamu bisa mengembangkan tulisanmu menjadi minimal 300 kata.
  3. Bila kamu sudah mengembangkan sub-topik tadi dan tulisanmu belum mencapai 300 kata, maka kamu perlu membaca lagi tulisanmu dari awal hingga akhir. Ketika membacanya kembali, kamu akan mulai paham celah-celah atau hal-hal apa yang belum tercantum dalam tulisanmu itu. Entah apa pun itu, ketika kamu mulai membacanya lagi, akan muncul ide-ide baru yang bisa kamu tambahkan.
  4. Setelah selesai. Baca kembali dari atas ke bawah. Tulisanmu sudah mencapai 300 kata bukan? Apabila belum, baca lagi dari atas ke bawah. Baca dengan teliti, pasti tulisanmu sudah mencapai 300 kata.

Selamat mencoba 😀

Leave a Reply